Sukses

Manfaat Masker Lumpur yang Ampuh Bersihkan Wajah!

Katanya, masker lumpur bisa membuat wajah bersih dan kotoran dari sel kulit mati pun terangkat! Benarkah demikian? Simak faktanya di dalam pembahasan berikut ini.

Untuk mendapatkan kulit sehat, Anda memerlukan perawatan wajah yang maksimal. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus pakai skincare mahal atau melakukan treatment di dokter seminggu sekali.

Ada beberapa cara sederhana yang dipercaya bisa menyehatkan wajah, salah satunya dengan menggunakan masker lumpur. 

Benarkah demikian? Simak apa kata dokter tentang khasiat masker lumpur lewat pembahasan di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Manfaat Masker Lumpur untuk Kulit Wajah

Yakin, masker dari lumpur dapat digunakan untuk mengangkat kotoran di wajah? Bukannya justru tambah kotor, ya

Jangan salah sangka dulu, masker lumpur yang dimaksud di sini bukan yang asal diambil langsung dari tanah. 

Masker lumpur yang akan dibahas, sebagian besar bahan utamanya memang terbuat dari lumpur, namun memiliki khasiat untuk kulit. 

Beberapa masker lumpur yang populer diambil dari Laut Mati di Timur Tengah atau dari tanah vulkanik di pegunungan. 

Bahkan, masker lumpur tersebut telah lama digunakan dan dianggap ampuh mengangkat sel kulit mati di wajah. 

Hal ini pun dibenarkan oleh dr. Adeline Jaclyn. Menurutnya, masker lumpur mengandung sifat antibakteri dan eksfoliasi yang bisa mengangkat sel kulit mati di wajah. 

Selain itu, melansir Healthline, masker lumpur memiliki konsentrasi mineral yang tinggi sehingga mampu menghambat beberapa jenis bakteri penyebab jerawat.

Sebuah studi dari International Journal of Dermatology menemukan bahwa garam di dalam masker lumpur laut mati kaya akan magnesium. 

Artikel Lainnya: Kiat Hilangkan Komedo yang Mengganggu

Mineral tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi perlindungan dan mengurangi peradangan yang terjadi di kondisi kulit iritasi dan kering.

Selain mengangkat sel kulit mati, adapun beberapa manfaat masker lumpur lainnya yang perlu Anda ketahui, seperti: 

  1. Membantu Meredakan Psoriasis

Garam dan kandungan kimia lain di dalam masker lumpur dipercaya bisa mengobati psoriasis secara efektif. 

Psoriasis sendiri merupakan peradangan kulit yang ditandai dengan munculnya ruam merah, kulit kering, bersisik, dan mudah mengelupas. 

  1. Mengatasi Kulit Berminyak 

Berdasarkan penelitian dari Journal of Cosmetic Science, masker lumpur memiliki kandungan mineral yang mampu merangsang sirkulasi darah di wajah. 

Dalam studi tersebut juga dilaporkan bahwa masker lumpur ampuh mengatasi kulit berminyak. 

Masker ini bekerja dengan cara menghilangkan kotoran yang tersumbat di bawah kulit dan membersihkan pori-pori sampai ke lapisan terdalam. 

  1. Melembapkan Kulit 

Kandungan mineral masker lumpur juga berfungsi menghidrasi dan melembapkan kulit. 

Selain pakai masker lumpur, disarankan untuk mengoleskan pelembap dan minum cukup air putih secukupnya agar kulit tidak gampang kering.

  1. Mengatasi Jerawat 

Konsentrasi mineral di dalam masker lumpur juga bermanfaat untuk meredakan 

dan mencegah jerawat. Masker lumpur pun telah terbukti memiliki efek antimikroba yang bisa mengurangi peradangan akibat jerawat

Namun, bukan berarti masker lumpur adalah obat jerawat. Untuk mengatasi permasalahan kulit ini, Anda tetap perlu mengoleskan obat jerawat dan menjaga kulit tetap bersih setelahnya. 

Artikel Lainnya: Kiat Perawatan Kulit Wajah untuk Usia 20-an

2 dari 3 halaman

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakan Masker Lumpur

Meski efektif mengangkat sel kulit mati, mencegah jerawat, melembapkan kulit, dan mengatasi kulit berminyak, masker lumpur tetap memiliki efek samping. 

Menurut dr. Adeline, ketika orang dengan kulit sensitif menggunakan masker lumpur, risiko wajah jadi kering pun bisa terjadi. 

Tak hanya itu, dampak iritasi juga dapat terjadi apabila orang dengan kulit sensitif menggunakan masker lumpur mengandung pewangi atau dipakai terlalu lama di wajah. 

“Hindari penggunaannya (masker lumpur) saat kulit sedang bermasalah. Misalnya, jangan gunakan saat kulit sedang kemerahan atau terdapat luka terbuka, karena dapat menambah iritasi atau kerusakan kulit lebih jauh,” ujar dr Adeline.

“Sebelum menggunakan produk tertentu, biasakan untuk mencobanya terlebih dahulu di area kecil tubuh untuk melihat reaksi kulit yang terjadi,” tambahnya. 

Itu dia beberapa fakta mengenai masker lumpur yang perlu Anda ketahui. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kecantikan tentang jenis masker lumpur yang hendak digunakan. 

Untuk lebih praktis, Anda bisa konsultasi dengan dokter via LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar