Sukses

Manfaat Talas untuk Kesehatan Kulit

Tak cuma enak dan bikin kenyang, ternyata ada banyak manfaat talas untuk kulit dan kecantikan! Apa saja sih? Yuk, kita simak ulasannya di sini.

Anda sudah memakai beragam skincare mahal, tapi kulit yang dicita-citakan belum terwujud juga? Jangan-jangan, ini saatnya Anda kembali ke bahan-bahan alami dengan harga yang tentunya jauh lebih murah.

Salah satu bahan alami yang bisa jadi pilihan adalah talas. Ya, umbi-umbian yang populer dijadikan oleh-oleh tersebut memiliki banyak manfaat untuk kulit. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh kandungan nutrisinya yang tinggi.

1 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi dalam Talas

Talas atau Colocasia esculenta memiliki warna ungu muda karena mengandung pigmen fenolik. Umbi yang banyak dijumpai di Asia Tenggara ini kaya akan gula alami yang memberikan rasa pedas manis setelah direbus atau dipanggang.

Soal kandungan nutrisi, dilansir dari Healthline, secangkir talas (132 gram) yang telah dimasak antara lain memiliki:

  • Kalori: 187
  • Serat: 6,7 gram
  • Mangan: 30% dari nilai harian
  • Vitamin B6: 22% dari nilai harian
  • Vitamin E: 19% dari nilai harian
  • Kalium: 18% dari nilai harian
  • Tembaga: 13% dari nilai harian
  • Vitamin C: 11% dari nilai harian
  • Fosfor: 10% dari nilai harian
  • Magnesium: 10% dari nilai harian

Dengan deretan nutrisi di atas, talas banyak dimanfaatkan untuk membantu mengontrol gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Tidak hanya itu, kandungan talas di atas dinilai sangat baik untuk kulit!

Artikel lainnya: Jangan Sepelekan 3 Manfaat Talas Ini

2 dari 3 halaman

Manfaat Talas untuk Kesehatan Kulit

Hal tersebut dibenarkan dr. Arina Heidyana. “Karena kandungannya baik, talas bisa untuk anti-aging, mencerahkan, dan meningkatkan kesehatan sel kulit,” dia menjelaskan. 

Berikut beberapa manfaat talas untuk kulit:

  • Mencegah Tanda-tanda Penuaan Dini

Talas kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif pada sel akibat radikal bebas. Sumber antioksidan diperoleh dari vitamin C dan E yang terkandung di dalam talas. 

Talas mendorong pertumbuhan sel baru sehingga membuat kulit tampak lebih muda dan lebih segar. Hal tersebut membantu dalam menghalangi munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti  bintik hitam, kerutan, dan garis-garis halus.

Kandungan talas juga berperan penting dalam pembentukan kolagen. Seperti yang banyak diketahui, kolagen dapat membuat kulit tetap kenyal. 

Artikel lainnya: Ini Dia Manfaat Ajaib Yoghurt untuk Kecantikan

  • Mencerahkan Kulit

Manfaat talas untuk kecantikan berikutnya adalah sebagai pencerah kulit. Kombinasi antara vitamin A dan C pada talas dapat membuat kulit tampak sehat dan bersinar atau glowing.

  • Meningkatkan Kesehatan Sel Kulit

Talas memberikan dosis vitamin A dan C optimal yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit.  Vitamin tersebut bekerja sama untuk meningkatkan kesehatan sel dan menyembuhkan berbagai masalah. Contohnya, mempercepat laju penyembuhan noda dan luka. 

Di samping tiga manfaat talas untuk kulit tersebut, umbi manis ini juga dipercaya dapat mengobati jerawat, mencegah kulit pecah-pecah di kaki dan tangan, mencegah uban, serta menjaga kesehatan rambut. 

Sementara itu, menurut dr. Arina, untuk mendapat khasiatnya, talas bisa diolah dengan berbagai cara. Misalnya, dengan direbus, dikukus, dibuat jadi sup, bahkan dibuat dalam bentuk kue lapis sekalipun. 

“Yang terpenting, talas tidak dimakan mentah,” dr. Arina menyarankan.

Seperti dilaporkan Style at Life, talas diyakini justru beracun dalam bentuk mentah. Sebab, talas memiliki kandungan oksalat yang tinggi. Jika terkena kulit, senyawa ini bisa memicu reaksi alergi. Karena itu, talas perlu dimasak sebelum dikonsumsi.

Talas yang belum dimasak juga bisa menyebabkan sensasi terbakar dan gatal di mulut dan tenggorokan. Pada beberapa orang, talas juga dapat memperburuk masalah asam urat.

Anda masih punya pertanyaan seputar manfaat talas untuk kulit dan kesehatan secara umum? Tanyakan langsung pada dokter melalui fitur Live Chat 24 Jam.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar