HomeGaya hidupSehat dan BugarManfaat Masker Lumpur yang Ampuh Bersihkan Wajah!
Sehat dan Bugar

Manfaat Masker Lumpur yang Ampuh Bersihkan Wajah!

dr.Devia Irine Putri, 08 Mar 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Katanya, masker lumpur bisa membuat wajah bersih dan kotoran dari sel kulit mati pun terangkat! Benarkah demikian? Simak faktanya di dalam pembahasan berikut ini.

Manfaat Masker Lumpur yang Ampuh Bersihkan Wajah!

Memiliki kulit yang sehat dan cerah adalah impian semua orang. Karena itulah diperlukan perawatan wajah yang maksimal. Namun, bukan berarti kamu harus pakai skincare mahal atau melakukan treatment di dokter seminggu sekali.

Ada beberapa cara sederhana yang dipercaya bisa menyehatkan wajah. Salah satunya dengan menggunakan masker lumpur. 

Jangan salah sangka, masker lumpur yang dimaksud bukan yang asal diambil langsung dari tanah. Beberapa masker lumpur yang populer diambil dari Laut Mati di Timur Tengah atau dari tanah vulkanik di pegunungan. 

Masker lumpur dikenal mengandung mineral yang dapat meningkatkan fungsi perlindungan pada kulit. 

Menggunakan masker lumpur bisa menjadi pilihan perawatan demi kulit sehat dan cerah. Berikut beberapa manfaat masker lumpur yang bisa kamu peroleh: 

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat lumpur untuk masker wajah yang pertama yaitu ampuh mengangkat sel kulit mati di wajah. Jika rutin digunakan, wajah pun lebih cerah. 

Ketika masker lumpur mengering dan kencang di wajah, sel kulit mati bisa tertarik. Saat 

kulit wajah dibersihkan, dapat memberikan efek kulit halus dan cerah. 

2. Membantu Meredakan Psoriasis

Garam dan kandungan kimia lain di dalam masker lumpur dipercaya bisa mengobati psoriasis secara efektif.

Psoriasis  merupakan peradangan kulit akibat kondisi autoimun yang ditandai munculnya ruam merah, kulit kering, bersisik, dan mudah mengelupas. 

Agar lebih aman, sebelum menggunakannya kamu bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter. Mengingat kondisi psoriasis setiap orang bisa berbeda-beda tingkat keparahannya. 

3. Mengatasi Kulit Berminyak 

Berdasarkan penelitian dari Journal of Cosmetic Sciencemasker lumpur memiliki kandungan mineral yang mampu merangsang sirkulasi darah di wajah. Dalam studi tersebut juga dilaporkan bahwa masker lumpur ampuh mengatasi kulit berminyak. 

Masker ini bekerja dengan cara menghilangkan kotoran yang tersumbat di bawah kulit dan membersihkan pori-pori sampai ke lapisan terdalam. 

4. Melembapkan Kulit 

Kandungan mineral masker lumpur juga berfungsi untuk menghidrasi dan melembapkan kulit. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari risiko iritasi maupun kondisi kulit kering.

Selain memakai masker lumpur, kamu juga disarankan untuk mengoleskan pelembap dan minum cukup air putih agar kulit tidak kering.

5. Mengatasi Jerawat 

Konsentrasi mineral di dalam masker lumpur juga bermanfaat untuk meredakan dan mencegah jerawat. Masker lumpur pun telah terbukti memiliki efek antimikroba yang bisa mengurangi peradangan akibat jerawat

Namun, bukan berarti masker lumpur adalah obat jerawat. Untuk mengatasi permasalahan kulit ini, kamu tetap perlu mengoleskan obat jerawat dan menjaga kulit tetap bersih setelahnya. 

6. Sebagai Anti Aging

Masker lumpur juga dipercaya sebagai agen anti-penuaan. Ini karena efek pengencangan kulit setelah menggunakan masker lumpur, sehingga kerutan dan garis halus bisa tersamarkan. 

Meski memberikan berbagai efek yang baik untuk kulit, masker lumpur tetap memiliki efek samping. Seseorang dengan kulit sensitif perlu berhati-hati menggunakan masker lumpur. Pasalnya, masker ini bisa membuat kulit kering dan iritasi.

Penggunaan masker lumpur pun tidak dianjurkan pada kondisi kulit yang sedang bermasalah, misalnya ketika kulit sedang iritasi, kemerahan, atau ada luka terbuka. Tentunya ini mencegah kondisi kulit menjadi lebih buruk dibandingkan sebelumnya. 

Jika berniat menggunakan masker lumpur, sebaiknya lakukan tes patch atau uji alergi di area tertentu seperti di leher atau lengan dalam. Lalu, lihat reaksinya. Apabila muncul iritasi, kamu bisa menghentikan penggunaannya.  

Artikel Lainnya: Sedang Tren, Ini Manfaat Bubble Mask untuk Kulit Wajah

Itulah beberapa fakta mengenai masker lumpur yang bisa kamu tahu. Agar lebih aman, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kulit terkait jenis masker mana yang cocok dengan kondisi kulitmu. 

#JagaSehatmu dan gunakanlah produk perawatan kulit sesuai jenis kulit dan kondisi kulitmu. Jika masih ada pertanyaan soal perawatan kulit, kamu bisa gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.


Kecantikan

Konsultasi Dokter Terkait