Sukses

Ini Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Anak Alergi

Alergi susu sapi adalah salah satu jenis alergi yang paling sering terjadi pada anak-anak. Ini pilihan susu formula bagi Si Kecil yang alergi.

Memiliki anak yang tumbuh dengan sehat dan kuat adalah idaman bagi setiap Ayah dan Bunda.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan, seperti membentuk lingkungan yang mendukung perkembangan Si Kecil, memberikan rangsangan yang sesuai usia, dan yang tak kalah penting adalah menyiapkan nutrisi seimbang.

Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi untuk Si Kecil

Ya, memenuhi kebutuhan nutrisi sangatlah penting bagi Si Kecil. Karena nutrisi bukan hanya berperan dalam mendukung pertumbuhan tubuh dan mencegah terjadinya malnutrisi, tetapi juga membantu perkembangan otak dan kecerdasannya. Oleh karena itu, Bunda harus betul-betul memerhatikan kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Walau terdapat sedikit perbedaan, prinsip dasar pemenuhan nutrisi pada anak-anak serupa dengan orang dewasa.

Berikanlah makanan sumber karbohidrat, protein, dan lemak kepada Si Kecil. Tambahkan sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral. Selain itu, Bunda bisa menambahkan susu formula untuk melengkapi nutrisi mereka.

Mengapa susu penting bagi pertumbuhan si Kecil? Karena susu kaya akan berbagai nutrisi, seperti kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi, vitamin D untuk meningkatkan sistem imun, protein sebagai penyusun tulang dan otot, hingga kalori sebagai sumber energi.

Karenanya, memberikan susu formula dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil.

1 dari 4 halaman

Alergi Susu Sapi Menghambat Tumbuh Kembang Si Kecil

Ada beberapa anak yang mengalami alergi terhadap susu formula. Kondisi tersebut dikenal sebagai alergi susu sapi atau intoleransi laktosa. Ketika mereka meminum susu, biasanya mereka akan mengalami diare. Lalu, biasanya Bunda memutuskan untuk tidak lagi memberikan Si Kecil susu dan makanan turunan dari susu.

Perlu diketahui bahwa alergi susu sapi berbeda dengan intoleransi laktosa. Alergi susu sapi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menganggap protein di dalam susu atau produk yang mengandung susu sebagai zat yang berbahaya.

Sementara itu, intoleransi laktosa disebabkan karena tubuh Si Kecil tidak memiliki enzim khusus untuk mencerna laktosa, sebuah komponen gula utama yang terdapat di dalam susu.

Jika Si Kecil terus membatasi konsumsi susu dan turunannya, maka Si Kecil berisiko mengalami malnutrisi yang akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan mereka. Kondisi itu bisa semakin parah apabila Si Kecil termasuk anak yang picky eater atau pilih-pilih makanan.

Lalu, apa yang bisa Bunda lakukan untuk mencegah masalah nutrisi akibat alergi pada Si Kecil?

Artikel lainnya: Anak Alergi Susu Sapi, Bisakah Diganti dengan Susu Soya?

2 dari 4 halaman

Susu Formula untuk Anak Alergi

Jika Si Kecil mengalami alergi susu sapi, Bunda dapat mencari minuman atau makanan alternatif yang lebih aman. Beberapa jenis susu alternatif yang bisa menjadi pilihan adalah susu beras, susu oat, susu almond, hingga susu kelapa.

Selain itu, salah satu minuman paling popular yang bisa Bunda berikan untuk Si Kecil adalah susu kedelai atau susu soya.

Susu soya merupakan susu yang terbuat dari bahan dasar kedelai dan air saring. Karena berasal dari tumbuhan, susu soya kaya akan protein dan bebas dari kolesterol serta lemak jenuh. Hal inilah yang menjadi keunggulan susu soya dibanding jenis susu lainnya, bahkan dari susu sapi sekalipun.

Terlebih, susu soya kaya akan kalsium sehingga baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil. Oleh karena itu, menjadikan susu soya sebagi susu alternatif jika Si Kecil mengalami alergi susu sapi adalah pilihan yang tepat.

Artikel lainnya: Susu Formula untuk Pertumbuhan Anak yang Alergi

3 dari 4 halaman

Rekomendasi Susu dengan Sinergi Nutrisi Tepat untuk Anak

Saat ini, sudah cukup banyak susu soya yang beredar di pasaran. Namun jangan bingung, berikut ini adalah beberapa jenis susu soya yang bukan hanya aman dikonsumsi untuk anak alergi susu sapi, tetapi juga mendukung pemenuhan nutrisi untuk perkembangan Si Kecil:

1. Morinaga Soya MoriCare Triple Bifidus

Salah satu opsi yang dapat Bunda pilih adalah susu Morinaga Soya MoriCare Triple Bifidus. Mengapa? Karena susu ini mengandung tiga keunggulan utama, yaitu:

  • Mendukung Kecerdasan Multitalenta Si Kecil

Susu ini dilengkapi dengan kandungan kolin, DHA, AA, asam-alfa linolenat (omega-3) dan asam linoleat (omega-6) yang merupakan berbagai asam lemak esensial, hingga zat besi yang sangat penting bagi perkembangan otak Si Kecil.

  • Memberikan Pertahanan Tubuh Ganda

Morinaga Soya merupakan pertama dan satu-satunya formula susu alergi di Indonesia yang mengandung nutrisi sinbiotik (probiotik dan prebiotik) dengan tiga strain Bifidobacteria (Bifidobacteria longum BB536, Bifidobacteria breve M-16V, dan Bifidobacteria infantis M-63).

Apa manfaat triple bifidus itu? Mereka berperan dalam menyehatkan saluran cerna serta membantu mengurangi gejala alergi pada berbagai bagian tubuh, seperti pada saluran pernapasan, kulit, dan saluran cerna.

Tak hanya itu, triple bifidus terbukti secara klinis dapat menurunkan gejala alergi pada Si Kecil, seperti ruam pada kulit, batuk, pilek, dan asma pada saluran napas; mual dan muntah pada pencernaan.  

Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil

Susu ini mengandung 14 vitamin dan 9 mineral yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Ditambah lagi kandungan kalsium dan vitamin D, yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang serta meningkatkan sistem imun Si Kecil.

2. SGM Soya

SGM soya merupakan salah satu susu soya yang mengandung 5 ComplinutriSoy+, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil yang tidak cocok mengonsumsi susu sapi.

Susu ini mengandung 100 persen isolat protein soya yang berkualitas, minyak ikan, omega-3, omega-3, serat, dan tersusun atas 13 jenis vitamin dan 7 mineral.

Berbagai kandungan tersebut akan mendukung perkembangan dan pertumbuhan Si Kecil. Jadi, Bunda tak perlu takut Si Kecil kekurangan nutrisi walaupun memiliki alergi susu sapi.

3. Vidoran Soya

Vidoran Xmart Soya, salah satu jenis susu formula yang aman untuk Si Kecil yang alergi. Memiliki berbagai manfaat karena terbuat dari isolat protein kedelai dan cod liver oil yang kaya akan omega-3 dan 5 (asam linoleat).

Selain itu, susu ini juga mengandung inulin, tinggi protein, sumber 12 vitamin dan 8 mineral yang sangat baik dalam mendukung tumbuh kembang Si Kecil yang alergi terhadap protein susu sapi.

4. Bebelac Gold Soya

Susu soya ini mengandung semua kebaikan nutrisi susu sapi, bedanya hanya terletak pada sumber proteinnya, yaitu mengandung isolat protein soya.

Bebelac Gold Soya kaya akan serat dan mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk anak, seperti 9 jenis asam amino esensial, advansfibre soy+ dengan serat FOS inulin, omega-3 dan 6, 13 jenis vitamin dan 9 mineral, serta dilengkapi kalsium dan vitamin D yang menunjang pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil.

Jadi, Bunda tak perlu khawatir lagi soal risiko alergi pada Si Kecil. Bunda dapat memberikan susu soya sebagai alternatif susu sapi agar nutrisi harian Si Kecil tetap terpenuhi dengan baik. Semoga bermanfaat!

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar