Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • World Sight Day, Kenali Mata Lelah Saat Pandemi dan Solusinya

World Sight Day, Kenali Mata Lelah Saat Pandemi dan Solusinya

Keluhan mata lelah kerap terjadi selama masa pandemi ini. Bagaimana cara mengatasinya?

World Sight Day atau Hari Penglihatan Sedunia di bulan Oktober ini menjadi pengingat kita untuk terus menjaga kesehatan mata. Mata merupakan salah satu indra yang penting untuk kehidupan kita sehari-hari. Kesehatan mata tidak bisa disepelekan, termasuk selama pandemi virus corona.

Pasalnya, selama pandemi, kita dihadapkan dengan berbagai perubahan kebiasaan. Salah satunya terkait penggunaan layar monitor dan gadget, karena kita bekerja jarak jauh.

Aktivitas pembelajaran untuk anak-anak juga dilakukan secara online setiap hari pagi hingga sore hari. Tidak hanya bekerja dan belajar, aktivitas refreshing sehari-hari kita sehari-hari juga tidak lepas dari layar monitor dan gadget, sebut saja bermain game atau menonton televisi.

Apa dampak terlalu lama menatap layar monitor dan gadget terhadap kesehatan mata? Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut.

1 dari 4 halaman

Risiko Mata Lelah Selama Pandemi

Mata lelah merupakan salah satu gangguan mata yang rentan dialami oleh banyak orang selama pandemi ini. Dengan adanya perubahan metode kerja yang menggunakan layar komputer, mata Anda akan dihadapkan dengan terangnya layar laptop dan gadget dalam waktu yang lama.

Artikel Lainnya: Penelitian Baru Sebut Virus Corona Berpotensi Ditularkan Lewat Mata 

Keluhan mata lelah memengaruhi orang-orang yang rutin menggunakan laptop atau gadget untuk bekerja dan melakukan aktivitas lainnya. Diperkirakan, masalah kesehatan mata ini akan semakin banyak karena lebih banyak orang menggunakan perangkat digital selama pandemi.

2 dari 4 halaman

Apa Bahayanya?

Jangan anggap sepele keluhan mata lelah. Tanpa disadari Anda mungkin terkena computer vision syndrome. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, bahkan menyebabkan berbagai keluhan seperti:

  • Iritasi mata
  • Kesulitan untuk memfokuskan penglihatan
  • Mata kering atau berair
  • Penglihatan kabur atau ganda
  • Peningkatan sensitivitas terhadap cahaya
  • Nyeri kepala, leher, bahu, atau punggung
3 dari 4 halaman

Cara Atasi Mata lelah Selama Pandemi

Jika Anda merasa mata mulai lelah, berarti itu saatnya untuk lebih waspada. Anda dapat melakukan berbagai hal berikut untuk meringankan keluhan mata lelah Anda:

1. Rule of 20

Tahukah Anda, ada metode yang dikenal dengan rule of 20 untuk meringankan keluhan mata lelah? Setiap 20 menit di depan layar laptop atau gadget, istirahatkan mata selama 20 detik. Alihkan pandangan dari layar ke objek yang berjarak minimal 20 kaki (6 meter) dari tempat Anda.

2. Berkedip Lebih Sering

Mata kering merupakan salah satu penyebab mata tidak nyaman. Ketika mata kita berkedip, maka kita memberikan cairan untuk melembapkan mata. Hal ini akan membantu mengurangi risiko mata kering yang sering dijumpai pada penggunaan laptop dan gadget.

Artikel Lainnya: Mata Merah Tanda Gejala Positif Corona, Hoaks atau Fakta? 

3. Atur Pencahayaan

Hindari bekerja dengan laptop di ruangan yang gelap atau terlalu terang. Cahaya yang gelap atau terlalu terang dapat menyebabkan mata perlu berakomodasi untuk menyesuaikan cahaya yang masuk, dan hal ini dapat menyebabkan keluhan mata lelah.

4. Jangan Mengucek Mata

Jika mata lelah, hindari mengucek mata Anda. Bukannya lebih baik, malah hal ini dapat memperburuk gejala, khususnya jika ada benda asing di dalam mata. Selain itu, gesekan benda asing pada kornea bisa menyebabkan goresan yang merusak lapisan kornea Anda.

5. Gunakan Tetes Mata

Mata kering merupakan salah satu gejala yang umum ditemui pada penggunaan laptop dan gadget yang lama. Gunakanlah cairan tetes mata buatan yang dapat membantu menjaga kelembapan mata Anda, seperti Navitae.

Tetes mata Navitae mengandung sodium hyaluronate, vitamin A, dan vitamin E. Berbagai kandungan ini dapat membantu melembapkan mata kering, sehingga turut mengurangi keluhan mata lelah.

Kandungan vitamin dalam Navitae juga dapat berperan sebagai antioksidan, yang mampu melindungi mata dari radikal bebas. Navitae juga dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman jika terjadi iritasi ringan pada mata atau akibat pemakaian lensa kontak.

Teteskan satu atau dua tetes pada setiap mata Anda tanpa perlu melepaskan lensa kontak. Anda bisa menggunakannya hingga 6 kali sehari atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Jangan sampai kebiasaan baru selama pandemi berpengaruh buruk terhadap kesehatan mata Anda. Karena itu, terapkan beberapa tips yang telah dijelaskan agar keluhan mata lelah bisa berkurang.

Untuk membaca informasi dan artikel kesehatan lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar