Sukses

Mengenal Metode Kuretase pada Gigi

Pembersihan karang gigi sangat diperlukan untuk jaga kesehatan gigi. Salah satu tindakan yang bisa membantu ialah kuretase. Apa itu?

Masalah kesehatan di rongga mulut merupakan salah satu keluhan kesehatan yang banyak dialami masyarakat di Indonesia. Salah satu cara menanganinya adalah dengan metode kuretase. 

Di antara kasus-kasus pada rongga mulut tersebut, karies dan penyakit periodontal merupakan contoh yang paling banyak terjadi. 

Karies merupakan lubang yang terjadi pada gigi. Sedangkan, penyakit periodontal adalah penyakit yang melibatkan jaringan gusi di sekitar gigi. Salah satu penyebab terbesar di balik masalah-masalah tersebut adalah adanya plak.

Lalu, apakah metode kuretase merupakan cara yang tepat untuk menangani masalah pada gigi tersebut? Sebelum itu, ada baiknya Anda mengenal terlebih metode metode perawatan gigi tersebut. 

1 dari 4 halaman

Kenali Bahaya Plak pada Gigi

Plak merupakan substansi yang menempel pada gigi yang bisa membuat gigi berlubang dan bisa menimbulkan karang pada gigi. 

Karang gigi tersebut akan tumbuh ke arah ujung akar atau masuk ke dalam sela-sela gigi dan gusi apa bila tidak dilakukan pembersihan secara rutin. 

Jika karang gigi sudah terlalu banyak, maka gusi akan tampak kemerahan, membulat, dan tidak terlihat adanya tekstur pada gusi. 

Selain itu, saat kita menyikat gigi, bisa juga terjadi perdarahan dan menyebabkan gigi terasa goyang. 

Hal ini bisa mengganggu aktivitas seperti makan dan minum, karena efek sakit maupun ngilu yang timbul. Apabila hal-hal tersebut sudah dirasakan, sebaiknya segera datang ke dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan.

Artikel Lainnya: Apa Bahayanya Bila Karang Gigi Dibiarkan Menumpuk?

2 dari 4 halaman

Kapan Tindakan Metode Kuretase Dilakukan?

Saat karang gigi sudah masuk ke sela-sela gigi dan gusi, tindakan yang dilakukan adalah scaling dan root planning (pembersihan karang gigi). 

Lalu kapan metode kuretase dilakukan? Umumnya, tindakan ini dilakukan saat kondisi karang gigi sudah terlalu dalam masuk ke arah ujung akar. Hal ini membuat kerusakan tulang pada daerah periodontal. dan terbentuk poket.

Kuretase atau tindakan bedah periodontal terbatas dilakukan untuk menyingkirkan jaringan yang telah mengalami peradangan. Peradangan tersebut terjadi dalam poket akibat plak dan karang gigi. 

Kuretase dalam istilah kedokteran gigi merupakan scraping dinding gingiva dari poket periodontal. Prosedur ini dilakukan untuk menghilangkan jaringan granulasi dari proses inflamasi yang berada di dinding poket periodontal. 

Kuretase merupakan salah satu teknik perawatan bedah periodontal yang sangat terbatas indikasinya. 

Dengan tindakan ini, diharapkan akan muncul pelekatan baru pada poket periodontal. Caranya dengan membersihkan jaringan yang rusak, nekrotik, dan dapat mengiritasi gingiva.

Namun, tindakan kuretase tidak bisa langsung dilakukan begitu saja. Sebelumnya, perlu dilakukan scaling dan root planning untuk meningkatkan prosentase keberhasilan dari perawatan.

Artikel Lainnya: Habis Scaling Gigi Jadi Renggang, Apa Penyebabnya?

3 dari 4 halaman

Bagaimana Proses Kuretase Gigi Diterapkan?

Kuretase dilakukan apabila terdapat kedalaman poket periodontal 3-5 mm dan ada inflamasi. 

Selain itu, bisa dilakukan sebagai perawatan non-definitif (perawatan alternatif) dan meredakan inflamasi sebelum penyingkiran poket dengan teknik bedah lainnya. 

Kuretase juga sering dilakukan dalam kunjungan rutin pada fase pemeliharaan. Lalu, sebagai prosedur perawatan pemeliharaan pada daerah-daerah dengan inflamasi yang kambuh dan pendalaman poket. 

Terutama, pada daerah yang telah dilakukan bedah poket. Sebelum dilakukan kuretase, akan dilakukan tindakan awal yaitu dengan perawatan scaling dan root planning untuk membersihkan jaringan di luar poket periodontal. 

Setelah itu, perawatan kuretase diawali dengan pemberian anastesi lokal untuk menghindari munculnya rasa sakit saat perawatan. 

Kuretase dilakukan dengan alat khusus yang dimasukkan ke dinding poket periodontal untuk mengambil jaringan yang rusak. Pengambilan jaringan tersebut dilakukan sampai bersih. 

Setelah dilakukan kuretase, pada beberapa kasus dibutuhkan penjahitan dan pengaplikasian periodontal pack untuk menjaga bentuk gingiva. Proses penyembuhan kuretase akan sempurna apabila sudah mencapai hari ke-14. 

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kuretase gigi. Bila ingin konsultasi awal ke dokter gigi, pakai LiveChat dari Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar