Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Gunakan BB Cream Ber-SPF, Perlukah Pakai Sunscreen Lagi?

Gunakan BB Cream Ber-SPF, Perlukah Pakai Sunscreen Lagi?

Kadang kita menganggap, kandungan SPF dalam BB cream sudah cukup melindungi. Perlu atau tidaknya kita pakai sunscreen lagi, cek di sini.

Fungsi tabir surya cukup krusial. Produk yang satu itu bisa melindungi kulit dari sinar UV yang merusak kulit. Tapi, sejak ada BB cream SPF, Anda kini jadi malas pakai sunscreen lagi karena merasa sudah “terwakilkan”.

Belum lagi memakai BB cream dan sunscreen sekaligus berisiko menambah sebum di wajah.

Bagi pemilik kulit berminyak, kondisi tersebut berpotensi bikin make-up berantakan plus tumbuh jerawat. Jadi, apakah hanya memakai BB cream yang mengandung SPF sudah tepat? 

1 dari 4 halaman

SPF dalam Kosmetik BB Cream

Sun Protection Factor atau SPF memiliki level-level yang berbeda, yakni 15 hingga lebih dari 100. Singkatnya, makin tinggi nilai SPF-nya, makin tinggi pula perlindungan yang diberikan. 

Selain itu, makin tinggi SPF yang terkandung dalam BB cream, makin kental pula formulanya. Alhasil, usaha ekstra perlu dilakukan oleh jari, brush, atau spons make up Anda supaya kosmetik tersebut cepat nge-blend di wajah. 

BB cream berbeda dengan foundation (alas bedak). Krim tersebut sebenarnya krim pelembap yang diberi tambahan warna dasar kulit dan lebih ringan digunakan sehari-hari.

Saat ini, orang-orang sedang menggemari produk BB cream yang mengandung SPF karena dinilai lebih praktis.

Artikel Lainnya: Antara BB Cream dan CC Cream, Mana yang Lebih Aman untuk Kulit?

2 dari 4 halaman

Jadi, Masih Perlukah Pakai Sunscreen Lagi? 

Padahal, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, Anda tetap dianjurkan pakai sunscreen sebelum mulai makeup.

“Kenapa, kok, dianjurkan untuk tetap pakai sunscreen? Karena pada dasarnya fungsi dari kosmetik yang Anda pakai itu, kan, untuk estetik, bukan skincare. Sering kali kandungan SPF-nya hanya ‘tambahan’ dan levelnya tidak adekuat,” jelasnya. 

Dokter Astrid menambahkan, SPF 30 adalah yang paling sering dianjurkan meski sebenarnya yang 15 juga sudah bagus.

“Lagi pula, sepertinya sudah jarang kosmetik yang menambahkan SPF 30 ke dalam produknya, biasanya hanya 15. Jadi lebih baik pakai sunscreen sebelum merias wajah dengan BB cream SPF,” ujar dr. Astrid.

Perlu diingat, sunscreen berbeda dengan sunblock, ya. Sunblock bekerja dengan cara membuat lapisan pelindung sehingga sinar UV tidak sampai ke kulit.

Ada pun sunscreen membentuk layar yang bisa menyerap sinar UV sebelum sinar tersebut mencapai kulit Anda. 

Terkait formulanya, sunscreen tidak setebal sunblock. Karena itulah, dr. Astrid menyarankan Anda untuk menggunakan sunscreen dipakai setiap hari sebelum berdandan.

Meski lebih ringan, sunscreen lebih lama diserap kulit. Setidaknya, tunggu 30 menit sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan.

Artikel Lainnya: Cegah Kanker Kulit dengan Sunscreen dan Sunblock

3 dari 4 halaman

Enggan Pakai Sunscreen karena Kulit Wajah Makin Berminyak ?

Dokter sudah merekomendasikan untuk tetap pakai sunscreen meski Anda punya BB cream yang mengandung SPF.

Namun,  tetap saja Anda malas memakainya karena takut kulit menjadi makin berminyak dan muncul bercak-bercak putih. 

Untuk kasus seperti itu, dr. Astrid menjawab, “Kulit greasy (berminyak) atau tidak, kembali ke jenis kulit masing-masing dan sunscreen yang dipakai.”

Sunscreen kan juga bermacam-macam. Ada yang tebal, tipis, melembapkan, dan lain sebagainya. Jadi, tinggal pilih yang sesuai jenis kulit dan kebutuhan Anda.”

“Lagi pula sekarang sudah banyak sunscreen yang formulasinya ringan dan bisa dijadikan dasar make-up agar riasan lebih smooth,” dia menambahkan.

Dengan demikian, pintar-pintar Anda saja untuk memilih produk sunscreen. Misalnya, untuk tipe oily skin, pilih yang berbahan dasar air, bukan minyak.

Untuk yang kulitnya sensitif, hindari produk yang mengandung oxybenzone, dioxybenzone, para-aminobenzoic (PABA), sulisobenzone, dan alkohol.

Jika jenis yang dipilih tepat, sebum tidak bertambah dan noda putih tidah muncul. Yang meninggalkan noda putih biasanya sunblock, bukan sunscreen.

Jadi, tetap pakai sunscreen Anda sebelum ber-make-up untuk menghindari munculnya flek hitam perusak penampilan. 

Bila masih ada pertanyaan seputar tips wajah, konsultasikan langsung kepada dokter lewat fitur LiveChat

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar