Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Anak Picky Eater Bisa Kekurangan Vitamin D, Ini Solusinya

Anak Picky Eater Bisa Kekurangan Vitamin D, Ini Solusinya

Anak yang picky eater bisa kekurangan vitamin D bila asupannya tidak diperhatikan. Bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitaminnya?

Tahukah Anda? Menurut survei di Indonesia, 43 persen anak di kota dan 44 persen anak di desa mengalami kekurangan vitamin D.

Vitamin yang larut dalam lemak ini dibuat oleh tubuh saat sinar matahari mengenai kulit. Peran vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan meningkatkan penyerapan kalsium.

Berbicara soal pemenuhan vitamin, hal ini menjadi sulit bagi anak picky eater yang sering pilih-pilih makanan.

Tentunya, ia jadi berisiko mengalami kekurangan vitamin, salah satunya vitamin D. Bagaimana memenuhi kebutuhan vitamin D untuk anak picky eater?

Artikel Lainnya: Anak Picky Eater Cenderung Kekurangan Nutrisi, Benarkah?

1 dari 3 halaman

Anak Picky Eater Berisiko Kekurangan Vitamin D?

Salah satu sumber vitamin D adalah makanan. Ikan salmon, ikan tuna, udang, dan jamur merupakan beberapa contoh makanan kaya vitamin D.

Berdasarkan penelitian, ternyata anak Indonesia hanya mendapatkan sedikit vitamin D dari makanannya. Bagi anak picky eater, tentunya hal ini membuatnya semakin berisiko mengalami kekurangan vitamin D.

Dampak kekurangan vitamin D pada anak dapat menyebabkan gangguan perkembangan tulang dan meningkatkan risiko patah tulang.

Selain fungsinya untuk kesehatan tulang, vitamin D memiliki banyak fungsi lain, termasuk perkembangan otot dan fungsi kekebalan tubuh.

Selain faktor makanan, berbagai faktor risiko lain yang juga menyebabkan kekurangan vitamin D adalah kurang terpapar sinar matahari dan konsumsi ASI dalam waktu yang lama tanpa asupan suplemen vitamin D.

Anak memiliki kebutuhan vitamin D yang berbeda tergantung usianya. Kebutuhan vitamin D untuk bayi 0-12 bulan sebanyak 400 IU per hari. Sedangkan, kebutuhan vitamin D untuk anak >12 bulan sebanyak 600 IU per hari.

Artikel Lainnya: Anak Picky Eater Rentan Alami Gangguan Mental

2 dari 3 halaman

Solusi untuk Penuhi Kebutuhan Vitamin D Anak Picky Eater

Bila anak sulit makan, terdapat beberapa cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin D-nya:

  • Tingkatkan konsumsi makanan kaya vitamin D. Contohnya, ikan salmon, tuna, mackerel, keju, minyak ikan, jamur shiitake, dan sereal.
  • Doronglah anak beraktivitas di luar rumah. Berjemur adalah salah satu cara untuk mendapatkan sinar matahari. Lakukanlah antara jam 9-10 pagi.
  • Berikan suplemen vitamin D. Prove D3 Drops adalah salah satu alternatif sumber vitamin D yang dapat diteteskan ke makanan anak Anda yang picky eater, sehingga ia tidak menolak dan tercukupi kebutuhan vitamin D-nya.

Tiap tetes Prove D3 Drops mengandung vitamin D3 400 IU yang cocok untuk memenuhi kebutuhan vitamin D anak. Suplemen ini tidak mengandung alkohol, pewarna, dan pemanis buatan, sehingga aman untuk anak.

Dosis yang dianjurkan sebanyak 1 tetes, 1 kali dalam sehari untuk anak berusia di atas 1 tahun. Disarankan pula untuk berkonsultasi dengan dokter terkait konsumsinya.

Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi terhadap masalah kekurangan vitamin D pada anak yang picky eater! Bila ingin konsultasi ke dokter seputar asupan vitamin anak, pakai LiveChat dari Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar