Sukses

Awas, Wanita Sering Sakit Pinggang Tanda Kista Ovarium!

Bukan pertanda gangguan ginjal, sering sakit pinggang juga bisa menandakan adanya masalah kista ovarium. Untuk informasi selengkapnya, simak info di bawah ini.

Jika bicara soal penyebab sakit pinggang, mungkin kebanyakan orang langsung berpikir masalah ginjal. Ya, hal itu memang tidak salah. 

Tetapi bagi wanita yang sering nyeri di area itu, kondisi tersebut tak melulu mengarah ke ginjal atau kebanyakan duduk, lho! Keluhan sakit pinggang juga bisa mengarah ke kista ovarium!

1 dari 4 halaman

Sekilas tentang Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kantong yang berisi cairan, berada di bagian indung telur, dan kerap terbentuk saat ovulasi.

Bukan hal yang jarang, sebenarnya banyak wanita yang memiliki kista ovarium. Kebanyakan kasus juga tidak memerlukan pengobatan karena bisa hilang dengan sendirinya. 

Ada beberapa hal yang bisa meningkatkan munculnya kista ovarium. Misalnya saja, masalah hormonal.  

Buat orang yang mengonsumsi obat kesuburan, hal tersebut lebih tinggi risikonya. Sedangkan, untuk orang yang sel endometriumnya tumbuh di luar rahim (endometriosis) juga sama.

Begitu pula dengan wanita yang sebelumnya pernah mengalami infeksi panggul parah dan sudah menyebar. Kista ovarium lebih mungkin terjadi pada kondisi seperti itu. 

Meski di atas sempat disinggung bahwa kista bisa hilang dengan sendirinya, kondisi itu berbeda jika kantongnya pecah. 

Dilansir Mayo Clinic, kista yang pecah atau setidaknya berukuran terlalu besar bisa menimbulkan gejala yang tidak nyaman pada orang yang mengalami. Sebagai contoh, nyeri perut bawah dan sakit pinggang. 

Artikel Lainnya: Tanda Kista Ovarium Dilihat dari Vagina

2 dari 4 halaman

Sakit Pinggang Jadi Gejala Kista Ovarium

Sementara itu, dr. Valda Garcia mengatakan, ketika seorang wanita sering sakit pinggang, memang ada kemungkinan penyebabnya mengarah ke kista ovarium. 

Kalau sudah ada tanda-tanda nyeri pada pinggang, hal itu lebih mudah untuk ditelusuri lebih jauh. Sayangnya, ada juga kista ovarium yang tidak memberikan gejala. 

“Karena itulah, pasien tetap harus dilihat dari anamnesis atau wawancara medisnya. Apakah ada keluhan lain yang mengarah ke kista ovarium? Contohnya yang paling mudah adalah gangguan pada siklus menstruasi,” jelas dr. Valda. 

Mengutip Healthline, terdapat sebuah analisis gambar MRI pada tahun 2019 yang menunjukkan tentang sakit pinggang kista ovarium. 

Studi yang dipublikasikan dalam Egyptian Journal of Radiology and Nuclear Medicine itu memeriksa puluhan pasien wanita.

Dari 90 orang yang mengalami nyeri punggung bawah, 40 di antaranya (44,5 persen) memiliki kista ovarium! 

Karena itulah, wanita yang sering sakit pinggang mesti hati-hati. Bukan tak mungkin kondisi Anda mengarah ke masalah kista indung telur tersebut. 

Wanita yang mengalami sakit pinggang kista ovarium akan merasakan pegal yang luar biasa di area itu. Apabila kista telanjur pecah, yang dirasakan bukan sekadar pegal, melainkan nyeri yang lebih hebat!

Selain pegal dan nyeri hebat, gejala kista ovarium lain yang kerap menyertai, yaitu:

  • Perut kembung.
  • Perut bagian bawah membesar.
  • Haid tidak teratur.
  • Timbul bercak meski sedang tidak haid.
  • Saat haid, perut nyeri sekali.
  • Nyeri saat berhubungan seks.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Sering sembelit.
  • Lebih sering ingin kencing.

Artikel Lainnya: Kista Payudara, Kenali Gejalanya

3 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Pinggang Kista Ovarium

Untuk cara mengatasinya, dr. Valda mengatakan itu sangat tergantung dari derajat keparahannya. 

“Sebaiknya Anda berkonsultasi dulu kepada dokter kandungan. Umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan USG untuk menilainya dulu sehingga bisa diberikan terapi yang tepat,” sarannya. 

Ada beberapa langkah perawatan yang biasanya diberikan oleh dokter kepada pasien kista ovarium. Misalnya, pemberian obat nyeri, pil KB, hingga tindakan pembedahan. 

Operasi tentunya dilakukan hanya saat kista Anda terlalu besar atau bahkan semakin besar, terlalu nyeri, dan berpotensi menjadi ganas (kanker). 

Untuk perawatan rumahan, Anda bisa memberikan kompres hangat pada perut bawah dan punggung bawah.

Itu dia penjelasan seputar sakit pinggang kista ovarium. Bila Anda masih ada pertanyaan seputar penyebab sakit pinggang atau gejala kista pada indung telur konsultasikan hal tersebut pada dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar