Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Selai Kacang Tanah Vs Kacang Almon, Mana yang Lebih Sehat?

Selai Kacang Tanah Vs Kacang Almon, Mana yang Lebih Sehat?

Baik selai kacang biasa maupun selai almon, memiliki kandungan gizi yang hampir sama. Mengonsumsinya secara bijak dapat bermanfaat baik bagi tubuh.

Selai kacang masih menjadi primadona teman makan roti, di samping rasa cokelat. Saat ini, juga ada beragam jenis olesan tersebut yang ditawarkan di pasaran. Dua yang paling dikenal adalah selai kacang tanah dan selai almon.

Nah, dari dua jenis tersebut, mana selai yang lebih sehat? Yuk, disimak ulasannya.

 

1 dari 3 halaman

Mana yang Lebih Unggul, Selai Kacang atau Selai Almon?

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, baik selai kacang maupun selai kacang almond, memiliki jumlah kalori yang hampir sama. Keduanya juga mengandung nilai gizi yang mirip.

“Keduanya punya asam lemak tidak jenuh tunggal yang sama-sama menurunkan risiko kolesterol tinggi dan penyakit jantung koroner. Serta, menurunkan risiko gula darah yang melonjak tiba-tiba,” dr. Iqbal menerangkan. 

Meski begitu, ternyata kandungan gizi pada selai almon lebih baik ketimbang selai kacang biasa. 

“Kalau benar-benar dibandingkan kandungan gizinya, selai kacang almond memiliki protein, mineral, vitamin, dan serat yang sedikit lebih tinggi ketimbang kacang biasa,” jelas dr. Iqbal. 

Selain itu, selai almon juga memiliki kandungan antioksidan lebih banyak. Antioksidan dapat berperan sebagai zat yang mampu menangkal radikal bebas. 

Untuk lebih detailnya, berikut perbandingan kandungan satu sendok makan (sekitar 16 gram) selai kacang tanah dan selai almon: 

  • Protein

Selai almon mengandung sedikit lebih banyak protein daripada selai kacang. Dilansir Medical News meskipun selai kacang merupakan sumber protein, tapi sebenarnya bukanlah protein yang komplit.

Maksudnya, dalam kandungan protein tersebut tidak terdapat protein esensial atau asam amino yang dibutuhkan tubuh. 

Artikel lainnya: 8 Manfaat Sehat Selai Kacang

  • Mineral

Selai kacang almon mengandung lebih banyak mineral, seperti kalsium, magnesium, potasium, dan fosfor.  

Seperti yang jamak diketahui, magnesium berperan baik dalam menjaga kesehatan tulang. Tanpa magnesium, tubuh tidak mampu memproduksi energi sendiri. 

  • Vitamin

Baik selai kacang maupun selai almon adalah sumber vitamin E yang baik. Vitamin E berfungsi 

meredakan peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung. 

  • Serat

Selai almon mengandung dua kali lebih banyak serat daripada selai kacang biasa. Serat sendiri memiliki beberapa fungsi yang bagus untuk tubuh. Di antaranya adalah:

  • Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  • Bantu rasa kenyang lebih lama.
  • Memberikan prebiotik bagi usus besar yang membantu pencernaan.
  • Membantu mengelola diabetes
  • Turunkan kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam darah

Artikel lainnya: Sering Makan Roti Tawar Bikin Gemuk?

2 dari 3 halaman

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengonsumsi Selai Kacang

Betul, ada manfaat selai kacang bagi kesehatan. Namun, tetap saja, ada yang perlu Anda perhatikan sebelum dan saat mengonsumsinya. 

Dokter Iqbal menyarankan, konsumsi selai kacang secara umum sebaiknya sekitar 1 sendok makan atau setara dengan 90-100 kalori.

Artinya, jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa menimbulkan berbagai masalah. Di antaranya penyakit obesitas dan diabetes. 

“Hal tersebut karena jumlah kalori dan lemak dalam selain kacang juga cukup tinggi jika (dikonsumsi) berlebihan,” ujar dr. Iqbal lagi. 

Selai almond memang punya kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Namun, pada dasarnya, selai kacang dan selai almond sama baik untuk dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. 

Yuk, dapatkan informasi seputar penyakit, nutrisi, dan gaya hidup dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar