Sukses

Rambutan Diklaim Dapat Cegah Diabetes, Ini Faktanya!

Rambutan disebut-sebut menjadi buah musiman yang bisa mencegah diabetes. Benar atau tidaknya hal tersebut, cari jawabannya di sini.

Pernah dengar soal manfaat rambutan untuk diabetes? Tak cuma buahnya, mulai dari kulit hingga bijinya, rambutan dikatakan baik untuk penyandang diabetes! 

Padahal, kalau dipikir-pikir rambutan sendiri punya rasa yang relatif manis. Lantas, benar tidak, ya, buah asli Asia Tenggara ini punya khasiat untuk mencegah masalah gula darah? 

1 dari 4 halaman

Rambutan, Buah Kaya Nutrisi dan Antioksidan

Orang-orang kerap sulit membedakan antara daging buah rambutan, leci, dan kelengkeng. 

Namun, ketika belum dikupas atau sudah dimakan habis sampai terlihat permukaan bijinya, barulah cita rasanya berbeda-beda. 

Ketimbang leci dan kelengkeng, rambutan yang paling sering dikabarkan bisa menjadi buah untuk mencegah diabetes. 

Apabila rambutan diklaim seperti itu, tentunya ada nutrisi baik di dalam buah tersebut. Benar saja, dalam 100 gram rambutan mengandung sekitar 1,3-2 gram serat. 

Rambutan juga mengandung vitamin C tinggi. Mengonsumsi buah rambutan bisa membantu penyerapan zat besi dengan lebih mudah, terutama bila Anda habis makan daging merah. 

Dilansir Healthline, makan 5-6 rambutan dapat memenuhi kebutuhan vitamin C per harinya sebanyak 50 persen. Sel-sel tubuh pun akan terhindar dari efek buruk radikal bebas. 

Rambutan juga memiliki kandungan tembaga yang penting untuk pemeliharaan dan pertumbuhan sel-sel, termasuk otak, tulang, dan jantung. 

Makan 100 gram rambutan atau sekitar 4 buah bisa mencukupi 20 persen kebutuhan tembaga per harinya. 

Tak cuma itu, mineral lain seperti fosfor, mangan, kalium, dan magnesium juga ada di dalam buah berambut ini. Cukup lengkap, kan, nutrisinya? 

Artikel Lainnya: Mengupas Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Rambutan

2 dari 4 halaman

Menilik Manfaat Rambutan untuk Diabetes

Sementara itu, terdapat sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients (2017) yang membahas efektivitas buah rambutan untuk diabetes. 

Bagian yang diteliti dari buah rambutan dalam studi tersebut bukanlah dagingnya, melainkan kulitnya. Selain itu, pengujiannya juga bukan dilakukan pada manusia, melainkan pada tikus.

Kira-kira, beginilah hasil penelitian yang berjudul Anti-Diabetic Effects of Phenolic Extract from Rambutan Peels (Nephelium lappaceum) in High-Fat Diet and Streptozotocin-Induced Diabetic Mice itu. 

Ekstrak fenolik kulit rambutan menunjukkan adanya aktivitas antioksidan dan antiglikasi yang tinggi pada tikus diabetes. 

Hasil penelitian menunjukkan, ekstrak kulit rambutan bisa meningkatkan bobot badan tikus sekaligus menurunkan kadar glukosa darahnya. 

Bahkan, ekstrak kulit rambutan secara signifikan mengurangi kadar kolesterol, trigliserida, dan kreatinin (zat limbah dalam darah) pada tikus diabetes!

Artikel Lainnya: 12 Jenis Diabetes Melitus yang Mungkin Mengintai Anda

Selain kulitnya, ada juga studi dalam negeri yang mengatakan bahwa biji rambutan yang justru bisa mencegah diabetes.

Sebelum dibuat minuman, biji rambutan dipotong kecil-kecil dulu lalu dijemur selama 2-3 hari sampai kuning kehitaman. Setelah kering, potongan biji tersebut diblender hingga jadi bubuk halus. 

Bubuk itu nantinya diseduh dengan air panas dan diminum sesuai kebutuhan. Terlepas dari bagaimana efektivitasnya, biji rambutan mengandung 30-43 persen lemak murni, serat, pati, dan asam stearat. 

Lalu, bagaimana tanggapan dokter spesialis mengenai rambutan bisa mencegah diabetes?

Artikel Lainnya: 12 Perubahan di Kulit yang Jadi Tanda Mengidap Diabetes

Sayangnya, dr. Alvin Nursalim, Sp.PD, mengatakan, “Belum ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa rambutan untuk diabetes benar-benar ampuh. Jadi sepertinya hanya mitos.”

Ya, sejauh ini penelitian kulit rambutan yang dilakukan masih dalam lingkup kecil dan baru dilakukan pada hewan. 

Sedangkan, untuk khasiat biji rambutan, hal itu juga masih belum dijelaskan secara gamblang bagaimana efek sesungguhnya pada banyak orang. 

3 dari 4 halaman

Manfaat Lain Rambutan

Kendati manfaat rambutan untuk diabetes masih diragukan, tetapi bukan berarti mengonsumsi rambutan tidak ada manfaatnya sama sekali!

Meski mirip dengan khasiat buah-buah lainnya, beberapa manfaat makan rambutan antara lain:

  • Melancarkan pencernaan. 
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. 
  • Mempercepat pemulihan tubuh dari sakit. 
  • Menurunkan risiko kanker.

Bila Anda ada pertanyaan seputar diabetes, konsultasikan kepada dokter lebih mudah lewat fitur LiveChat dari Klikdokter. 

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar