Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Cegah Komplikasi COVID-19 dengan Nutrisi dan Olahraga bagi Diabetesi

Cegah Komplikasi COVID-19 dengan Nutrisi dan Olahraga bagi Diabetesi

Olahraga merupakan salah satu cara utama dalam pencegahan komplikasi diabetes. Lalu, apa tips berolahraga yang tepat bagi diabetesi selama pandemi COVID-19?

Bagi diabetesi (pengidap diabetes), kontrol gula darah sangat penting untuk menurunkan risiko komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Terlebih selama pandemi coronavirus, diabetesi perlu menjaga kesehatan tidak hanya untuk mencegah komplikasi diabetes, namun juga untuk melindungi diri dari infeksi COVID-19.

Pola makan sehat dan olahraga merupakan dua cara utama untuk mencegah komplikasi diabetes.

Namun, banyak diabetesi yang masih belum melakukan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat secara optimal.

Nah, untuk mewujudkan pola hidup sehat dan terhindar dari berbagai komplikasi, ketahui cara berolahraga selama pandemi bagi diabetesi berikut ini.

Artikel Lainnya: Ini 10 Komplikasi Diabetes yang Harus Diwaspadai

1 dari 3 halaman

Pentingnya Olahraga Selama Pandemi bagi Diabetesi

Olahraga sangat bermanfaat bagi masyarakat umum, terlebih bagi mereka yang hidup dengan penyakit kronis seperti diabetes.

Olahraga harian merupakan bagian penting dari penanganan diabetes dan dapat membantu menjaga gula darah pada angka yang direkomendasikan.

Berolahraga sudah terbukti dapat membantu menurunkan risiko berat badan berlebih dan menjaga kesehatan tulang. Aktivitas ini juga bermanfaat dalam pencegahan penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, olahraga juga terbukti berdampak pada ketahanan tubuh. Orang yang rutin berolahraga akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Jadi, tak heran bila olahraga sangat bermanfaat bagi diabetesi. Aktivitas tersebut akan berpengaruh pada menurunnya risiko tertular berbagai penyakit infeksius dan komplikasi akibat COVID-19.

Artikel Lainnya: Ini 8 Cara Mencegah Komplikasi Diabetes

2 dari 3 halaman

Olahraga yang Bisa Dilakukan Diabetesi Selama Pandemi

Agar dapat terasa lebih menyenangkan, olahraga harus dilihat sebagai sebuah hobi. Kegiatan ini juga cocok untuk mengatasi kebosanan yang dialami saat di rumah saja selama pandemi.

Ketika berada di rumah, banyak sekali aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan sebagai pilihan olahraga. Beberapa olahraga yang cocok untuk diabetesi di antaranya:

  • Naik dan Turun Tangga

Tahukah Anda? Tangga bisa jadi sarana olahraga yang praktis di rumah, lho. Naik dan turun tangga sebanyak delapan set bisa melatih otot kaki dan kekuatan jantung.

Namun, hati-hati bagi Anda yang memiliki gangguan keseimbangan, gangguan tajam penglihatan, dan masalah pada kaki.

Bila punya masalah keseimbangan, pilihlah olahraga jenis lain yang lebih aman dan tidak berisiko jatuh.

  • Gunakan Pemberat Kecil saat Olahraga

Anda dapat melatih kekuatan otot ekstremitas dengan menggunakan pemberat kecil dan alat home fitness, seperti karet gelang, pemberat pergelangan tangan, dan pemberat pergelangan kaki.

Jadi, saat Anda berolahraga, pemberat ini akan memberikan tambahan beban untuk latihan kekuatan otot yang baik untuk kesehatan.

  • Sepeda Statis

Bila Anda memiliki sepeda statis atau treadmill, bisa digunakan selama tiga puluh menit setiap harinya. Olahraga ini baik untuk melatih kekuatan jantung.

Artikel Lainnya: Tips Mencegah Komplikasi COVID-19 bagi Penderita Diabetes

Selain olahraga, jangan lupakan nutrisi seimbang untuk menunjang kesehatan Anda. Diabetasol Powder Milk dapat menjadi pilihan tepat untuk membantu memenuhi nutrisi diabetesi dan menjaga kadar gula darah

Diabetasol Powder Milk dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai nutrisi pengganti makan utama dengan kandungan Vita Digest Pro dan indeks glikemik rendah sehingga membantu mengurangi lonjakan gula darah tinggi setelah makan dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Selain itu, Diabetasol bisa menjadi sumber kalsium yang baik,, serta diperkaya beragam vitamin dan mineral. Tersedia dalam varian rasa yang nikmat yaitu vanilla, cokelat, dan cappuccino.

Kini, Anda tidak perlu bingung untuk menjaga asupan nutrisi dan berolahraga di rumah selama pandemi. Dengan menjaga asupan nutrisi dan berolahraga, rasa penat bisa hilang dan kesehatan terjaga.

Imbangi dengan pola makan sehat, ya! Anda pun dapat terhindar dari berbagai komplikasi diabetes.

Bila ingin konsultasi ke dokter seputar pemenuhan gizi untuk pengidap diabetes, pakai LiveChat dari Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar