Sukses

Manfaat Kacang Edamame untuk Kecantikan

Kandungan isoflavon yang ada di dalam kacang edamame mampu membuat kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan dini, Tak percaya? Ini kata dokter.

Edamame sering disebut sebagai kacang kedelainya orang Jepang. Masyarakat di Negeri Sakura gemar mengonsumsi edamame dengan mencampurkannya ke dalam berbagai olahan masakan. 

Tak hanya itu, edamame disebut-sebut sebagai sumber makanan yang baik untuk kesehatan, terutama untuk kecantikan kulit. 

Benarkah demikian? Simak apa kata dokter mengenai manfaat edamame untuk kecantikan. 

1 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi Kacang Edamame

Tekstur dan rasa edamame sedikit berbeda dengan kacang kedelai pada umumnya. Ukuran biji edamame lebih besar dan mudah dicerna. Selain itu, edamame juga punya rasa lebih manis. 

Sebetulnya, edamame merupakan sumber protein nabati yang baik. Beberapa kandungan di dalamnya juga menghasilkan sederet manfaat kesehatan baik bagi tubuh. 

Di samping sebagai sumber protein nabati, edamame juga kaya akan serat dan beberapa vitamin penting. 

Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), di dalam secangkir edamame (setara 156 gram) terdapat kandungan gizi berikut: 

  • Kalori: 188
  • Lemak: 8 gram
  • Sodium: 9,4 miligram
  • Karbohidrat: 13,8 gram
  • Serat: 8 gram
  • Gula: 3,4 gram
  • Protein: 18,4 gram

Edamame juga memiliki banyak mikronutrien seperti magnesium dan vitamin C. Satu cangkir edamame yang sudah dimasak dan dikupas mengandung:

  • 19 persen dari kebutuhan zat besi harian. 
  • 15 persen vitamin C dari kebutuhan harian.
  • 7 persen kalsium dari kebutuhan setiap hari. 

Selain itu, edamame memiliki zat kalium yang jumlahnya memenuhi 20 persen gizi kebutuhan harian. 

Ditambah, ada sedikit tembaga, seng, fosfor, riboflavin, niacin, dan vitamin K di dalam kandungan kacang orang Jepang ini. 

Artikel Lainnya: Manfaat Ajaib Kedelai untuk Kecantikan Kulit

2 dari 3 halaman

Manfaat Edamame untuk Kulit

Menjawab soal manfaat edamame, dr. Theresia Rina Yunita menjelaskan kacang-kacangan ini memiliki kandungan isoflavon yang berkhasiat bagi kulit.

Isoflavon, yang merupakan kelompok dari fitoestrogen, punya peran penting untuk mencegah kerusakan kolagen. Kolagen sendiri berfungsi sebagai protein yang memberi struktur dan kekenyalan di kulit Anda. 

Rajin mengonsumsi edamame bakal menghasilkan berbagai manfaat berikut untuk kulit:

1. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan Dini

“Menurut sebuah penelitian dari Journal of American College of Nutrition, tikus yang diberi isoflavon dan terkena radiasi ultraviolet (UV),  punya keriput yang lebih sedikit dan kulitnya tampak lebih halus daripada tikus yang terpapar sinar UV tetapi tidak mendapatkan isoflavon,” jelas dr. Theresia. 

Dokter Theresia juga mengatakan, para peneliti percaya kandungan isoflavon membantu mencegah kerusakan kolagen. 

Edamame juga diyakini dapat mengurangi berbagai tanda penuaan seperti kulit kendur dan munculnya bintik hitam di wajah.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Anda

2. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C yang melimpah di dalam kacang edamame mampu menjadi sumber antioksidan untuk menangkal radikal bebas. 

Dengan mengonsumsi kacang ini, tandanya Anda turut menjaga kesehatan dan mencerahkan kulit. 

3. Mengatasi Kulit Pucat dan Kering

Kekurangan zat besi dapat membuat kulit seseorang tampak pucat dan kering. Nah, mengonsumsi edamame nyatanya bisa mengatasi permasalahan tersebut. Sebab, edamame mengandung banyak zat besi. 

Cara mengolah edamame untuk dikonsumsi sebenarnya cukup mudah. Cukup rebus kacang edamame selama 3-5 menit. 

Kacang tersebut juga bisa dikukus dan dimasak dengan microwave atau digoreng. Setelah itu, edamame bisa dijadikan camilan atau dicampur ke dalam salad sayur.

Itu dia beberapa kandungan nutrisi dan manfaat edamame untuk kesehatan kulit. Mau mencobanya? Boleh saja, tapi pastikan dulu kalau Anda tidak alergi terhadap kacang-kacangan, ya.

Untuk mendapatkan informasi lainnya tentang manfaat edamame, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Sedangkan untuk konsultasi langsung dengan dokter, gunakan fitur LiveChat.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar