Sukses

Apa Benar Baking Soda Bisa Atasi Bau Mulut?

Baking soda dipercaya beberapa orang untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Tapi, sebenarnya efektif atau tidak?

Baking soda adalah salah satu bahan yang wajib ada di dalam resep untuk membuat kue. Baking soda berfungsi membuat adonan jadi lebih mengembang. Tidak hanya itu, baking soda disebut-sebut punya manfaat untuk kesehatan mulut.

Beberapa orang percaya baking soda bisa mengusir bau atau aroma tak sedap di mulut. Benar tidak, sih, bahan membuat kue ini punya khasiat demikian?

1 dari 4 halaman

Kenali Penyebab Bau Mulut

Masih banyak orang yang belum tahu apa penyebab pasti bau mulut. Sebagian orang mengira bau mulut disebabkan karena perilaku malas menyikat gigi. Padahal ada banyak faktor yang memengaruhi kenapa aroma napas berbau busuk.

Berikut penyebab bau mulut seperti yang dijelaskan oleh drg. Wiena Manggala Putri:

  • Adanya penumpukkan plak dan karang gigi.
  • Ada masalah gigi atau gusi (gigi berlubang atau sisa akar).
  • Xerostomia (mulut kering).
  • Pengaruh obat-obatan (bisa memicu mulut kering jadi bau).
  • Gangguan pencernaan (asam lambung atau GERD).
  • Infeksi saluran pernapasan.
  • Kebiasaan merokok.
  • Mengonsumsi makanan tertentu.
2 dari 4 halaman

Apakah Baking Soda Ampuh untuk Atasi Bau Mulut?

Menurut drg. Wiena, baking soda punya kemampuan untuk menghilangkan bau mulut. Namun, tergantung dari penyebab yang mendasari. 

"Baking soda itu, kan, efektif dalam mengatasi plak dan stain. Jadi, kalau penyebab bau mulutnya karena hal itu, ya, bisa saja," ujar drg. Wiena.

"Tapi, kalau misalnya bau mulut disebabkan karena gangguan pencernaan, infeksi pernapasan, atau gigi berlubang, baking soda tidak bisa mengatasi. Akan muncul kembali bau mulutnya," tambahnya.

Selain itu, dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam judul The Use of Sodium Bicarbonate in Oral Hygiene Products and Practice, baking soda dipercaya dapat membunuh bakteri di mulut.

Artikel Lainnya: Memutihkan Gigi dengan Soda Kue, Aman atau Tidak?

Penelitian lain juga mengatakan pasta gigi yang mengandung konsentrasi baking soda tinggi efektif mengurangi bau mulut. Cara pakainya bagaimana? Jadikan baking soda sebagai obat kumur.

Untuk membuat obat kumur dari bahan pengembang kue ini, campur 2 sendok teh baking soda ke dalam 1 cangkir air hangat. Kumur-kumur cairan tersebut selama 30 detik, lalu buang airnya.

Kendati demikian penggunaan baking soda untuk atasi bau mulut harus berhati-hati. Sebab, jika ada luka atau peradangan di dalam mulut, baking soda menyebabkan iritasi dan masalah kesehatan lain.

Sebaiknya Anda konsultasikan hal tersebut ke dokter gigi perihal bau mulut yang tak sedap.

Artikel Lainnya: Mengatasi Sariawan dengan Baking Soda, Apakah Efektif?

3 dari 4 halaman

Cegah Bau Mulut dengan Cara Ini

Meski efektif menyelesaikan masalah bau mulut sementara, alangkah lebih baik kalau kita mencegah kondisi tersebut terjadi, kan?

Untuk mencegah napas berbau, jangan malas sikat gigi. "Nah, kalau mencegah bisa dengan sikat gigi secara rutin, membersihkan lidah, gunakan obat kumur, perbanyak minum air putih, kunyah permen karet, pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali," jelas drg. Wiena.

Selain itu, agar mulut tetap segar hindari makanan atau minuman yang dapat memicu bau mulut!

Untuk informasi lebih lanjut tentang khasiat baking soda atau masalah bau mulut, jangan ragu ajukan pertanyaan ke dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar