Sukses

Hati-hati, Racun Asam Bongkrek Bisa Mematikan!

Setiap makanan yang kita santap harus bersih, kalau tidak ada ancaman asam bongkrek yang berbahaya. Bahkan, racun itu bisa mematikan.

Sebuah hidangan menewaskan sembilan orang dari satu keluarga di Jixi, Provinsi Heilongjiang, China. Perkaranya adalah kandungan asam bongkrek dalam suantangzi, salah satu makanan khas negeri tirai bambu.

Suantangzi adalah salah satu jenis mi yang cukup terkenal di sana. Gara-gara makanan ini ada kandungan asam bongkrek, hampir satu keluarga meninggal!

Sembilan orang meninggal akibat santapan yang terkontaminasi tersebut. Kejadian ini menunjukkan betapa berbahayanya asam bongkrek bagi kesehatan.

Apa Itu Asam Bongkrek?

Mungkin Anda lebih mengenal tempe bongkrek dibanding asam bongkrek. Dampak buruk asam bongkrek memang tak main-main. Kandungan tersebut sangat berbahaya kalau dikonsumsi.

Asam bongkrek diproduksi oleh bakteri Burkholderia gladioli pathovar cocovenenans (B. cocovenenans).

Bakteri ini telah menyebabkan wabah penyakit yang ditularkan melalui makanan, misalnya produk berbahan dasar kelapa dan jagung di Indonesia dan China.

"Asam bongkrek ialah toksin dari hasil fermentasi kelapa atau jagung yang terkontaminasi bakteri Burkholderia gladioli pathovar cocovenenans," ungkap dr. Sepriani Timurtini Limbong.

 Artikel Lainnya: Tempe, Superfood Asal Indonesia yang Punya Segudang Manfaat

1 dari 3 halaman

Gejala dan Bahaya Keracunan Asam Bongkrek

Kasus meninggalnya beberapa orang karena asam bongkrek menunjukkan hal ini tak bisa dianggap remeh.

Menurut dr. Sepriani Timurtini, tiga organ utama yang terdampak adalah otak, hepar, dan ginjal. Bayangkan bila ketiga organ itu terdampak secara serius akibat keracunan asam bongkrek, pasti akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Meski sangat mematikan, sebenarnya ada gejala yang mudah terlihat ketika seseorang keracunan asam bongkrek. Berikut beberapa di antaranya yang disebutkan dr. Sepriani:

  • Dizziness atau bingung.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Nyeri otot.
  • Keringat.
  • Nyeri perut.
  • Buang Air Kecil (BAK) berdarah.
  • BAK sedikit (oliguria).

"Temuan fisiknya bisa tekanan darah rendah (hipotensi), gangguan irama jantung (aritmia), kaku otot, masalah irama pernapasan, koma, sampai kematian," dr. Sepriani melanjutkan.

Pada akhirnya, kalau seseorang mengalami masalah ini, bisa berujung pada kematian bila tidak segera ditolong. Kuncinya adalah pertolongan yang cepat dan tepat agar bisa terselamatkan dari keracunan asam bongkrek.

Pertolongan ini perlu dilakukan segera karena serangan asam bongkrek sangat cepat dalam memengaruhi tubuh. Jadi, mengetahui gejala secara tepat sangatlah penting.

Artikel Lainnya: Gorengan Lebih Sehat dengan Minyak Zaitun

2 dari 3 halaman

Pertolongan Pertama Keracunan Asam Bongkrek

Menurut dr. Sepriani Timurtini, pertolongan asam bongkrek yang paling tepat adalah segera pergi ke rumah sakit.

"Soalnya, orang yang keracunan asam bongkrek memerlukan obat khusus dan terapinya mesti cepat. Kalau terlambat dibawa, bisa menyebabkan kematian," ujar dr. Sepriani Timurtini.

Meski tergolong belum familiar bagi banyak orang, nyatanya asam bongkrek sudah lama mengancam di Indonesia.

Bahkan, asam bongkrek juga bisa terkandung dalam makanan lokal yang cukup khas, yakni jengkol.

Jadi, jangan sepelekan asam bongkrek. Pastikan untuk selalu menyiapkan makanan dengan bersih supaya aman saat dimakan.

Bila Anda ingin konsultasi seputar keracunan atau kontaminasi makanan lebih detail kepada dokter, pakai LiveChat dari Klikdokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar