Sukses

MPASI Edamame, Ini Manfaat Sehatnya untuk Bayi

MPASI edamame adalah pilihan menu yang tepat untuk diberikan pada bayi usia 6 bulan atau lebih. Ini ragam manfaat edamame untuk MPASI bayi.

Penggemar kuliner pasti akrab dengan edamame. Kacang-kacangan yang berasal dari Jepang ini banyak dijual di pusat perbelanjaan. 

Meski bentuknya kecil, edamame mengandung banyak gizi penting yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Anda pun dapat menjadikan edamame untuk MPASI agar si kecil bisa merasakan manfaat sehatnya sejak dini.

1 dari 4 halaman

Kandungan Gizi dalam Edamame

Melansir Healthline, edamame merupakan kacang kedelai yang masih ada dalam polongnya. Camilan tradisional ini tidak hanya populer di Jepang, tapi juga di Indonesia. 

Cara memasak edamame pun tidak sulit. Anda cukup merebusnya hingga matang, dan sajikan di atas piring atau mangkuk. 

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, beberapa gizi yang terkandung di dalam edamame adalah sebagai berikut: 

  • Protein
  • Lemak baik (tidak jenuh)
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Folat
  • Vitamin A, B, C, D, E, dan K
  • Mineral, termasuk zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, dan kalium

Artikel Lainnya: 5 Resep MPASI yang Praktis untuk Ibu Baru

2 dari 4 halaman

Manfaat MPASI Edamame untuk Bayi

Apa saja manfaat MPASI edamame bayi usia 6 bulan ke atas? Berikut beberapa di antaranya:

  • Menunjang Perkembangan Otak 

Edamame kaya akan protein, yang berperan penting dalam menunjang perkembangan jaringan tubuh bayi termasuk otak. 

  • Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat 

Kolesterol tinggi (LDL) dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung di masa depan. Faktanya, mengonsumsi 50 gram protein edamame bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) sebesar 3 persen.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Satu per empat cangkir edamame memiliki 3 gram serat, yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan bayi Anda. Ini membuat si kecil terhindar dari risiko konstipasi alias sembelit.

Artikel Lainnya: 10 Resep MPASI untuk Bayi Usia Enam Bulan atau Lebih

  • Gula Darah Stabil

Meski mengandung karbohidrat, edamame tidak meningkatkan kadar gula darah. Dengan demikian, konsumsi edamame juga tidak meningkatkan risiko diabetes di kemudian hari. 

  • Mencegah Berbagai Penyakit 

Edamame mengandung isoflavon, yaitu antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan dalam edamame juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh bayi. 

Artikel Lainnya: Pola Makan MPASI Sesuai Tahapan Usia si Kecil

3 dari 4 halaman

Tips Mengolah Edamame untuk MPASI Bayi

Tidak ada larangan memberikan edamame sebagai MPASI bayi. Namun untuk bayi yang baru saja menginjak usia 6 bulan, edamame harus diolah dengan ASI dan dicampur bahan makanan lainnya.

Berdasarkan dr. Dyah Novita, edamame bisa disajikan dengan cara dihaluskan dan disaring agar tidak ada serat atau tekstur yang sulit dikunyah. Olahan edamame ini cocok diberikan untuk bayi berusia 6 sampai 8 bulan.

Sedangkan untuk bayi yang telah berusia lebih dari 8 bulan, edamame bisa disajikan dengan cara dihaluskan tanpa perlu disaring. 

Untuk bayi berusia 1 tahun atau lebih, edamame dapat disajikan dalam bentuk utuh untuk dijadikan camilan siang dan sore hari. Tetap perhatikan ketika si kecil mengonsumsi edamame utuh, guna mencegah risiko tersedak dan masalah lainnya.

MPASI edamame dapat memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang bayi, khususnya jika disajikan dengan cara tepat dan dikombinasikan dengan stimulasi memadai. 

Bingung mengolah edamame untuk MPASI? Punya pertanyaan seputar tumbuh kembang anak? Konsultasikan saja pada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar