Sukses

Menyingkap Manfaat Tanaman Janda Bolong untuk Kesehatan

Tanaman janda bolong menjadi buah bibir karena harganya yang sangat tinggi. Sebenarnya, adakah manfaat tanaman janda bolong untuk kesehatan?

Familier dengan tanaman janda bolong? Salah satu jenis tanaman hias ini menjadi incaran untuk dikoleksi, terlepas dari harganya yang melambung tinggi.

Janda bolong alias Monstera adansonii variegata pada awalnya ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tanaman ini masuk ke Indonesia tahun 2018, dan mulai banyak yang membudidayakannya.

Tanaman janda bolong memiliki ciri khas, yakni daun yang secara alami berlubang. Karena keunikannya tersebut, banyak yang menjadikannya sebagai dekorasi di dalam ruangan. Anda salah satunya?

Selain cantik dan unik, ternyata janda bolong memiliki manfaat kesehatan, lho. Apa saja manfaat tanaman janda bolong yang diakui medis? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1 dari 4 halaman

1. Meningkatkan Suasana Hati

Memelihara janda bolong bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati atau mood Anda. Sebenarnya tidak hanya tanaman janda bolong saja, tetapi semua tanaman dapat memberikan efek ini.

Nyatanya, memelihara tanaman bisa menambah suasana hati, mengurangi kecemasan atau stres, meningkatkan kadar vitamin D, sampai menurunkan risiko demensia.

Artikel Lainnya: Ini Manfaat Memelihara Tanaman Kaktus bagi Kesehatan

2. Bagus untuk Kesehatan Mata

Bosan harus di rumah saja agar terhindar dari risiko virus corona? Atau Anda merasa bosan karena sedang tidak ada yang dikerjakan? Nah, bila memiliki waktu luang, cobalah memelihara dan memandang tanaman janda bolong yang tumbuh dengan indah.

Dibandingkan melihat layar komputer atau gawai, menatap daun hijau seperti janda bolong tentunya jauh lebih bermanfaat untuk penglihatan Anda.

Meluangkan waktu untuk memandang tumbuhan hijau dapat memberikan efek relaksasi untuk mata dan tubuh. Selain itu, rumah akan tampak lebih cantik sehingga Anda pun betah berlama-lama di rumah.

2 dari 4 halaman

3. Menjadikan Kualitas Udara Lebih Baik

Tanaman janda bolong juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas udara. Segala jenis tumbuhan dapat membantu meningkatkan kualitas udara di sekitar Anda, tak terkecuali janda bolong.

Dengan kata lain, memelihara tanaman janda bolong di rumah dapat membantu meningkatkan kualitas udara. Hal ini khususnya dirasakan jika Anda menempatkan tumbuhan tersebut pada lokasi yang tepat.

Artikel Lainnya: Benarkah Bunga Anggrek di Kamar Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak?

4. Memberikan Efek Sejuk dan Nyaman

Warnanya yang memikat membuat janda bolong sangat sedap dipandang. Melanjutkan manfaatnya untuk mata, pada akhirnya tanaman ini juga memberikan ‘kesejukan’ jika Anda melihatnya dengan saksama.

Selain itu, karena janda bolong bermanfaat untuk meningkatkan kualitas udara, suasana sejuk pun bisa Anda rasakan di rumah.

Bukan tidak mungkin, tanaman janda bolong yang Anda rawat dengan sepenuh hati juga akan menimbulkan perasaan nyaman. Apalagi bila tumbuhan tersebut bisa tumbuh subur berkat usaha Anda sendiri.

3 dari 4 halaman

5. Menurunkan Tekanan Darah

Khasiat daun janda bolong yang sayang untuk dilewatkan, yakni kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah.

Ya, memelihara tanaman ternyata juga dapat menurunkan tekanan sistolik sehingga tekanan darah akan lebih rendah atau normal. Ini sangat bagus, terutama untuk Anda yang memiliki darah tinggi atau hipertensi.

Demikian beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari memelihara dan merawat janda bolong. Selain itu, tanaman ini juga bisa menjadi ajang Anda berinvestasi. Anda bisa membudidayakan janda bolong dan menjualnya. Keuntungannya lumayan, bukan?

Tertarik dengan manfaat tanaman janda bolong untuk kesehatan? Cobalah untuk memelihara dan merawat sendiri jenis tanaman ini di rumah Anda.

Apabila Anda punya pertanyaan mengenai manfaat bunga atau tanaman janda bolong atau hal-hal lain yang berhubungan dengan kesehatan, silakan konsultasikan lebih lanjut pada dokter melalui Live Chat 24 jam. Unduh juga aplikasi Klikdokter agar tidak ketinggalan fakta medis menarik lainnya.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar