Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Awas, Kesalahan Saat Makan Oatmeal Ini Justru Bikin Gemuk!

Awas, Kesalahan Saat Makan Oatmeal Ini Justru Bikin Gemuk!

Oatmeal kerap kali dijadikan pilihan sebagai menu untuk diet. Namun jangan salah, oatmeal pun justru dapat membuat gemuk jika Anda salah mengolahnya.

Oatmeal adalah bahan makanan yang berasal dari oat, sebuah tumbuhan yang masih satu keluarga dengan gandum. Makanan ini termasuk makanan sehat yang biasanya digunakan untuk sarapan.

Walaupun masih satu keluarga dengan gandum, serat yang terkandung di dalam oatmeal lebih banyak dibandingkan gandum. Selain itu, oatmeal juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Kandungan yang rendah lemak dan tinggi serat membuat oatmeal kerap kali dijadikan pilihan sebagai menu diet. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi makanan tinggi serat serta rendah lemak dapat mencegah berat badan berlebih.

Walaupun begitu, konsumsi oatmeal bisa menjadi bumerang tersendiri jika Anda salah mengolahnya. Bukannya turun, berat badan justru malah bertambah. Berikut adalah kesalahan makan oatmeal yang bikin gemuk:

1 dari 4 halaman

1. Terlalu Banyak Menggunakan Buah Kering

Kesalahan makan oatmeal yang pertama adalah penggunaan buah-buahan kering yang terlalu banyak. Oatmeal biasanya ditambahkan buah kering untuk menambahkan rasa. Namun sayangnya, buah kering ini banyak mengandung kalori.

Artikel Lainnya: 4 Alasan Mengapa Anda Perlu Makan Oatmeal Setiap Hari

Perlu Anda ketahui bahwa buah kering sebanyak seperempat cup saja sudah mengandung kalori yang lebih banyak ketimbang oatmeal sendiri. Bisa dibayangkan berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh bila jumlahnya lebih dari itu?

Daripada menggunakan buah kering, lebih baik gunakan berbagai buah segar karena mengandung kalori yang lebih sedikit.

2. Terlalu Banyak Gula

Oatmeal memang terasa tawar bila tidak diberi pemanis. Namun, bila Anda menggunakan gula terlalu banyak, oatmeal malah menjadi makanan yang tidak sehat. Bukannya berkurang, berat badan Anda malah berisiko mengalami kenaikan.

Lalu, bagaimana jika Anda ingin menambahkan rasa manis? Nah, supaya oatmeal terasa manis, Anda bisa menggunakan buah-buahan segar seperti beri, mangga, atau diberi kayu manis.

2 dari 4 halaman

3. Memasaknya dengan Air

Memasak oatmeal dengan air merupakan salah satu kesalahan makan oatmeal yang cukup sering dilakukan orang-orang. Mengapa tindakan ini termasuk kebiasaan yang salah?

Artikel Lainnya: Masker Oatmeal untuk Redakan Kulit Terbakar

Pasalnya, bila dimasak dengan air, oatmeal menjadi tidak memiliki rasa. Hal ini menyebabkan seseorang cenderung makan makanan yang mengandung gula dalam jumlah banyak setelahnya untuk memuaskan lidah mereka.

Daripada memasak oatmeal hanya dengan air, Anda bisa menggunakan susu rendah lemak untuk memasaknya. Selain menjadi lebih puas, menggunakan susu juga menambahkan nutrisi pada oatmeal. Alternatif lain adalah menggunakan susu almon.

4. Mengonsumsi Terlalu Banyak

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi oatmeal dalam porsi berlebih termasuk kesalahan makan oatmeal yang bikin gemuk? Meskipun tinggi serat dan rendah lemak, Anda tetap saja tidak dianjurkan untuk mengonsumsi oatmeal secara berlebihan.

Saat diperhatikan, oatmeal memang akan terlihat sedikit sehingga Anda takut tidak kenyang. Padahal, oatmeal akan mengembang ketika diseduh atau dimasak. Selain itu, oatmeal pun memiliki struktur yang padat.

Artikel Lainnya: Bunda, Yuk, Berikan Oatmeal untuk Menu MPASI Anak

3 dari 4 halaman

5. Menggunakan Topping yang Tidak Sehat

Sama halnya seperti buah-buahan kering, penambahan berbagai topping untuk memberikan rasa pada oatmeal juga kerap dilakukan. Hal ini termasuk kesalahan makan oatmeal karena umumnya topping seperti selai kacang, madu, atau cokelat mengandung banyak gula.

Kandungan gula yang banyak pada topping dapat menyebabkan jumlah kalori membengkak. Oleh karenanya, lebih baik gunakan topping dengan berbagai macam buah. Tidak hanya kaya akan rasa, tetapi juga kaya akan nutrisi.

6. Menggunakan Oatmeal Instan

Kesalahan makan oatmeal yang bisa bikin gemuk berikutnya adalah mengonsumsi oatmeal instan. Menggunakan oatmeal instan memang lebih mudah. Namun, nutrisi dalam produk oatmeal instan tidak sebaik oatmeal biasa.

Oatmeal instan—terutama yang memiliki bermacam-macam rasa—cenderung lebih banyak mengandung gula dan sedikit serat. 

Nah, sudah tahu, kan apa saja kesalahan makan oatmeal yang bikin gemuk? Jadi, bila ingin memperoleh manfaat optimalnya untuk menurunkan berat badan, hindari kesalahan-kesalahan ketika makan oatmeal di atas.

Informasi menarik lainnya seputar gaya hidup sehat bisa Anda peroleh hanya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi mengenai kesehatan Anda kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam. Unduh aplikasinya, ya!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar