Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Perlu Tahu, Fasilitas Kantor Ini Bisa Jadi Media Penularan Virus Corona

Perlu Tahu, Fasilitas Kantor Ini Bisa Jadi Media Penularan Virus Corona

Banyak fasilitas atau benda-benda di kantor yang tidak kita sadari berbahaya untuk penyebaran virus corona. Mari ketahui apa saja itu?

Jangan kira barang-barang yang ada di kantor sudah pasti bersih, ya. Meski petugas kebersihan sudah mengelap dan membersihkan kantor setiap hari, masih ada beberapa fasilitas dan peralatan kantor yang bisa menjadi media penular COVID-19!

Kalau Anda tidak rajin cuci tangan dan menjaga kebersihan diri, penularan virus corona di kantor kemungkinan besar dapat terjadi. 

Untuk itu, ketahui barang apa saja yang berisiko menularkan virus corona lewat pembahasan di bawah ini. 

1 dari 3 halaman

Fasilitas Kantor yang Bisa Jadi Media Penularan COVID-19

Beberapa waktu lalu, segelintir kantor di Jakarta ditetapkan sebagai klaster penyebaran virus corona. 

Penularan bukan hanya dari paparan droplet, penggunaan barang atau fasilitas bersama juga mengakibatkan penularan virus corona mudah terjadi.

Dokter Devia Irine Putri juga menyatakan hal serupa. Menurutnya, beberapa benda yang digunakan bersama bisa menularkan COVID-19, terutama jika kita tidak waspada dengan kebersihan diri sendiri. 

Benda yang berisiko menjadi media penularan virus corona antara lain sebagai berikut:

1. Gagang Pintu

Saat keluar atau masuk ke ruangan, mau tidak mau kita memang harus memegang gagang pintu. Nah, gagang pintu ini umumnya disentuh oleh banyak orang. 

Apabila kita tidak sering mencuci tangan setelah memegang barang tersebut, bukan tak mungkin virus dan kuman yang menempel di gagang pintu bisa berpindah dan masuk ke tubuh Anda!

2. Toilet 

Toilet di kantor adalah fasilitas yang digunakan oleh semua karyawan. Mulai dari pintu, kloset, bahkan sampai wastafel toilet, bakal disentuh oleh banyak orang. Alhasil, berbagai bakteri dan kuman bisa menempel di benda-benda tersebut.

Jika tidak mencuci tangan sampai bersih atau Anda masih suka memegang wajah secara sengaja, virus corona kemungkinan bisa berpindah ke tangan dan menginfeksi Anda. 

Artikel Lainnya: Bekerja saat Pandemi Virus Corona, Ini Panduan New Normal Kemenkes RI

3. Tombol Lift

Sangat disarankan untuk menekan tombol lift menggunakan benda seperti tusuk gigi atau bahkan siku tangan. 

Menyentuh tombol lift dengan jari dapat menyebabkan kuman dan bakteri dari benda tersebut berpindah ke tangan Anda. 

4. Dispenser Air Minum

Dispenser air minum atau kulkas yang ada di pantry dapat menjadi media penularan virus corona!

Bahkan, menurut American Society for Microbiology, ruang untuk karyawan beristirahat sambil ngopi adalah tempat paling berisiko menularkan COVID-19.  

Oleh karena itu, untuk menekan tombol dispenser, microwave, dan juga mesin kopi, gunakan tusuk gigi atau lapisi tangan dengan Anda tisu. Setelah itu, cuci tangan Anda dengan sabun dan air bersih. 

5. Mesin Absensi Fingerprint

Pada era digital seperti sekarang, kehadiran karyawan umumnya dicatat lewat mesin absensi fingerprint. 

Nah, hal ini juga harus diwaspadai, ya. Sebab, mesin fingerprint di kantor akan digunakan banyak orang dan kegiatan ini berisiko memindahkan virus serta bakteri ke tangan Anda. 

Guna mencegah penularan virus corona, segera cuci tangan sehabis absen. Perusahaan juga bisa menggunakan aplikasi di handphone untuk absensi. 

Cara ini dapat meminimalkan penularan virus corona akibat penggunaan benda bersama di kantor. 

Artikel Lainnya: Tips Melindungi Diri Tertular Virus Corona saat di Kantor

6. Ruangan Tertutup Tanpa Ventilasi

Menurut dr. Devia, kantor dengan ruangan tertutup dan tidak memiliki ventilasi berisiko menjadi tempat penularan COVID-19. Bisa dipahami, beberapa kantor menggunakan air conditioning (AC) agar para karyawannya nyaman bekerja. 

Namun, pemakaian AC dapat membuat droplet virus corona bertahan lama di dalam ruangan. 

Oleh karena itu, di kondisi pandemi seperti sekarang, pertukaran udara dari ventilasi ruangan sangat penting sifatnya.

Usahakan untuk membuat jendela kantor terbuka sepanjang jam kerja agar risiko penularan virus corona bisa diminimalkan. 

2 dari 3 halaman

Bagaimana Melindungi Diri di Kantor?

Dokter Devia Irine menyarankan kita untuk melindungi diri secara maksimal. Pastikan Anda membawa hand sanitizer untuk memperkecil risiko penularan.

"Sering membersihkannya (barang di kantor), kita bisa bawa alkohol spray sendiri untuk desinfektan. Cuci tangan setelah menyentuh barang-barang lain, misalnya setelah dari toilet atau setelah membersihkan meja kursi," ujarnya

"Pastikan juga ventilasi di kantor baik, buka jendela jika memungkinkan. Jaga jarak dengan yang lain dan jangan lupakan pakai masker," sambung dr. Devia. 

Kini, Anda sudah tahu, kan, barang-barang apa yang harus diwaspadai saat berada di kantor? 

Maka itu, menjaga kebersihan diri dan pakai masker adalah kunci penting agar kita terhindar dari infeksi virus corona. 

Untuk tahu informasi lain tentang virus corona dan tips sehat lainnya, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Sedangkan untuk konsultasi dengan dokter, gunakan fitur LiveChat 24 Jam. 

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar