Sukses

Benarkah Air Rebusan Daun Sirsak Bisa Atasi Mag?

Berbagai cara bisa dilakukan untuk meredakan masalah mag. Namun, benarkah salah satunya adalah dengan konsumsi air rebusan daun sirsak?

Soal kenikmatan daging buah sirsak yang punya rasa asam, manis, dan menyegarkan, mungkin sebagian dari Anda sudah banyak yang tahu.

Buah sirsak juga sudah dikenal bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah, bagaimana dengan daun sirsak? Disebut-sebut, air rebusan daun sirsak bisa mengatasi masalah mag. Benarkah demikian? Simak pembahasan berikut ini.

1 dari 3 halaman

Benarkah Air Rebusan Daun Buah Sirsak Bisa Atasi Mag?

Dalam sebuah penelitian berjudul Gastroprotective activity of Annona muricata leaves against ethanol-induced gastric injury in rats via Hsp70/Bax involvement, ditemukan sifat antiulcer di dalam ekstrak daun sirsak.

Ekstrak daun sirsak dipercaya bisa menekan kerusakan oksidatif dan memberikan perlindungan lendir dinding lambung tikus.

Selain itu, terdapat pula sifat antioksidan dan antiinflamasi yang diyakini membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Lalu, menurut penelitian lain di Brasil tahun 2013, terdapat sifat antelmintik (kemampuan membunuh parasit cacing) di dalam kandungan zat daun sirsak.

Menurut penelitian tersebut, sifat antelmintik daun sirsak dipercaya dapat membunuh parasit di perut domba yang mengalami infeksi pencernaan.

Menanggapi soal ini, dr. Devia Irine Putri mengatakan bahwa khasiat rebusan air daun sirsak untuk atasi mag belum pernah diteliti dan diuji coba ke manusia.

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Sirsak untuk Kesehatan Anda

Namun, ia mengakui ada manfaat daun sirsak untuk mengatasi gangguan lambung yang dialami tikus.

"Untuk saat ini belum ada bukti rebusan daun sirsak bisa mengatasi keluhan asam lambung manusia. Namun, pada penelitian yang melibatkan hewan tikus memberikan hasil bahwa ekstrak sirsak memiliki sifat antiulcer yang melindungi lapisan lambung sehingga tidak terjadi perlukaan," tegasnya.

Kendati memiliki sifat antiulcer, antioksidan, antiinflamasi, dan antelmintik, penelitian yang tersedia baru sebatas uji coba dengan hewan, tidak kepada manusia. Untuk atasi mag, sebaiknya konsultasi ke dokter dan mengonsumsi obat sesuai resep.

Artikel Lainnya: Efektifkah Air Rebusan Daun Sirsak untuk Mengobati Kanker Payudara?

2 dari 3 halaman

Bahan Alami Lainnya untuk Bantu Keluhan Mag

Selain daun sirsak, sebenarnya ada bahan alami yang sudah lama diketahui bisa membantu keluhan mag. Berikut beberapa bahan alami yang bisa dikonsumsi:

  1. Teh Kamomil

Menurut dr. Devia, bunga kamomil bisa membantu mengatasi mag. Kamomil dianggap bisa meredakan rasa tidak nyaman akibat gangguan pencernaan dan mengurangi refluks asam lambung.

Konsultasikan dengan dokter apabila Anda mengonsumsi pengencer darah. Sebab, tanaman kamomil mengandung zat antikoagulan, sehingga berisiko terjadi perdarahan jika Anda juga mengonsumsi obat pengencer darah.

  1. Madu

Dalam tinjauan klinis yang diterbitkan oleh British Medical Journal, para peneliti menyebutkan sifat kental madu dapat membantu menurunkan asam di lambung. 

Madu bisa diminum langsung, dicampur ke dalam segelas air hangat, atau sebagai pemanis seduhan teh.

Artikel Lainnya: Amankah Mengobati Jerawat dengan Daun Sirsak?

  1. Jahe

Jahe adalah bahan alami yang dikenal bisa meredakan gangguan pencernaan, salah satunya menurunkan produksi asam lambung.

Selain direbus lalu airnya diminum, mengisap permen jahe juga bisa menjadi cara mudah untuk mengonsumsi tanaman herbal ini.

Batasi konsumsi jahe Anda hingga 3 hingga 4 gram per hari. Terlalu banyak mengonsumsi jahe dapat menyebabkan perut begah, tenggorokan panas, dan mulas.

"Selain bahan-bahan itu, juga harus diikuti dengan teratur makan. Misalnya, makan sedikit-sedikit dengan porsi kecil dan kendalikan tingkat stres. Hindari juga makanan yang mencetuskan keluhan, misalnya makanan yang pedas, asam, dan alkohol. Bisa juga tidur dengan bantal yang lebih tinggi untuk cegah refluks," saran dr. Devia Irine.

Itu dia penjelasan mengenai efektivitas daun sirsak untuk atasi mag yang ternyata baru diuji coba ke hewan.

Anda juga bisa mengonsumsi bahan-bahan alami di atas setelah konsultasi dengan dokter.

Untuk tahu informasi lebih lanjut tentang manfaat kesehatan atau obat herbal untuk atasi penyakit, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar