Sukses

Cara Move on dari Pasangan yang Berubah Jadi LGBT

Hancurnya hubungan karena perubahan orientasi seksual mantan pasangan memang menjadi luka tersendiri. Untuk tahu cara move-on-nya, coba simak di sini.

Bagaimana rasanya jika hubungan hancur karena perubahan orientasi seksual? Pernahkah Anda membayangkan betapa rumitnya cara move on yang harus dilakukan?

Hal demikian pernah dialami oleh ibunda dari supermodel terkenal, Kendall Jenner. Meski sudah puluhan tahun menikah, akhirnya Bruce Jenner atau yang kini sudah berubah menjadi Caitlyn Jenner, harus bercerai dari mantan istrinya, Kris Jenner.

Bahkan, dalam acara Keeping Up With The Kardashians, Kris masih menangisi pakaian-pakaian lama dari mantan suaminya yang kini sudah menjadi wanita.

Masalah serupa juga ditampilkan dalam film The Danish Girl dan Bohemian Rhapsody. Ketika salah satunya berubah jadi LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender), pasti muncul rasa kecewa serta bingung yang luar biasa.

1 dari 3 halaman

Mantan Jadi LGBT, Kenapa Kita Tetap Susah Move On?

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, ada alasan kenapa Anda lebih susah untuk melupakan, mantan pasangan yang kini berubah menjadi gay atau lesbian, baik lukanya maupun kenangannya.

Ikhsan juga menjelaskan, ketika mengetahui pasangan Anda ternyata homoseksual, tentu ada perasaan seperti dibohongi. Hal itu tidak dimungkiri dapat terjadi.

“Karena selama ini, mencintai sosok yang dipikir memang tertarik secara keseluruhan dengan diri Anda. Adanya larangan dari faktor agama dan budaya, sementara pasangan Anda sendiri yang mengalaminya, itu pasti bikin jadi serba salah,” jelas Ikhsan.

Mau marah dengan mantan pasangan juga terasa percuma. Pasalnya, masalah perubahan orientasi seksual itu di luar kendali Anda berdua.

Justru hal yang seperti inilah yang pada akhirnya bikin Anda semakin sedih. Ya, Anda tidak bisa menyalahkan siapa-siapa.

Apalagi jika ia sudah menutupinya selama bertahun-tahun, tetapi masih berusaha membahagiakan Anda dan keluarga.

Kasus seperti ini, biasanya masih bisa membuat Anda dan mantan pasangan berteman dekat. Meski tahu dia sudah berubah, kenangan semasa bersama dan ketika semuanya masih saja terlintas.

Artikel Lainnya: Inilah Penyebab Seseorang Menjadi LGBT

2 dari 3 halaman

Yuk, Coba Cara Move On dari Psikolog

Bukan hanya sedih, Ikhsan mengatakan, saat mengetahui pasangan berubah menjadi LGBT, kemungkinan besar Anda akan mengalami trauma.

“Umumnya, ada rasa kecewa dan takut berlebih ketika ingin menjalin hubungan lagi dengan lawan jenis,” ucapnya.

Hidup dalam trauma pasti menyiksa. Anda akan terkubur dalam rasa takut, meski sebenarnya masih banyak hal yang bisa dicoba atau dijalani. Nah, adapun cara move on dari pasangan yang kini sudah berubah menjadi LGBT, yaitu:

  • Berdamai dengan Keadaan

“Terima kenyataan bahwa orang yang kita cintai memang telah memiliki orientasi seksual yang berbeda. Itu sudah di luar kendali kita dan sudah menjadi pilihannya. Berhenti untuk menyalahkan diri sendiri, apalagi sampai merasa bahwa dia berubah demikian karena diri Anda,” saran Ikhsan.

  • Terima Perasaan Sedih yang Dialami

Ini yang kadang suka dilupakan. Menerima perasaan sedih juga termasuk cara move on dari pasangan.

“Terima perasaan negatif yang dialami. Kecewa, ya, kecewa, marah, ya, marah, jangan dipendam dan jangan pura-pura baik-baik saja. Biarkan emosi negatif itu habis tersalurkan,” tambahnya.

Artikel Lainnya: Bisakah LGBT Disembuhkan?

  • Sabar, Semua Butuh Waktu

Melupakan sesuatu hal atau seseorang tidak ada yang instan. Semuanya butuh waktu dan tiap orang punya batasannya masing-masing.

Waktu merupakan obat penyembuh yang paling efektif, jadi bersabarlah. Tetap jalani hidup seperti biasa dan kelilingi diri dengan orang yang benar-benar peduli dengan Anda. Misalnya, anak, saudara, orang tua, dan sahabat.

  • Jika Belum Siap, Tak Perlu Langsung Punya Pasangan Baru

Hindari mencari pelampiasan kepada orang lain. Apabila belum siap, biarkan dulu proses pulihnya berjalan.

Membawa orang baru ke dalam hidup Anda, padahal diri sendiri belum “sembuh”, justru bikin hubungan yang terjalin terasa semu.

Selain itu, bisa juga muncul momen membanding-bandingkan dan justru menyinggung pasangan baru. “Hanya jalin hubungan baru apabila Anda sudah benar-benar siap,” pesan Ikhsan.

  • Lakukan Konseling

Saat seseorang sedang berada di titik terendah hidupnya, dia pasti sangat butuh teman cerita.

Dengan melakukan konseling bersama psikolog, beban berat akan berkurang dan psikolog bisa membantu orang tersebut untuk pulih dari trauma.

Itu dia cara move on dari pasangan yang sudah berubah menjadi LGBT. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Apabila masih ada pertanyaan terkait kesehatan mental, langsung saja konsultasikan hal tersebut lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar