Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Sehat Pergi ke Supermarket bagi Mental dan Fisik Anda

Manfaat Sehat Pergi ke Supermarket bagi Mental dan Fisik Anda

Pergi ke supermarket ternyata bagus juga untuk kesehatan Anda! Tak percaya? Simak ulasannya berikut ini.

Belanja kebutuhan ke supermarket adalah salah satu hal yang menyenangkan. Bisa jalan-jalan, belanja, serta lihat-lihat barang dalam suasana dan dekorasi yang rapi. 

Namun, saat pandemi virus corona menyerang, aktivitas belanja ke supermarket jadi terhalang. Karena dianggap tidak aman, jadinya belanja online saja.

Padahal, pergi ke supermarket memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan, baik fisik ataupun mental.

1 dari 3 halaman

Manfaat Pergi Belanja ke Supermarket bagi Fisik

Seru memang berjalan-jalan di supermarket. Melihat beragam produk sambil memerhatikan apa yang akan kita beli, punya sensasi tersendiri.

Secara fisik, hal itu membuat tubuh Anda aktif bergerak. Tak dimungkiri, aktivitas fisik seperti berjalan bagus untuk kesehatan. 

Manfaatnya, dapat meningkatkan kesehatan otak, mengendalikan berat badan, mengurangi risiko penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Penelitian juga menunjukkan, aktivitas fisik seperti berjalan di supermarket dapat mengurangi risiko kematian dini dari penyebab utama kematian, seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Anda tidak perlu melakukan aktivitas dalam intensitas tinggi untuk mengurangi risiko kematian dini. Manfaat mulai terakumulasi dengan sejumlah aktivitas fisik intensitas sedang atau kuat, seperti berjalan kaki.

Artikel Lainnya: Belanja Impulsif, Bagaimana Cara Mengontrolnya?

"Manfaat pertama, Anda bisa memilih bahan makanan sendiri. Saat jalan mengelilingi supermarket, juga bantu bakar kalori. Namun, ini harus konstan jalannya," ungkap dr. Dyah Novita Anggraini.

Akan lebih baik kalau kita sendiri yang mengontrol bahan makanan yang akan dibeli dan dikonsumsi, terutama dalam hal kualitas dan kesegarannya.

Sebelum ke supermarket, rencanakan bahan makanan yang ingin dibeli. Buat daftar belanjaan agar kegiatan belanja lebih terkendali. Usahakan sebagian besar produk yang dibeli adalah makanan sehat. 

Perubahan sederhana yang lebih baik dalam rutinitas belanja dan memasak akan membantu Anda mencapai hidup yang lebih sehat.

Selain itu, belanja di supermarket juga bisa melepas penat saat pandemi seperti sekarang. Namun, dr. Dyah Novita memperingatkan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

Artikel Lainnya: Tips agar Anak Tak Rewel Saat Diajak Belanja

2 dari 3 halaman

Manfaat Belanja ke Supermarket bagi Kesehatan Mental

Belanja ke supermarket juga bisa memperbaiki kondisi mental kita, lho. Diungkapkan oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, aktivitas ini bisa menurunkan stres.

Sebenarnya, ada hubungan antara aktivitas fisik seperti berjalan di supermarket untuk kesehatan mental kita. 

Bisa membuat Anda terbebas dari stres, meningkatkan daya ingat, membantu tidur lebih nyenyak, dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

"Manfaat itu muncul karena kita pergi ke tempat yang memang kita suka dan dengan suasana yang berbeda dari suasana rutinitas kita," ungkap psikolog Ikhsan.

"Terlebih lagi, ketika ke supermarket kita menemukan sesuatu yang memang kita cari atau butuhkan. Itu bisa membantu memberikan rasa senang sehingga memperbaiki mood kita," sambungnya.

Namun, Ikhsan menjelaskan bahwa perlu diperhatikan juga apakah kita jadi impulsif atau tidak ketika di supermarket. 

"Kalau kita jadi impulsif, sebaiknya hindari tempat-tempat berbelanja, supaya nantinya tidak stres," tegas psikolog muda itu.

Jadi, berbelanja ke supermarket adalah ide baik untuk Anda yang mau sehat secara fisik dan mental. Namun karena lagi pandemi, pastikan Anda ke supermarket dengan menjaga protokol kesehatan dengan baik!

Ingin tahu informasi kesehatan fisik dan mental menarik lainnya? Download aplikasi Klikdokter

Anda juga bisa konsultasi langsung dengan dokter dan psikolog lebih mudah lewat LiveChat.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar