Kulit

Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Efek Samping Foot Peel

Nesia Qurrota Ayuni, 18 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Foot peel dipercaya mampu membuat kulit kaki lebih halus dan lembut. Benarkah klaim tersebut? Cari tahu di sini.

Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Efek Samping Foot Peel

Saat sudah sibuk sehari-hari, biasanya bagian kaki lupa dirawat. Padahal, merawat kaki sama pentingnya dengan merawat wajah. Kaki yang tidak terawat cenderung kusam dan kasar. 

Salah satu perawatan kaki yang bisa dilakukan yaitu foot peel atau peeling kaki. Masker kaki ini cukup efektif merawat kulit kaki dan mudah dilakukan sendiri di rumah.

Apa Itu Peeling Kaki?

Foot peel adalah sepasang masker berbentuk mirip kaus kaki yang berfungsi mengelupas dan mengangkat kulit mati. Dengan dibuangnya sel kulit mati, kaki akan terasa halus.  

Masker kaki diisi gel dari bahan kimia seperti asam salisilat dan asam laktat untuk mengelupas sel kulit mati. Biasanya, setelah beberapa hari sel kulit mati akan terangkat dan kulit lebih halus. 

Beberapa kandungan yang biasanya terdapat pada masker peeling kaki antara lain alpha-hydroxy acid atau AHA sepertiasam glikolat dan asam laktat. Zat AHA adalah zat kimia bersifat asam yang dibuat dari tumbuhan atau hewan yang sering digunakan pada berbagai produk peeling. 

Manfaat AHA yang utama yaitu eksfoliasi. Selain itu, AHA juga dapat merangsang kolagenisasi, memperbaiki tekstur kulit, dan mencerahkan kulit. 

Manfaat Foot Peel

Ilustrasi Peel Foot

Masker kaki pada dasarnya berfungsi sebagai eksfoliator kulit kaki agar lebih lembut. Di samping itu, manfaat foot peel lainnya adalah: 

1. Menjaga Kesehatan Kulit Kaki

Saat kulit mati menumpuk, kapalan bisa saja terjadi. Kulit juga lebih mudah terinfeksi karena pori-pori tersumbat sel kulit mati. Foot peel dapat melindungi kaki kamu dari masalah tersebut. 

2. Mempercantik Kulit Kaki 

Foot peel dapat membuat kaki mulus dan halus. Bonusnya, kamu jadi makin percaya diri!

3. Menghindari Kulit Nyeri dan Pecah-pecah

Kulit nyeri dan pecah-pecah bisa terjadi karena sel kulit mati yang menumpuk. Sebagai exfoliantfoot peel dapat mengangkat sel kulit mati dan mencegah masalah kulit pecah-pecah.

Artikel lainnya: Cara Mudah Menghilangkan Kapalan di Kaki

Adakah Efek Samping Peeling Kaki?

Ilustrasi Menjaga Kesehatan Kaki Pakai Peel Foot

Sama halnya dengan peeling wajah, foot peel mungkin mengandung zat kimia yang bisa memberikan efek iritasi. Kalau kulit kamu sensitif, sebaiknya konsultasi dulu kepada dokter spesialis kulit sebelum memakai masker peeling kaki.

Kemudian, hindari juga menggunakan foot peel kalau ada luka terbuka dan radang di kulit, serta punya riwayat alergi bahan tertentu pada foot peel.

Beberapa kondisi yang sebaiknya menghindari peeling kaki antara lain: 

  • Eksim 
  • Psoriasis 
  • Dermatitis kontak 
  • Infeksi jamur 

Artikel lainnya: Kulit di Sela Jari Kaki Bersisik, Alergi atau Kutu Air?

Cara Memakai Masker untuk Peeling Kaki

Berikut cara pakai masker kaki yang bisa kamu ikuti:

  1. Rendam kaki dengan air hangat
  2. Cuci kaki dengan sabun, hindari menggosoknya terlalu kencang
  3. Keringkan dengan handuk
  4. Gunakan foot peel sesuai petunjuk 
  5. Setelah selesai, jaga dan pastikan kulit kaki tidak terkena cahaya matahari langsung. Karena, setelah peeling biasanya kulit lebih sensitif
  6. Gunakan moisturizer atau pelembap pada kaki

Peeling kaki aman dilakukan asalkan kamu mengikuti petunjuk penggunaan dan tidak memiliki kondisi medis seperti yang telah disebutkan di atas. Peeling kaki mungkin bisa kamu lakukan dua minggu sekali.

Dapatkan banyak tips kecantikan kulit lainnya di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa langsung tanya dokter kulit sebelum menggunakan skincare tertentu!

(FR/JKT)

Perawatan Tubuh

Konsultasi Dokter Terkait