Sukses

Bangun Tidur Suara jadi Seksi, Ini Fakta Medisnya!

Ketagihan dengar suara bangun tidurnya pasangan karena lebih seksi dari suara aslinya? Ternyata, ada penjelasan medis dan psikologis, lho. Simak di bawah ini.

Sebagian orang umumnya suka mendengar suara bangun tidur dari lawan jenisnya. Menurut mereka, suara seseorang saat bangun tidur terdengar lebih seksi (berat dan serak) dari suara asli.

Terlebih, jika orang tersebut benar-benar baru bangun dan didengar via telepon! Kendati begitu, pernahkah Anda kepo bagaimana bisa suara jadi terdengar berbeda ketika seseorang baru bangun tidur?

1 dari 4 halaman

Penyebab Perbedaan Suara Bangun Tidur dengan Suara Asli

Dilansir Women’s Health, Michael Pitman, MD, Direktur bagian Laringologi di The New York Eye and Ear Infirmary of Mount Sinai, Amerika Serikat, mengatakan berubahnya suara seseorang saat bangun tidur bisa dijelaskan secara medis.

Ketika Anda tidur, seluruh tubuh terdiam dan tidak bergerak selama berjam-jam. Lantaran ada kata “seluruh”, maka hal tersebut berlaku juga untuk pita suara.

Saat tak digunakan dalam waktu hitungan jam, pita suara butuh ‘pemanasan’ terlebih dulu sebelum dipakai berbicara. Tujuannya, agar bisa menghasilkan suara yang semestinya.

Karena itulah, di awal bangun tidur suara seseorang menjadi lebih berat dan sedikit serak. Anda bisa mendengar suara seksi tersebut lewat panggilan telepon, terutama saat ia hanya menjawab dengan kata “halo” dan “iya iya” saja.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh dr. Dyah Novita Anggraini. Dokter yang kerap disapa dr. Vita ini mengatakan, “Pita suara memang akan jadi kaku karena diam selama beberapa jam saat kita tidur. Jadi, pengaruh suara yang keluar bisa berbeda atau lebih serak dan berat dari biasanya.”

Artikel Lainnya: Sulit Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?

Menurutnya, pita suara memang butuh pemanasan, sehingga aliran darah dapat mengalir ke area pita suara.

Kondisi ini mirip dengan penyanyi yang butuh pemanasan dan latihan berkali-kali untuk mendapatkan suara yang sempurna di panggung.

“Selain karena pita suara yang masih kaku di pagi hari, kondisi asam lambung yang naik ke esofagus (saluran yang membawa makanan dari mulut ke lambung) juga berpengaruh,” ucap dr. Vita.

Ketika Anda berbaring, apalagi dengan bantal yang tipis, asam lambung berisiko naik ke kerongkongan. Akibat asam yang naik dan keluar dari lambung, zat tersebut membuat pita suara meradang serta menebal.

Kondisi ini mirip dengan senar gitar! Semakin tebal senar, maka semakin rendah nada yang dihasilkan.

Artikel Lainnya: Penyebab Telinga Sakit saat Bangun Tidur

2 dari 4 halaman

Ada Pengaruh Sugesti dari Orang yang Mendengarnya

Citra “suara seksi” saat bangun tidur bukan cuma didukung oleh kondisi tubuh, melainkan juga faktor sugesti.

Ikhsan Bella Persada, M.Psi.,Psikolog mengatakan, “Sebenarnya, tidak semua orang menganggap suara serak setelah bangun tidur itu adalah suara yang menggairahkan. Jadi, ini lebih ke sugesti saja,” jelasnya.

“Memang, ketika kita bangun tidur, suara jadi lebih berat atau agak serak. Banyak perempuan yang menyukai kalau ada pria punya suara berat, karena kesannya sangat maskulin dan lebih menarik. Berhubung suara bangun tidur kebanyakan pria seperti itu, jadilah kesannya suara tersebut menarik dan lebih seksi,” Psikolog Ikhsan melengkapi.

Dilansir jurnal PLOS ONE, University College London di Inggris pun pernah melakukan penelitian soal preferensi suara.

Penelitian dengan judul Human Vocal Attractiveness as Signaled by Body Size Projection itu melaporkan kebanyakan wanita lebih suka dengan pria bersuara berat karena mencerminkan bentuk tubuh yang proporsional.

Sedangkan pria, mereka justru punya kecenderungan untuk lebih menyukai suara wanita yang agak tinggi.

Sebab, wanita dengan suara tersebut dianggap punya citra tubuh yang lebih mungil (tidak lebih besar dari mereka).

Artikel Lainnya: 5 Penyebab Muka Bengkak saat Bangun Tidur

3 dari 4 halaman

Suara Berat dan Serak di Pagi Hari Tak Hilang-Hilang, Seksi atau Bahaya?

Meskipun suara bangun tidur dianggap seksi, tetapi hati-hati jika suara serak seperti itu berlangsung lebih lama dari biasanya.

Pasalnya, itu menandakan bahwa pita suara Anda sedang tidak sehat. Penyebabnya bisa jadi akibat kebiasaan merokok.

Jika tidak merokok, masalah pita suara juga bisa disebabkan oleh faktor lain. Maka dari itu, apabila suara Anda berbeda selama seminggu lebih dan mulai susah untuk berbicara, lebih baik segera periksakan diri ke dokter telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Sambil menunggu jadwal periksa ke dokter, cobalah untuk lebih banyak minum air putih, pasang humidifier agar tenggorokan lebih lembap, dan hindari terlalu sering berdeham.

Itu dia penjelasan tentang penyebab perbedaan suara bangun tidur yang dianggap lebih seksi daripada suara asli.

Masih ada pertanyaan seputar masalah pita suara dan tenggorokan? Langsung saja konsultasikan hal tersebut kepada dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar