Sukses

Kenali Coated Tongue, Penyebab Bau Mulut

Kebersihan lidah yang tidak terjaga dapat menyebabkan coated tongue. Hal ini bisa memicu bau tak sedap dari mulut, cari tahu di sini!

Dalam menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut, tidak hanya gigi saja yang perlu kita perhatikan. Namun, lidah juga harus dirawat dan diperhatikan. 

Bagian tersebut merupakan satu-satunya indra pengecapan yang dimiliki manusia, sehingga harus dijaga kesehatannya.

Sama seperti gigi, lidah berfungsi untuk berbicara dan mengunyah. Namun, ada fungsi lain yang tidak dimiliki gigi yaitu perannya dalam proses menelan.

Kebersihan lidah mampu menggambarkan kondisi rongga mulut kita. Lidah yang kurang bersih akan memberikan dampak buruk bagi rongga mulut, salah satunya bau mulut. 

1 dari 3 halaman

Coated Tongue Pemicu Bau Mulut

Bau mulut bisa terjadi salah satunya karena lidah yang tidak bersih. Hal ini biasa disebut coated tongue. Apa artinya? 

Coated tongue adalah kondisi lidah yang tertutup lapisan berwarna putih kekuningan sesuai makanan dan minuman yang dikonsumsi. Lapisan tersebut terdiri dari akumulasi bakteri, sisa makanan, dan terlepasnya sel epitel.

Ini merupakan lesi dalam rongga mulut yang paling banyak ditemui. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain merokok dan diet makanan lunak. 

Panas yang dihasilkan rokok dapat merusak sel papila dalam lidah dan akan menimbulkan efek inflamasi pada lidah. 

Artikel Lainnya: Kelainan Lidah yang Perlu Anda Waspadai

Akhirnya, kondisi papila lidah akan terlihat lebih memanjang dan dapat menimbulkan gambaran coated tongue

Lalu, diet makanan lunak juga menjadi penyebab karena makanan ini tidak mampu menghilangkan sisa makanan yang menempel pada lidah. 

Akibatnya, akumulasi sisa makanan akan semakin banyak dan akan terlihat berwarna putih kekuningan atau sesuai dengan makanan yang dikonsumsi.

2 dari 3 halaman

Cara Membersihkan Lidah untuk Atasi Bau Mulut

Jika memiliki kondisi seperti ini, maka hal yang harus dilakukan yaitu menjaga kebersihan rongga mulut. Selain itu, perlu menghindari faktor yang memperparah kondisi bau mulut. 

Membersihkan rongga mulut tidak hanya dengan menyikat gigi, tetapi lidah juga perlu dibersihkan. Cara membersihkan lidah dapat menggunakan tongue cleaner, sikat gigi, dan obat kumur.

  1. Tongue Cleaner

Gunakan tongue cleaner dari pangkal lidah menuju ujung lidah. Berikan sedikit tekanan ketika menggerakkan alat tersebut. 

Gerakan yang dilakukan hanya satu arah, jangan gunakan dengan arah sebaliknya. Setelah lidah dibersihkan, berkumur untuk memaksimalkan pembersihan lidah.

Artikel Lainnya: Penyebab Bau Mulut yang Bukan Berasal dari Dalam Mulut

  1. Sikat Gigi

Untuk membersihkan lidah dengan sikat gigi, pastikan sikat memiliki ujung yang halus. 

Cara membersihkan lidah dengan sikat gigi tidak berbeda dengan menggunakan tongue cleaner. Gerakkan sikat gigi dari pangkal lidah menuju ke ujung lidah, dilakukan searah. 

Namun, bila menggunakan sikat gigi, jangan berikan tekanan yang berlebih saat membersihkan. Karena, tekanan yang berlebihan justru akan melukai lidah.

  1. Obat Kumur

Pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Berkumurlah dengan memberikan campuran air pada obat kumur.

Itulah penjelasan tentang coated tongue yang dapat menyebabkan bau mulut. Bila ingin konsultasi lebih mudah seputar kesehatan gigi dan mulut, chat dokter gigi pakai LiveChat dari Klikdokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar