Sukses

Khasiat Masker Seledri untuk Kecantikan

Seledri punya nutrisi yang diyakini bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Apa saja manfaat tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Sayuran seledri atau Apium graveolens sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan karena menghasilkan aroma yang sedap. Seledri juga diketahui menyimpan berbagai manfaat lainnya.

Misalnya, seledri dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan bisa dijadikan bahan alami untuk mengusir nyamuk demam berdarah.

Di samping itu, beberapa orang meyakini seledri dapat menjadi bahan alami untuk merawat kecantikan kulit. Salah satunya adalah dengan menjadikannya masker untuk kulit wajah.

1 dari 4 halaman

Kandungan Gizi Seledri

Dilansir Healthline, seledri adalah sayuran yang mengandung sumber antioksidan penting. Seledri juga mengandung fitonutrien yang memiliki sifat anti-inflamasi. Beberapa zat tersebut diyakini dapat membantu menghaluskan kulit dan mengurangi peradangan.

Jenis antioksidan yang terkandung di dalam seledri antara lain, seperti vitamin C, beta karoten, dan flavonoid. Antioksidan juga dikenal bermanfaat untuk melindungi sel, pembuluh darah, dan organ tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tidak sampai di situ, seledri juga mengandung vitamin A, vitamin K, serta beberapa mineral, seperti kalium dan asam folat. Dengan segudang manfaat yang terkandung di dalam seledri, maka wajar bila banyak orang gemar mengonsumsi seledri.

Artikel Lainnya: Benarkah Minum Jus Seledri Ampuh Mengatasi Sel Kanker?

2 dari 4 halaman

Apakah Seledri Tergolong Aman Jika Diolah Menjadi Masker Wajah?

Menurut dr. Devia Irine Putri, seledri mengandung beberapa manfaat untuk kulit. Ia juga mengatakan bahwa seledri aman digunakan sebagai masker untuk kecantikan.

“Biasanya yang dari bahan alami cukup aman. Seledri sendiri banyak antioksidan dan punya sifat anti-inflamasi. Jadi, bisa membantu mengurangi kemerahan atau meredakan peradangan (di kulit),” kata dr. Devia.

Meski begitu, sebaiknya Anda berhati-hati apabila baru pertama kali mencoba masker seledri. Disarankan untuk melakukan uji coba masker seledri di kulit. Caranya, oleskan sedikit masker seledri ke bagian belakang telinga atau leher.

“Diamkan beberapa menit. Perhatikan ada reaksi atau tidak. Meski bahannya alami, reaksi ke kulit setiap orang bisa berbeda-berbeda,” dr. Devia menegaskan.

Artikel Lainnya: Minum Jus Seledri Bisa Bikin Kulit Mulus?

3 dari 4 halaman

Manfaat Seledri untuk Kecantikan

Secara umum, masker seledri memiliki beberapa manfaat bagi kulit wajah. Di antaranya sebagai berikut:

  • Melembapkan Kulit

Menggunakan masker seledri diyakini dapat menjaga kulit tetap lembap dan tidak mudah kering. “Ini karena ada kandungan antioksidannya. Selain itu, seledri juga mengandung banyak air. Jadi, kulit akan lembap,” ujar dr. Devia.

  • Mencegah Penuaan Dini

Seledri juga bisa membuat Anda tampak lebih muda. Pasalnya, seledri memiliki kandungan vitamin K  yang mampu menjaga kekencangan kulit dan menambah elastisitasnya.

Seledri juga mengandung beberapa zat, seperti natrium alami, kalium, dan air yang membantu mencegah kulit dehidrasi. Apabila kulit mengalami dehidrasi, risiko kulit kering, mengelupas, keriput, dan bahkan jerawat dapat muncul.

Dengan beragam manfaat di atas, Anda bisa mulai menggunakan masker seledri untuk merawat kulit. Meski begitu, tetap perhatikan pemakaiannya. Jangan sampai penggunannya berlebihan karena bisa berdampak buruk bagi kulit.

Idealnya, konsultasikan dulu ke dokter kulit sebelum Anda mencoba berbagai masker yang terbuat dari bahan alami, termasuk seledri. Untuk tahu tips kecantikan dan kesehatan lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter, ya!

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar