Sukses

Tenggorokan Sering Berlendir saat Hamil, Apa Sebabnya?

Salah satu keluhan yang bisa terjadi saat hamil adalah lendir berlebih di tenggorokan. Apa penyebab tenggorokan sering berlendir saat hamil? Ini kata dokter.

Banyaknya lendir di tenggorokan identik dengan masalah kesehatan. Menariknya, salah satu yang paling sering mengalami kondisi tersebut adalah wanita yang sedang hamil. 

Faktanya, perubahan hormonal selama kehamilan dapat menyebabkan saluran hidung membengkak dan menghasilkan lebih banyak lendir. Kondisi ini umumnya terjadi pada trimester kedua. 

Lendir itu sendiri sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk membuat daerah sekitar tenggorokan terbebas dari masalah organisme asing, seperti virus dan bakteri.

Meski demikian, tenggorokan sering berlendir saat hamil tetap bisa membuat tidak nyaman.

1 dari 3 halaman

Penyebab Lendir di Tenggorokan saat Hamil

Menurut dr. Arina Heidyana, penyebab lendir di tenggorokan saat hamil bisa beragam. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sinusitis 

Risiko sinusitis selama kehamilan cukup tinggi. Sinusitis itu sendiri adalah infeksi dan peradangan pada lapisan sinus — kantung berisi udara yang terletak di sekitar wajah dan hidung.

Peradangan pada rongga sinus dapat menghalangi drainase, dan menyebabkan lendir kental menumpuk di rongga sinus. Lendir akan berwarna kuning atau hijau, dan dapat menyebabkan bau mulut. 

Sinusitis juga dapat menyebabkan gejala lain, termasuk batuk, kehilangan sensasi penciuman, demam, batuk, dan sakit tenggorokan.

Artikel Lainnya: Mengatasi Radang Tenggorokan Saat Hamil

2. Pilek dan Batuk

Pilek dan batuk bisa menyebabkan penumpukan lendir di tenggorokan. Keluhan ini cukup sering ditemukan pada ibu hamil, mengingat daya tahan tubuh mereka mengalami penurunan.

3. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan terjadi akibat infeksi virus atau bakteri. Peradangan yang terjadi pada kondisi ini tidak hanya bisa menyebabkan keluhan sulit menelan, tapi juga membuat tenggorokan terasa berlendir.

2 dari 3 halaman

Tips Mengatasi Lendir di Tenggorokan saat Hamil

Tenggorokan sering berlendir saat hamil dapat diatasi dengan beberapa cara, antara lain:

  • Irigasi Nasal

Beberapa ahli merekomendasikan wanita hamil untuk menggunakan irigasi nasal, guna membersihkan lendir yang menumpuk di tenggorokan. 

Membilas sinus dan saluran hidung sebanyak dua hingga tiga kali sehari dapat membantu meredakan gejala untuk sementara waktu.

Artikel Lainnya: Sering Batuk Saat Hamil? Ini Tips Mudah Mengatasinya

  • Gunakan Humidifier 

Humidifier dapat digunakan untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan. Kelembapan ruangan yang terjaga dapat menurunkan risiko pembentukan lendir di tenggorokan.

  • Minum Obat

Berkonsultasilah kepada dokter untuk mendapatkan jenis dan dosis obat-obatan untuk meredakan lendir di tenggorokan saat hamil.

Hindari mengonsumsi obat secara mandiri, sekalipun herbal atau suplemen vitamin. Konsumsi obat yang tidak tepat selama kehamilan dapat meningkatkan risiko efek samping merugikan.

"Mengatasi tenggorokan sering berlendir saat hamil juga bisa dilakukan dengan minum air hangat, mengonsumsi makanan berkuah seperti sup, mandi dengan air hangat, dan kumur air garam," jelas dr. Arina.

Jika keluhan tenggorokan sering berlendir saat hamil sangat mengganggu bahkan hingga menurunkan kualitas hidup Anda, sebaiknya tak perlu tunda untuk berobat ke dokter. Semakin dini diobati, semakin rendah pula risiko komplikasi.

Masih punya pertanyaan seputar tenggorokan sering berlendir saat hamil? Konsultasikan kepada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar