Sukses

Kebiasaan yang Dapat Menurunkan Produksi Kolagen

Kolagen adalah salah satu zat paling penting untuk tubuh, terutama kulit. Hindari kebiasaan buruk ini agar produksi kolagen tubuh tidak menurun.

Kolagen adalah salah satu zat yang penting untuk tubuh manusia. Sebab, kolagen berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit. 

Sayangnya, ada saja kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kita sadari membuat produksi kolagen di dalam tubuh jadi berkurang. Akibatnya, kondisi kesehatan kulit jadi menurun.

Lantas, kebiasaan buruk apa yang bisa menurunkan produksi kolagen? Untuk tahu penyebab dan bagaimana cara mengatasinya, simak ulasan di bawah ini. 

1 dari 4 halaman

Mengenal Pentingnya Kolagen Bagi Kesehatan

Menurut penjelasan dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, kolagen adalah protein asam amino yang ada di tubuh manusia. Kolagen bekerja dengan keratin untuk membentuk kulit yang lebih sehat, bersih, halus, dan juga cantik. 

Kolagen juga punya fungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit. Salah satunya, membuat kulit jadi tidak mudah kendur atau keriput. 

“Kolagen itu sebenarnya seperti penyokong struktur dari kulit. Misalnya tulang, tendon, tulang rawan, gigi, dan sebagainya. Bisa juga untuk manfaat lain seperti ada di struktur otot, kemudian kolagen di ginjal juga ada. Dan ini berfungsi sebagai lapisan kulit penyusun ginjal untuk penyaring racun,” ujar dr. Iqbal.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Kesehatan Kulit

2 dari 4 halaman

Kebiasaan yang Membuat Produksi Kolagen Menurun

Karena punya manfaat penting, jumlah kolagen dalam tubuh perlu dipertahankan. Meski begitu, ada saja kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat produksi kolagen dalam tubuh jadi menurun.

Dijelaskan oleh dr. Iqbal, berikut beberapa kegiatan yang bisa menurunkan produksi kolagen dalam tubuh:

  1. Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari 

Selain buat kulit jadi kering dan kusam, terlalu sering terpapar sinar matahari dapat membuat produksi kolagen menurun. Pasalnya, paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari terus ‘membuang’ produksi kolagen dari dalam kulit. 

Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa menggunakan sunblock dan sunscreen ketika hendak pergi keluar rumah. Anda juga bisa menggunakan baju berlengan panjang untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

  1. Minum Alkohol 

Menurut dr. Iqbal, kolagen dalam tubuh bekerjasama dengan antioksidan. Keduanya membantu mencerahkan kulit yang kusam dan memulihkan kulit yang rusak. 

“Tapi, jika Anda terlalu sering atau sudah kecanduan minum alkohol, kandungan alkohol yang bersifat oksidasi stres ini akan berlawanan dengan fungsi dari antioksidan itu sendiri. Pada akhirnya, mereka tidak bisa bekerja sama dan buat kulit jadi lebih kusam, kasar, rusak, dan sebagainya,” ujar dr. Iqbal. 

Artikel Lainnya: Butuh Kolagen untuk Mempercantik Kulit Wajah? Coba 5 Buah Ini!

  1. Merokok 

Tidak hanya disebabkan dari kondisi di dalam tubuh, produksi kolagen juga bisa menurun akibat faktor luar. Misalnya saja, gara-gara merokok dan terkena asapnya. 

Asap rokok  yang menempel dan terkena wajah dapat membuat kulit jadi terlihat lebih kusam serta kasar. Selain itu, kandungan nikotin dari rokok diyakini menurunkan kadar kolagen dalam tubuh. Untuk itu, segera stop kebiasaan buruk yang satu ini. 

  1. Terlalu Banyak Makan Junk Food 

Dokter Iqbal mewanti-wanti agar kita tidak mengonsumsi junk food terlalu sering. Sebab, kandungan di dalam junk food bisa memengaruhi kandungan kolagen di dalam tubuh manusia. 

“Makanan, seperti produk olahan, gula, serta karbohidrat sederhana telah terbukti mengganggu kemampuan kolagen untuk memperbaiki sel kulit. Jadi, strukturnya ini akan terganggu karena ada gula dan karbohidrat yang menumpuk,” jelas dr. Iqbal.

Artikel Lainnya: 7 Manfaat Utama Konsumsi Suplemen Kolagen

3 dari 4 halaman

Tips Meningkatkan Produksi Kolagen

Agar produksi kolagen dalam tubuh terus meningkat, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produksi kolagen. Melansir Healthline, berikut caranya: 

  • Minum Suplemen Kolagen 

Sekarang ini, suplemen kolagen sudah dijual dan didapatkan dengan mudah. Biasanya, kolagen tersedia dalam berbentuk suplemen yang diminum atau suplemen suntik. 

Keduanya sama-sama baik untuk meningkatkan asupan kolagen dalam tubuh. Akan tetapi, beberapa ahli mengatakan suplemen suntik lebih efektif meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dibanding dengan yang diminum.

  • Makan Buah yang Mengandung Vitamin C 

Vitamin C merupakan komponen utama untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C, lho.

Anda bisa makan buah jeruk, buah beri, dan buah jambu. Buah-buahan tersebut tinggi kandungan vitamin C dan baik untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. 

  • Penuhi Asupan Antioksidan 

Seperti yang telah dijelaskan oleh dr. Iqbal, antioksidan bekerjasama dengan kolagen untuk memaksimalkan fungsi kerjanya. Untuk itu, Anda diminta memenuhi asupan antioksidan dengan cara makan sayur, buah, atau mengoleskan aloe vera di lapisan kulit teratas. 

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan agar produksi kolagen dalam tubuh tetap meningkat. Jangan lupa juga untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan yang telah disebutkan di atas. 

Apabila masih ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, jangan ragu hubungi dokter. Untuk konsultasi lebih mudahnya, konsultasi via Live Chat di aplikasi Klikdokter!

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar