Sukses

Cara Atasi Batuk Kering bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Batuk kering sering dianggap sepele, tapi sangat mengganggu tak terkecuali bagi bumil dan busui. Mari ketahui cara mengatasinya bagi ibu hamil dan menyusui.

Meski terkesan sepele, batuk kering sangat mengganggu. Apalagi kalau sampai dialami ibu hamil dan menyusui. Sebab, ibu dalam kondisi tersebut biasanya tidak disarankan minum sembarang obat.

Perlu pertimbangan khusus dan saran dokter bagi ibu hamil dan menyusui sebelum minum obat. Bila tidak hati-hati, dikhawatirkan ada efek sampingnya.

Lalu, apa yang harus dilakukan ibu hamil dan menyusui bila terserang batuk kering? Simak di sini!

1 dari 3 halaman

Bumil dan Busui Batuk Kering, Harus Bagaimana?

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, batuk sebenarnya tidak perlu obat-obatan. Di sisi lain, cobalah pengobatan yang lebih aman untuk busui dan bumil.

"Bila tidak terlalu mengganggu, tidak perlu obat-obatan saat batuk. Karena, batuk merupakan proses alami tubuh dalam membuang zat asing di saluran pernapasan," jelas dr. Dyah Novita.

Bagi ibu hamil dan menyusui, cobalah minum air hangat untuk meredakan batuk. Dokter Dyah Novita juga menyarankan untuk minum madu dicampur lemon, atau madu dicampur jahe hangat.

"Bisa juga memakai diffuser di kamar yang mengandung mint. Selain itu, bisa ditambah balsam hangat di area dada dan punggung ibu," jelas dr. Dyah Novita.

Artikel Lainnya: Kiat Atasi Batuk yang Tak Kunjung Sembuh Saat Hamil

Selain cara-cara di atas, ada beberapa pengobatan alami juga yang bisa dilakukan, misalnya:

  • Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air hangat dicampur garam membantu mengurangi infeksi pernapasan hingga 40 persen. Larutan garam dapat menarik cairan berlebih dari jaringan yang meradang di tenggorokan, membuatnya tidak terlalu sakit.

Kumur dengan air ini juga melonggarkan lendir dan menghilangkan alergen, bakteri, dan jamur dari tenggorokan. Lakukan 2-3 kali sehari untuk melihat hasilnya.

  • Penuhi Kebutuhan Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan penting yang menjaga tubuh tetap sehat dan kuat. Cobalah untuk memasukkan lebih banyak makanan kaya vitamin C ke dalam menu harian Anda.

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan saat bumil dan busui batuk. Akan tetapi, dr. Dyah Novita menyarankan kalau sudah ada demam, segera ke dokter untuk menjalankan pemeriksaan langsung.

Artikel lainnya: Batuk saat Hamil, Apa Dampaknya bagi Janin?

2 dari 3 halaman

Tips Jaga Kesehatan agar Ibu Hamil dan Menyusui Tak Mudah Sakit

Daya tahan tubuh perlu dijaga, apalagi bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui. Perubahan yang terjadi dalam tubuh dapat memengaruhi sistem imunitas. Hal ini bisa memperburuk masalah kesehatan yang umumnya ringan.

Tenang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan bumil dan busui agar tetap sehat! Pertama, penting untuk tidur cukup dan menjaga pola makan.

"Cara agar tetap punya daya tahan tubuh kuat adalah tidur cukup, hindari makan dan minum manis berlebihan, asupan sayur dan buah rutin setiap hari," kata dr. Dyah Novita.

"Selain itu, pastikan Anda mendapat asupan nutrisi sehat bergizi, ada kandungan karbo, protein, dan lemak tidak jenuh. Jangan lupa minum air putih minimal 1,5 liter. Lalu, jangan lupa juga konsumsi suplemen kehamilan kalau sedang hamil," jelasnya.

Bila Anda terserang batuk kering saat hamil dan menyusui, ikuti tips-tips di atas untuk menyembuhkannya, ya. Konsultasikan gejala batuk dengan dokter lebih cepat lewat Live Chat dari KlikDokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar