Sukses

Manfaat Makan Ikan Lele untuk Ibu Hamil

Banyak ibu hamil menahan keinginan menyantap lele karena khawatir jorok dan minim nutrisi. Padahal, ada banyak manfaat ikan lele untuk ibu hamil, lho!

Siapa tak tergiur melihat hidangan pecel lele bersama sepiring nasi putih hangat? Akan tetapi, banyak ibu hamil yang menahan hasrat mengonsumsi ikan lele akibat banyak mitos yang beredar.

Misalnya, ikan berlendir itu jorok dan juga tidak bernutrisi. Jadi, bagaimana faktanya? Adakah manfaat ikan lele untuk ibu hamil?

1 dari 4 halaman

Kandungan Nutrisi Ikan Lele

Ikan lele mengandung segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan manusia, termasuk bagi bumil. Hal tersebut disampaikan dr. Devia Irine Putri.

“Anggapan masyarakat tentang ikan lele sebagai ikan yang jorok dan tidak bernutrisi adalah keliru. Salah satu alasannya karena nutrisi tinggi yang ada pada ikan air tawar tersebut,” ujar dr. Devia.

Seperti dilansir Healthline, dalam 100 gram ikan lele mengandung sekitar:

  • Kalori: 105
  • Lemak: 2.9 gram
  • Protein: 18 gram
  • Sodium: 50 mg
  • Vitamin B12: 121%
  • Selenium: 26%
  • otasium 19%
  • Kolesterol 24%
  • Omega-3: 237 mg
  • Omega-6: 337 mg

Ikan lele juga mengandung vitamin D dan kolin yang tinggi. Tak berhenti di situ, kandungan gizi ikan lele untuk ibu hamil lainnya, seperti vitamin E, A, C, dan K.

Artikel Lainnya: Mau Tingkatkan Kesuburan, Cobalah Makan Ikan

2 dari 4 halaman

Manfaat Ikan Lele bagi Ibu Hamil

Karena mengandung banyak nutrisi itulah, lele masuk dalam daftar ikan yang baik untuk ibu hamil. Dijelaskan oleh dr. Devia, berikut beberapa manfaat ikan lele untuk ibu hamil:

1. Membantu Perkembangan Otak Janin

Asam omega-3 yang terdapat di dalam ikan lele bisa bermanfaat untuk membantu meningkatkan perkembangan otak janin.

Selain untuk perkembangan janin, asam omega-3 juga berfungsi meningkatkan fungsi jantung, mata, dan sistem kekebalan tubuh bayi di kandungan.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ikan lele juga mengandung mineral yang tinggi seperti fosfor. Kandungan tersebut efektif dalam meningkatkan kesehatan tulang janin maupun ibu hamil.

“Ibu hamil perlu mendapatkan nutrisi tambahan, seperti fosfor dan kalsium agar kesehatan tulang terjaga dan terhindar risiko osteoporosis di kemudian hari,” tutur dr. Devia.

3. Rendah Merkuri

Merkuri adalah kandungan dari jenis logam berat hasil buangan limbah pabrik yang bisa menempel pada jaringan otot ikan.

Ibu hamil yang makan ikan dengan kandungan merkuri bisa berdampak buruk bagi kesehatan bayi.

Kabar baiknya, ikan lele minim kandungan merkuri sehingga aman bagi ibu hamil dengan porsi yang tepat.

4. Sumber Protein Lengkap

Manfaat ikan lele yang terakhir adalah sebagai pemenuh asupan protein yang lengkap.

Protein dalam ikan lele berfungsi untuk membangun massa otot dengan baik. Nutrisi ini juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Artikel Lainnya: Viral Bintik Putih di Daging Ikan Lele, Bolehkah Dimakan?

3 dari 4 halaman

Hal yang Diperhatikan Sebelum Makan Ikan Lele

Meski baik untuk kesehatan ibu hamil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum bumil mengonsumsi ikan lele, yaitu:

  • Hindari makan ikan lele yang digoreng dalam minyak bekas atau sudah dipakai berkali-kali. Minyak jenuh bisa menurunkan nutrisi dan manfaat ikan lele.
  • Tetap batasi asupan lele untuk mencegah risiko terpapar merkuri. Untuk ikan lele (low mercury), ibu hamil bisa konsumsi 2-3 porsi seminggu (sekitar 340 gram).
  • Sebisa mungkin, goreng sendiri ikan lele di rumah dengan minyak baru.
  • Jangan hanya berfokus pada ikan lele. Variasikan menu harian Anda dengan daging, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan jenis ikan lainnya seperti salmon.

Itulah beberapa fakta manfaat ikan lele untuk ibu hamil. Jadi, jangan lagi “termakan” dengan mitos-mitos ikan lele di luar sana. Selamat makan lele, Bun!

Manfaatkan Kalender Kehamilan Klikdokter untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan janin.

(HNS/AYU)

1 Komentar