Sukses

Penyebab Urat Menonjol dan Tampak di Kulit

Urat yang tampak menonjol pada permukaan kulit ternyata disebabkan oleh berbagai kondisi berikut ini.

Pernah memperhatikan adanya urat yang timbul di permukaan kulit Anda? Urat yang menonjol umumnya tidak membahayakan dan tidak memerlukan penanganan medis.

Ada berbagai kondisi yang menjadi penyebab urat timbul pada kulit. Pada kebanyakan kasus, pertambahan usia lah yang memicu urat tampak pada permukaan kulit. Namun, pada kasus-kasus tertentu, urat menonjol pada permukaan kulit bisa jadi pertanda adanya masalah medis. 

Berikut adalah keadaan-keadaan yang bisa membuat urat timbul pada permukaan kulit:

1 dari 5 halaman

1. Usia

Permasalahan urat yang menonjol umumnya dialami oleh orang lanjut usia karena seiring dengan bertambahnya usia, elastisitas ketebalan kulit mulai berkurang sehingga urat-urat jadi terlihat lebih jelas.

Artikel Lainnya: 7 Masalah Kulit yang Mirip Jerawat

Selain itu, pada orang dengan lanjut usia, katup-katup pada pembuluh darah cenderung melemah sehingga aliran darah tidak selancar ketika masih muda. Orang lansia akan mengalami penumpukan darah pada bagian tertentu, yang pada akhirnya menyebabkan urat terlihat menonjol di permukaan kulit.

2. Cuaca Panas

Saat udara panas, tubuh akan meningkatkan aliran darah ke pembuluh darah dekat permukaan kulit sebagai upaya membuang panas. Ketika hal ini terjadi, pembuluh darah dapat melebar. Hal ini membuat urat tampak timbul di kulit.

Sebaliknya, ketika cuaca dingin, pembuluh darah cenderung tidak terlihat di permukaan kulit. Oleh sebab itu, urat-urat tidak akan tampak di permukaan kulit.

2 dari 5 halaman

3. Olahraga

Saat berolahraga, tekanan darah akan meningkat. Dengan meningkatnya tekanan darah, vena akan terdorong mendekati permukaan kulit. Inilah yang mengakibatkan urat tampak menonjol di permukaan tangan atau area kulit lainnya.

Artikel Lainnya: Mengapa Biduran Tak Boleh Digaruk?

Biasanya setelah selesai berolahraga, pembuluh darah akan kembali normal. Namun, pada orang-orang yang sering berolahraga, vena biasanya akan menonjol secara permanen.

4. Genetik

Penyebab lainnya dari urat menonjol adalah keturunan. Jika ada anggota keluarga yang memiliki urat menonjol, Anda memiliki kemungkinan untuk memilikinya juga. Hal ini disebabkan karena penampilan dapat diturunkan secara genetik.

3 dari 5 halaman

5. Varises

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kondisi medis pun dapat menjadi pemicu urat menonjol di permukaan kulit. Salah satu kondisi medis yang menyebabkan urat menonjol adalah varises.

Keadaan ini biasanya muncul di kaki akibat katup vena yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan aliran darah tidak lancar, yang berujung pada pembesaran vena sehingga urat terlihat di permukaan kulit.

Artikel Lainnya: Alergi pada Kulit Bayi yang Perlu Anda Tahu

6. Tubuh Kurus

Jaringan lemak pada tubuh biasanya akan menyebabkan urat tidak terlalu terlihat. Pada orang-orang yang bertubuh kurus, jaringan lemak dibawah kulit tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, urat cenderung menonjol di permukaan kulit, terutama di tangan.

4 dari 5 halaman

7. Warna Kulit Terang

Warna kulit juga dapat menjadi penyebab urat timbul di permukaan kulit. Pada orang-orang dengan warna kulit terang, atau cenderung pucat, urat akan lebih mudah terlihat di permukaan kulit.

Pasalnya, pembuluh darah memiliki warna biru, merah, atau keunguan. Warna urat tersebut akan kontras dengan warna kulit yang tampak terang sehingga urat dapat terlihat pada permukaan kulit.

Nah, sudah tahu, kan apa saja penyebab urat menonjol? Umumnya kondisi ini tidak memerlukan penanganan medis dan hanya sebatas akibat beberapa keadaan di atas. Namun, ada beberapa kondisi yang memerlukan penanganan dokter.

Apabila Anda mengalami gejala seperti perdarahan, urat yang menjadi kemerahan dan nyeri saat disentuh, dan terdapat ruam atau perubahan tekstur kulit di sekitar urat, segera periksakan diri ke dokter. Selama tidak ada gejala-gejala ini, urat yang menonjol tidak memiliki bahaya apa pun.

Punya pertanyaan lebih lanjut mengenai topik ini atau masalah kesehatan lainnya? Anda dapat memanfaatkan layanan Live Chat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[WA]

1 Komentar

  • Tini Mastini

    malam dok. saya ibu.Tini saya punya masalah varises yg halus seperti rambut di kaki bagian betis sebagian kecil di paha.rasanya cepat cape.tapi saya rutin punya kerjaan rmh musti masak untuk keluarga.dan kerjaan lain.yg perlu berdiri. pernah cek ke dokter katanya pena balik saya sdh lemah. apakah masuh bisa diibatin... pernah konsul ke dr.Internis suru renang tapi posisinya yg hanya mengambang diatas air gerak2 kan kaku seperluya.tapi blm saya lakukan.mks dok.tlg diarahkan .