Sukses

Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Efek Samping Foot Peel

Foot peel sedang populer belakangan ini. Masker kaki ini dipercaya mampu membuat kulit kaki lebih halus dan lembut. Benarkah klaim tersebut?

Merawat kaki mungkin belum terlalu lazim dilakukan. Produk perawatan kaki juga tak seramai skin care wajah yang marak di pasaran. Meski begitu, bukan bukan berarti produk perawatan kaki tidak ada sama sekali.

Nah, kalau ingin memulai perawatan kaki, Anda bisa coba pakai foot peel atau masker kaki. Produk tersebut dipercaya dapat melembapkan serta mengangkat sel-sel kulit mati. Yuk, kita cek fakta-fakta mengenai foot peel berikut. 

1 dari 4 halaman

Apa Itu Peel Foot?

Foot peel adalah sepasang masker berbentuk mirip kaus kaki yang berfungsi untuk mengelupas dan mengangkat kulit mati. Dengan dibuangnya sel kulit mati, kaki akan menjadi lembut dan halus. 

Pada masker kaki tersebut, diisi gel dari bahan kimia, seperti asam salisilat dan asam laktat, untuk mengelupasi sel kulit mati.

Foot peel dapat digunakan untuk membantu merangsang pertumbuhan sel baru,” kata dr. Devia Irine Putri.

“Tapi, sama halnya dengan peeling di wajah, foot peel mungkin mengandung zat kimia yang bisa memberikan efek iritasi. Jadi, kalau kulit Anda sensitif, sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter spesialis kulit,” dr. Devia menambahkan. 

Hasil yang didapat dari foot peel juga tidak instan. Seperti dilansir dari The Skincare Edit, diperlukan waktu sekitar sepekan hingga kulit mati terkelupas usai pemakaian foot peel.

Artikel lainnya: Lewat Kaki, Anda Bisa Mengetahui Masalah pada Tubuh

2 dari 4 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Pakai Peel Foot

Masker kaki pada dasarnya berfungsi sebagai eksfoliasi kaki. Kaki diharapkan menjadi lebih lembut dan halus usai pemakaian. Di samping itu, manfaat foot peel lainnya adalah: 

  • Menjaga Kesehatan Kaki

Saat kulit mati menumpuk, kapalan bisa saja terjadi. Kulit juga lebih mudah terinfeksi karena pori-pori tersumbat sel kulit mati. Foot peel dapat melindungi kaki Anda dari masalah tersebut. 

  • Membuat Kaki Cantik Kembali

Foot peel dapat membuat Anda mendapatkan kaki mulus dan halus. Bonusnya, Anda jadi makin percaya diri. 

  • Menghindari Kulit Nyeri dan Pecah-pecah

Kulit nyeri dan pecah-pecah bisa terjadi karena sel kulit mati yang menumpuk. Sebagai eksfolian, foot peel dapat mengangkat sel kulit mati dan menghindarkan Anda dari masalah kulit tersebut.

Sementara itu, dr. Devia menyebut, dalam beberapa kondisi tertentu, sebaiknya Anda tidak menggunakan foot peel. Salah satunya karena bisa membuat kulit iritasi.

“Kalau ada luka terbuka, kulit sedang meradang, atau punya riwayat alergi dengan bahan tertentu yang ada di kandungan foot peel, sebaiknya tidak dipakai,” ungkap dr. Devia.

Artikel lainnya: Kaki Gatal, Tanda 8 Masalah Kesehatan Ini

3 dari 4 halaman

Tips Memakai Produk Peeling untuk Kaki

Menurut dr. Devia, rata-rata foot peel yang dijual memiliki kandungan kimia tertentu. Dengan demikian, efeknya bisa berbeda pada masing-masing pengguna.

“Ada yang kulit kakinya jadi halus, tapi ada pula yang tidak mengalami perubahan. Tergantung masing-masing kondisi kaki dan respons kulit kakinya,” dia menyebutkan.

Dokter Devia juga memberikan tips pemakaian foot peel supaya hasilnya maksimal, yaitu:

  1. Rendam kaki dengan air hangat
  2. Cuci kaki dengan sabun, hindari menggosoknya terlalu kencang
  3. Keringkan dengan handuk
  4. Gunakan foot peel sesuai petunjuk penggunaan
  5. Setelah selesai, jaga dan pastikan kulit kaki tidak terkena cahaya matahari langsung. Karena setelah peeling biasanya kulit akan lebih sensitif
  6. Gunakan moisturizer atau pelembap pada kaki

“Apabila saat peeling terasa panas, gatal, merah pada kaki, sebaiknya segera hentikan pemakaian. Cuci dengan air mengalir. Kemungkinan ini reaksi alergi atau bisa jadi kandungan zat kimia di foot peeling terlalu tinggi dan kulit tidak bisa menerima,” saran dr. Devia. 

Anda ingin mengonsultasikan masalah kesehatan kulit langsung dengan dokter? Manfaatkan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar