Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Waspadai Keluhan Gigi Ngilu saat Mengendarai Sepeda Motor

Waspadai Keluhan Gigi Ngilu saat Mengendarai Sepeda Motor

Mengalami gigi ngilu saat mengendarai sepeda motor? Waspada, bisa jadi Anda mengalami gigi berlubang tanpa disadari. Kenali gejala dan cara mengatasinya!

Sering mengalami gigi ngilu saat berkendara menggunakan sepeda motor? Bisa jadi Anda mengalami gigi berlubang.

Gigi berlubang merupakan masalah kesehatan gigi yang utama di dunia, khususnya di Indonesia. Sebagian besar orang kadang tidak menyadari jika mereka memiliki lubang pada gigi. Salah satu penyebabnya karena tidak memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin.

Faktanya, gigi berlubang berawal dari penumpukan plak yang lama-kelamaan dapat memicu terciptanya lubang kecil pada gigi. Seiring dengan waktu, lubang tersebut akan semakin besar jika tidak segera dilakukan tindakan.

Artikel Lainnya: Tiba-tiba Gigi Terasa Ngilu, Apa Penyebabnya?

Gigi itu terdiri dari beberapa lapis, yang memiliki ketebalan dan karakter masing-masing. Jika lubang pada gigi hanya mencapai email gigi, penderita biasanya tidak akan mengalami keluhan yang berarti.

Namun, jika lubang gigi sudah mencapai lapisan berikutnya —yaitu pada kedalaman dentin— gejala yang timbul adalah gigi terasa ngilu khususnya ketika mendapat rangsangan dingin. Rangsangan dingin tidak hanya berlaku dari makanan atau minuman; tapi juga dari udara.

Artikel Lainnya: Makanan dan Minuman yang Sering Menjadi Penyebab Gigi Ngilu

Oleh karena itu, Anda disarankan segera berobat ke dokter jika mengalami gigi ngilu saat mengendarai sepeda motor. Perawatan yang dapat dilakukan pada kondisi tersebut adalah penambalan gigi.

Penambalan untuk lubang gigi yang mencapai dentin menggunakan bahan yang akan merangsang pertumbuhan gigi. Hal ini diharapkan dapat memicu tumbuhnya jaringan baru yang akan melapisi gigi tersebut.

Jika penambalan sudah dilakukan, risiko terjadi rasa ngilu akibat terpapar sesuatu yang dingin dapat dihindari. Anda pun bisa mengonsumsi asupan dingin atau berkendara sepeda motor tanpa khawatir mengalami keluhan tersebut.

Jangan anggap sepele keluhan gigi ngilu. Jika terlalu lama dibiarkan tanpa pengobatan, keluhan bisa dirasakan semakin parah dan menggangu kualitas hidup Anda.

Segera konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut pada dokter. Anda dapat memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB)

0 Komentar

Belum ada komentar