Sukses

Ikan Tongkol untuk Ibu Hamil, Apa Manfaatnya?

Salah satu jenis ikan yang bagus untuk ibu hamil adalah tongkol. Lalu, apa sebenarnya manfaat makan tongkol untuk bumil?

Tongkol dikenal sebagai salah satu jenis ikan yang punya banyak nutrisi. Banyak yang suka dengan ikan tongkol karena hasil laut ini cocok diolah dan dimasak dengan cara apa pun.

Ikan jenis ini diolah dengan cara digoreng crispy atau dibuat pedas menggunakan sambal balado, rasanya cocok dan enak-enak saja di lidah.

Selain rasanya lezat, ikan tongkol disebut-sebut punya manfaat ketika dikonsumsi ibu hamil. Benarkah demikian? Simak apa tanggapan dokter mengenai manfaat tongkol untuk ibu hamil.

1 dari 3 halaman

Manfaat Makan Tongkol untuk Ibu Hamil

Ikan tongkol menyediakan beragam gizi yang bagus untuk ibu hamil. Menurut United States Department of Agriculture (USDA), dalam 100 gram ikan tongkol mengandung :

  • Kalori: 189
  • Lemak: 11.9 gram
  • Natrium: 89 gram
  • Protein: 19 gram

Tak hanya itu, menurut dr. Devia Irine Putri, tongkol memiliki sejumlah mikronutrien lainnya. Bahkan beberapa di antaranya bermanfaat baik untuk ibu dan janin.

"Ikan ini mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin B12, vitamin D, magnesium, asam folat, selenium, fosfor, dan zat besi,” ungkap dr. Devia.

Melihat kandungan tersebut, rasanya tidak ada alasan bagi bumil untuk tidak mengonsumsi tongkol. Dari beberapa nutrisinya, tongkol bisa dikatakan punya manfaat baik untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu.

Artikel Lainnya: Bahaya Makan Ikan Tuna Berlebihan saat Hamil

Kalau Anda perhatikan, nutrisi asam folat, zat besi dan vitamin B12 dari ikan tongkol dapat mencegah bayi lahir cacat dan membuat ibu terhindar dari anemia.

"Tongkol juga termasuk ikan yang kaya akan omega-3, jadi tidak heran membantu perkembangan janin di dalam kandungan," tambah dr. Devia Irine.

2 dari 3 halaman

Bumil, Perhatikan Hal Ini Saat Makan Tongkol

Kendati bermanfaat, Food and Drug Administration menyarankan ibu untuk makan ikan secukupnya.

Sebab beberapa ikan, termasuk ikan tongkol, memiliki kandungan zat merkuri yang dapat membahayakan ibu dan janin.

"Namun karena ikan tongkol tergolong 'oily fish' yang rentan terkontaminasi polutan seperti merkuri, dioksin, polychlorinated biphenyls (PCBs), maka jumlah konsumsinya dibatasi. Sebaiknya 1-2 kali dalam seminggu, porsinya tidak lebih dari 12 ons," ungkap dr. Devia Irine.

Dampak buruk merkuri bagi janin adalah sebagai berikut:

  • Berisiko mengalami masalah penglihatan.
  • Mengalami gangguan sensasi di tangan, kaki, dan mulut.
  • Bayi mengalami dalam koordinasi dan berjalan.
  • Memiliki gangguan bicara dan pendengaran terhambat.
  • Penurunan kekuatan otot.

Artikel Lainnya: Mau Tingkatkan Kesuburan, Cobalah Makan Ikan

Selain bahaya merkuri, dr. Devia Irine mengimbau agar bumil membeli ikan dalam kondisi yang masih segar dan dimasak matang.

"Jika memang punya riwayat alergi ikan tongkol, sebaiknya dihindari mengonsumsi ikan jenis ini," tambahnya.

Nah, sudah tahu, kan, manfaat tongkol yang memang baik dan berkhasiat untuk ibu hamil?

Pastikan takaran porsinya sesuai, ibu tidak ada riwayat alergi, dan ikan dikonsumsi matang ya agar tak jadi bumerang untuk kesehatan.

Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut tentang manfaat ikan tongkol, konsultasi dengan dokter menggunakan fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar