Sukses

Bunda, Ini Cara Mengatasi Kram Perut Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, ibu biasanya akan mengalami kram perut. Mari ketahui cara mengatasi nyeri kram yang kadang mengganggu ini.

Setelah melahirkan, perjuangan ibu masih berlanjut. Ada kalanya beberapa ibu merasakan kram perut pascamelahirkan yang cukup mengganggu. Kedengarannya kram adalah masalah sepele.

Tetapi, jika terjadi terlalu sering dan intensitasnya berat, sebenarnya dapat membuat aktivitas ibu jadi terhambat, lho.

Lantas, apa yang menyebabkan ibu merasakan kram perut pasca persalinan? Adakah cara mengatasinya?

1 dari 3 halaman

Penyebab Perut Kram Setelah Melahirkan

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, kram perut pascamelahirkan adalah kondisi yang normal dan umum terjadi. 

Kram disebabkan oleh kondisi rahim yang sedang mengecil kembali setelah sembilan bulan lamanya menjadi tempat bernaung janin. Kendati begitu, rahim tidak akan mengecil persis ke ukuran semula, ya.

"Proses mengecil ini melibatkan kontraksi otot rahim, inilah yang kerap dirasakan sebagai kram oleh para ibu. Kontraksi ini juga dapat terasa pada saat menyusui anak secara langsung. Sebab, proses menyusui memang memicu kontraksi otot rahim," jelas dr. Astrid.

Walaupun terbilang normal, menurut dr. Astrid memang ada sebagian wanita yang merasa tidak nyaman. Pasalnya, nyeri kram yang dirasakan ibu kadang terlalu kuat.

Dilansir Healthline, saat mengalami kontraksi tubuh bekerja dengan menekan pembuluh darah di rahim. Kondisi ini terjadi guna mencegah perdarahan yang terlalu banyak.

Di samping itu, rasa kram yang dirasakan ibu sering dilaporkan sebagai versi mini dari kontraksi persalinan atau mirip nyeri menstruasi.

Kram di perut kemungkinan terasa lebih ringan setelah ibu melahirkan untuk yang kedua atau ketiga kalinya.

Artikel Lainnya: Bisakah Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit?

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Mengatasi Kram Tersebut?

Bagi Ibu yang tidak merasa nyaman dengan kram perut setelah melahirkan, bisa ikuti beberapa penanganan sederhana berikut ini:

1. Obat Nyeri

Obat pereda nyeri seperti ibuprofen dapat mengurangi rasa sakit akibat kram perut. Apabila kram perut ibu terasa tak bisa ditahan lagi, sebaiknya konsultasi ke dokter.

Dokter mungkin akan memberi Anda resep obat nyeri jangka pendek yang dosisnya sedikit lebih kuat.

2. Lebih Aktif Bergerak

Untuk meredakan nyeri atau kram perut pascamelahirkan, ibu bisa mencoba untuk tetap aktif bergerak.

Gerak badan saat beraktivitas diyakini bisa meredakan atau menyamarkan kram di perut. Jangan beraktivitas terlalu berat, ya, dikhawatirkan ibu malah kelelahan dan tidak fit.

3. Relaksasi

Ibu juga bisa mencoba beberapa teknik latihan pernapasan saat kram mulai menyerang.

Teknik bernapas yang teratur bisa membuat tubuh jadi lebih relaks dan kram perlahan dapat mereda. 

Artikel Lainnya: Ini Bahayanya Jika Ibu Memaksa Lahiran Normal

4. Kompres Hangat

Mengompres dengan kain hangat atau meletakkan botol berisi air hangat di perut dapat menjadi alternatif untuk mengatasi nyeri kram di perut.

Anda juga bisa menggunakan pad atau bantal panas yang dijual di apotek untuk meredakan rasa tidak nyaman tersebut.

Apabila cara-cara di atas tidak membantu, sebaiknya Anda langsung menghubungi dokter. Anda harus berkonsultasi dengan ahlinya kalau obat-obatan sudah tidak membantu.

Hal yang sama juga berlaku jika Anda mengalami kram disertai demam tinggi selama beberapa hari.

Itu dia penyebab dan penanganan sederhana untuk mengatasi kram perut setelah melahirkan. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, konsultasikan ke dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar