Sukses

Ini Bahaya Memakai Kaus Kaki yang Terlalu Ketat

Siapa sangka, meski terkesan sepele, penggunaan kaus kaki sempit dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan berikut ini.

Penggunaan kaus kaki amat diperlukan, terutama bagi yang sering mengenakan sepatu tertutup dalam kesehariannya. Ini dilakukan untuk menyerap kelembapan kaki serta menghindari kaki bergesekan secara langsung dengan sepatu yang membuat lecet.

Namun siapa sangka, kaus kaki ternyata berpengaruh besar terhadap kaki Anda. Walaupun terkesan sepele, memilih kaus kaki yang tepat penting dilakukan. Kesalahan dalam memilih kaus kaki—seperti terlalu ketat—dapat berdampak bagi kesehatan Anda.

Menggunakan kaus kaki yang terlalu ketat pastinya tidak nyaman. Pada awalnya mungkin tidak ada efek yang bermakna. Namun, bila penggunaan dalam jangka waktu lama akan berbahaya bagi kesehatan kaki Anda. Apa saja, ya, bahayanya?

1 dari 5 halaman

1. Menyebabkan Iritasi Kulit

Salah satu bahaya dari penggunaan kaus kaki yang terlalu ketat adalah kemungkinan besar meninggalkan bekas pada kulit Anda. Nah, pada beberapa orang, hal ini bisa menyebabkan iritasi kulit.

Kulit akan terlihat kemerahan dan bahkan terasa gatal. Pastinya keadaan ini sangat tidak nyaman dan dapat mengganggu Anda.

Artikel Lainnya: Bahaya Kesehatan yang Mengintai Akibat Jarang Ganti Kaus Kaki

2. Menghambat Aliran Darah

Bahaya menggunakan kaus kaki ketat berikutnya adalah terganggunya sirkulasi darah. Kaus kaki yang terlalu ketat akan menghambat aliran darah karena pembuluh darah tertekan oleh jaringan di sekitarnya.

Akibat dari terhambatnya aliran darah dapat membuat kaki menjadi terasa tidak nyaman dan menimbulkan nyeri karena oksigen dalam aliran darah tidak dapat sampai ke jaringan.

2 dari 5 halaman

3. Meningkatkan Risiko Varises

Terhambatnya aliran darah dapat meningkatkan risiko varises. Penggunaan kaus kaki yang ketat tidak hanya menambah risiko, tetapi juga dapat memperparah kondisi orang yang sudah terkena varises.

4. Kaki Mati Rasa

Bahaya kaus kaki yang terlalu sempit juga dapat menyebabkan mati rasa. Hal ini merupakan kelanjutan dari terhambatnya aliran darah. Bila dibiarkan, kaki akan terasa mati rasa.

Nah, agar Anda terhindar dari kondisi ini, cermatlah ketika Anda sedang menggunakan kaus kaki. Bila kaki mulai terasa tidak nyaman, sebaiknya segera lepaskan kaus kaki Anda.

Artikel Lainnya: Infeksi Jamur di Kaki, Cegah dengan Cara Ini

3 dari 5 halaman

5. Munculnya Mata Ikan

Mata ikan adalah kondisi ketika kulit mengalami penebalan akibat adanya tekanan dan gesekan. Nah, salah satu penyebab terjadinya kondisi ini adalah penggunaan kaus kaki yang tidak tepat. Meski tidak berbahaya, mata ikan dapat mengganggu aktivitas Anda.

Oleh sebab itu, untuk mencegah Anda dari kondisi ini, pastikan Anda mengenakan kaus kaki yang jahitannya sesuai, tidak terlalu besar ataupun terlalu sempit hingga mengakibatkan tekanan atau gesekan.

6. Infeksi Jamur

Infeksi jamur menjadi salah satu bahaya menggunakan kaus kaki sempit. Infeksi ini biasanya terjadi di antara jari jempol dan telunjuk kaki.

Penggunaan kaus kaki yang terlalu sempit disertai keringat akibat beraktivitas sehari-hari menyebabkan kulit kaki menjadi lembap. Keadaan lembap inilah yang merupakan lingkungan kondusif untuk jamur bertumbuh.

4 dari 5 halaman

7. Kaki Bengkak

Kaki yang bengkak merupakan akibat lain dari terhambatnya aliran darah akibat kaus kaki yang ketat. Karena aliran darah terhambat, akan terjadi penumpukan cairan pada kaki. Hal ini yang menyebabkan kaki bengkak, atau dalam istilah medis disebut edema.

Nah, kini Anda sudah tahu kan apa saja bahaya kaus kaki yang terlalu ketat? Jadi, pilihlah kaus kaki yang sesuai dengan ukuran kaki Anda agar nyaman dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, gunakan kaus kaki berbahan dasar katun agar dapat mengikuti bentuk kaki.

Informasi menarik lainnya seputar dunia kesehatan dapat Anda peroleh hanya di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda kepada dokter lewat fitur LiveChat 24 jam. Unduh aplikasinya di sini!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar