Sukses

Gum Boil, Ketika Gusi Bengkak dan Bernanah

Pernahkah Anda mengalami gusi bengkak dan bernanah? Waspada, bisa jadi itu adalah tanda dari gum boil. Kenali dan atasi sebelum muncul komplikasi!

Pernahkah Anda melihat atau mengalami kondisi gusi bengkak bahkan hingga keluar nanah? Kondisi ini dikenal medis dengan sebutan gum boil atau parulis.

Gum boil adalah penyaluran nanah dari infeksi atau peradangan yang terjadi pada gigi. Keadaan ini biasanya terjadi pada gigi yang sudah berlubang atau sisa akar gigi.

Dalam beberapa kasus, gum boil bisa sampai pecah hingga keluar nanah dan terkadang menyebabkan keluhan sakit.

1 dari 3 halaman

Penyebab Gum Boil

Gum boil terjadi diawali dari gigi berlubang. Lubang yang melibatkan saluran akar akan memberikan jalan masuk bagi bakteri untuk berakumulasi di ujung akar gigi.

Akumulasi dari bakteri tersebut akan mengakibatkan timbulnya peradangan atau abses pada ujung akar.

Abses yang dibiarkan tanpa pengobatan bisa membesar, dan lama-kelamaan akan mencari jalan keluar sehingga membuat saluran menuju arah gusi.

Setelah abses mencapai gusi, yang akan terjadi adalah peradangan baru di gusi. Keadaan ini dapat menyebabkan munculnya pembengkakan yang berisikan nanah akibat infeksi bakteri dari saluran akar.

Artikel Lainnya: Bisul di Gusi, Gejala Penyakit Apa?

2 dari 3 halaman

Tips Mengatasi Gum Boil

Pasien gum boil disarankan untuk segera berobat ke dokter gigi guna mendapat penanganan lebih lanjut.

Jenis perawatan yang akan diberikan dokter gigi dapat berupa drainase atau dibuatkan jalan keluar agar nanah yang ada di dalam abses bisa keluar.

Setelah dipastikan nanah sudah bersih, perawatan akan dilanjutkan dengan pemberian obat antibiotik dan antiradang untuk meredakan serta menghilangkan peradangan.

Perawatan berikutnya tergantung dari kasus yang dialami pasien. Jika kondisinya masih memungkinkan, pasien akan mendapat perawatan saluran akar.

Apabila tidak, pencabutan gigi perlu dilakukan untuk menghilangkan sisa akar guna menghindari masalah lebih lanjut.

Punya pertanyaan mengenai gusi bengkak dan bernanah? Ingin tahu lebih lanjut gangguan gigi lainnya?

Konsultasikan lebih lanjut pada dokter melalui LiveChat 24 jam. Jangan lupa juga mengunduh aplikasi Klikdokter agar Anda tidak ketinggalan berita kesehatan lainnya.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar