Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Peran Keluarga dalam Mencegah Komplikasi Diabetes dan COVID-19

Peran Keluarga dalam Mencegah Komplikasi Diabetes dan COVID-19

Diabetesi memerlukan bantuan keluarga untuk mencapai target pengobatan. Mereka pun harus dilindungi agar terhindar dari komplikasi akibat COVID-19.

Salah satu tujuan terapi diabetes adalah mencegah komplikasi. Hal ini dapat dicapai dengan kontrol gula darah yang baik.

Tak lupa, diabetesi juga perlu mengontrol berbagai faktor risiko lain, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol darah.

Tidak cukup hanya dengan itu. Pada masa pandemi COVID-19, diabetesi atau pengidap kanker juga mesti dijauhkan dari berbagai hal yang dapat menjadi sumber penularan virus corona. Keluarga merupakan komponen penting dalam mencapai tujuan tersebut.

Artikel Lainnya: Tips Mencegah Komplikasi COVID-19 bagi Penderita Diabetes

1 dari 3 halaman

Bahaya Komplikasi Diabetes dan COVID-19

Diabetes adalah satu dari sekian penyebab utama gangguan ginjal, jantung, dan pembuluh darah.

Pasalnya, penyakit tersebut membuat kadar gula darah cenderung tinggi sehingga terdapat risiko kerusakan sel endotel pada pembuluh darah.

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, diabetesi tak hanya perlu memerhatikan pola makan sehari-hari.

Mereka juga wajib membenahi gaya hidup, supaya terhindar dari risiko tertular virus corona.

Jika lalai, diabetesi yang terjangkit COVID-19 akan lebih berisiko mengalami komplikasi fatal yang bahkan bisa merenggut nyawa.

Pasalnya, COVID-19 adalah penyakit yang cenderung menyebabkan kerusakan tubuh pada orang-orang dengan penyakit komorbid, seperti diabetesi.

Artikel Lainnya: Penderita Diabetes, Waspadai Komplikasi Ini

2 dari 3 halaman

Peran Keluarga dalam Menjaga Kesehatan Diabetesi

Keluarga merupakan orang terdekat yang dapat membantu tercapainya target pengobatan diabetes.

Keluarga jugalah yang berperan besar dalam mencegah penularan virus corona pada diabetesi.

Berikut ini beberapa tips yang dapat dijadikan panduan agar diabetesi terhindar dari komplikasi, baik akibat gula darah tinggi maupun COVID-19:

  • Memberikan Dukungan Moral

Banyak diabetesi yang merasa bosan, bahkan tertekan dengan pengobatan yang perlu dijalani dalam jangka panjang. Kondisi bisa dirasakan semakin parah, mengingat pandemi COVID-19 yang tidak kunjung usai.

Atas dasar itu, keluarga perlu memberikan dukungan moral yang positif pada diabetesi.

Hal ini bertujuan agar mereka dapat tetap relaks, dan menikmati hari-hari tanpa melulu dihantui komplikasi gula darah tinggi maupun COVID-19.

Artikel Lainnya: 12 Jenis Diabetes Melitus yang Mungkin Mengintai Anda

  • Mengingatkan Keteraturan Minum Obat

Menjalani pengobatan jangka panjang tidaklah mudah. Karena itu, keluarga perlu memberikan dukungan agar diabetesi tetap minum obat sesuai dengan anjuran yang diberikan dokter.

Faktanya, pengobatan yang teratur merupakan kunci tercapainya target diabetes. Dengan demikian, risiko komplikasi gula darah tinggi juga bisa dihindari.

  • Menerapkan Gaya Hidup Bersih dan Sehat

Pandemi COVID-19 menuntut semua orang untuk berperan serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitarnya.

Hal ini menjadi sangat penting untuk dilakukan, apalagi jika Anda memiliki anggota keluarga seorang diabetesi.

Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, gunakan masker saat beraktivitas, jaga jarak, dan tidak berbagi alat-alat pribadi merupakan langkah awal melindungi diabetesi dari risiko tertular virus corona dari luar.

Artikel Lainnya: Kebiasaan Makan yang Menyebabkan Diabetes, Apa Saja?

  • Menyiapkan Asupan yang Bergizi

Nutrisi merupakan kunci penting penanganan diabetes. Karbohidrat kompleks, rendah lemak jenuh, dan kaya serat merupakan asupan yang harus dikonsumsi diabetesi sehari-hari.

Selain mengonsumsi makanan sehat dengan memerhatikan 3J (jam, jumlah, dan jenis), diabetesi juga perlu mengonsumsi Diabetasol Powder Milk untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bagi diabetesi  sehari-hari.

Diabetasol memiliki kandungan gizi yang lengkap dan seimbang, sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti makan pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur

Tidak hanya itu, Diabetasol Powder Milk pun memiliki indeks glikemik rendah (23) sehingga tidak mengganggu kestabilan kadar gula darah dan memberikan rasa kenyang lebih lama

Diabetasol mengandung Vita Digest Pro yang merupakan kombinasi karbohidrat lepas lambat sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah setelah makan.

Dilengkapi dengan protein dan Vitamin A,C,D,E dan Zinc untuk bantu menjaga daya tahan tubuh dan juga mengandung sumber Kalsium sehingga kesehatan tulang.

Diabetasol Powder Milk tersedia dalam varian rasa cokelat, vanila, dan cappucino, yang bisa disesuaikan dengan selera diabetesi.

Keluarga memegang peranan penting untuk mencegah komplikasi diabetes. Selalu sediakan Diabetasol Powder Milk di rumah, agar dapat selalu melengkapi asupan harian diabetesi sehingga risiko komplikasi dapat dihindari.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar