Gigi Mulut

Waspadai Keluhan Gigi Ngilu saat Mengendarai Sepeda Motor

drg. Callista Argentina, 08 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Gigi Anda tiba-tiba terasa ngilu saat mengendarai sepeda motor atau setelahnya? Hati-hati, bisa jadi Anda punya masalah gigi yang tidak disadari.

Waspadai Keluhan Gigi Ngilu saat Mengendarai Sepeda Motor

Keluhan gigi ngilu bisa muncul kapan saja dan di mana saja, bahkan saat Anda sedang mengendarai sepeda motor. 

Bagi seseorang yang baru pertama kali merasakan gigi ngilu, biasanya akan terganggu sekali. Rasa ngilu saat berkendara ini tentunya dapat berbahaya karena bisa sampai merusak konsentrasi. 

Nah, jika Anda tiba-tiba mengalami gigi ngilu saat mengendarai motor, bisa jadi Anda memiliki masalah gigi yang tidak Anda sadari. Kok bisa? Mari baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.  

Penyebab Gigi Ngilu Saat Naik Motor

Secara umum gigi ngilu bisa disebabkan oleh berbagai hal, antara lain adanya lubang pada gigi serta gigi yang sensitif. 

Perlu diketahui bahwa gigi berlubang berawal dari adanya penumpukan plak gigi yang lama-kelamaan dapat membentuk karies gigi. Jika tidak segera melakukan tindakan, maka hal ini bisa memicu terciptanya lubang kecil pada gigi. 

Lubang kecil ini biasanya tidak terlalu menimbulkan keluhan ngilu. Namun, jika terkena embusan angin dingin seperti saat mengendarai motor, maka bisa menyebabkan rasa ngilu seketika.

Selain itu, gigi ngilu dapat disebabkan oleh kondisi gigi yang sensitif. Gigi sensitif bisa terjadi karena berbagai hal, misal penurunan gusi di mana sebagian akar gigi terekspos. Alhasil, bagian tersebut terasa ngilu ketika terkena embusan angin saat naik motor. 

Pasalnya, jika seseorang mengendarai sepeda motor dan area kepala tertutup helm, tetap saja akan ada embusan angin dingin yang masuk. Hal inilah yang biasanya memicu rasa ngilu pada gigi. 

Artikel lainnya: Gigi Sakit dan Ngilu? Mungkin Gigi Anda Retak

Mencegah Ngilu Saat Mengendarai Sepeda Motor

Rasa ngilu pada gigi saat mengendarai motor dapat dicegah. Namun, jika sudah terjadi, ini merupakan suatu indikasi keras bahwa Anda harus segera memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi. 

Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk mencegah adanya kerusakan gigi lebih lanjut. 

Untuk mencegah gigi ngilu saat mengendarai sepeda motor, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Rutin Periksa ke Dokter Gigi Setiap 6 Bulan Sekali

Dengan pemeriksaan rutin, dokter gigi akan bisa memberitahukan kondisi gigi Anda. Misal, ada tidaknya lubang kecil yang berpotensi menyebabkan rasa ngilu mendadak. 

Selain itu, dokter gigi juga akan memeriksa gigi-gigi sensitif lainnya yang berpotensi mencetuskan ngilu.

2. Melakukan Penambalan Gigi

Pada gigi yang berlubang, maka sebaiknya segera dilakukan penambalan walaupun lubangnya masih tergolong kecil. Hal ini berguna supaya lubang gigi tidak bertambah dalam dan memicu rasa ngilu mendadak.

Artikel lainnya: Makanan dan Minuman yang Sering Menjadi Penyebab Gigi Ngilu

3. Menggunakan Helm Full Face

Hal ini dapat mengurangi embusan angin dingin pada rongga mulut yang bisa menyebabkan munculnya rasa ngilu mendadak. 

4. Mengoleskan Pasta Gigi Sensitif pada Gigi yang Ngilu

Jika rasa ngilu tak tertahankan dan Anda masih harus melakukan perjalanan yang cukup jauh, Anda bisa mengoleskan pasta gigi sensitif pada area gigi yang ngilu, sebagai pertolongan pertama. Lalu, segera periksa diri ke dokter gigi. 

5. Berkumur dengan Larutan Kumur Khusus Gigi Sensitif

Bila tidak terdapat pasta gigi sensitif, Anda juga bisa berkumur dengan larutan kumur untuk gigi sensitif, sebagai tindakan sementara, sambil menunggu jadwal pemeriksaan ke dokter gigi.

Dengan memahami kondisi di atas, disarankan untuk segera berobat ke dokter jika mengalami gigi ngilu saat mengendarai sepeda motor. Bisa saja Anda memiliki lubang pada gigi dan tidak menyadarinya.

Pada kasus seperti ini, biasanya dokter akan melakukan tindakan penambalan gigi jika memang terdapat lubang gigi, dengan menggunakan bahan composite atau glass ionomer yang dapat melepas fluor.

Hal ini dapat merangsang pembentukan dentin serta memicu tumbuhnya jaringan baru, sehingga bisa mencegah terjadinya rasa ngilu.

Selain itu, dokter juga akan melakukan terapi fluoridasi dengan gel mengandung fluor dosis tinggi. Tujuannya adalah untuk memperkuat lapisan gigi sehingga tidak mudah rusak dan sensitif. 

Gigi ngilu dapat disembuhkan, namun jangan anggap sepele. Karena jika terlalu lama dibiarkan tanpa pengobatan, keluhan bisa menjadi semakin parah dan mengganggu kualitas hidup Anda.

Untuk membaca artikel kesehatan gigi dan mulut lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter. Jika ingin konsultasi dengan dokter secara gratis, silakan klik fitur Live Chat 24 jam

[RS]

Gigi NgiluGigi dan Mulut

Konsultasi Dokter Terkait