Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Pakai Masker Seharian, Ini Pentingnya Pelembap untuk Wajah

Pakai Masker Seharian, Ini Pentingnya Pelembap untuk Wajah

Tahukah Anda, penggunaan masker berpotensi menyebabkan masalah kulit? Ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit selama pemakaian masker.

Menggunakan masker merupakan salah satu cara yang sudah terbukti dapat mencegah penularan virus. Saat ini, terdapat berbagai jenis masker dengan macam-macam derajat proteksi. Misalnya, masker kain, masker bedah, dan masker N95.

Namun, masker mengharuskan Anda untuk menutup sebagian kulit wajah. Tentunya hal ini akan memengaruhi kelembapan wajah Anda dan memicu berbagai masalah kesehatan.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan kulit selama penggunaan masker? Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut.

1 dari 3 halaman

Masker Bisa Picu Masalah Kulit Wajah

Kulit adalah lapisan terluar tubuh manusia dan berperan melindungi tubuh dari kuman penyakit. Terlepas dari pentingnya penggunaan masker dalam pencegahan penyebaran virus, penggunaan masker juga berpotensi menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti:

  • Kulit Kering

Salah satu dampak pakai masker adalah kulit kering. Sebab, ketika Anda menggunakan masker, sebagian kulit wajah tertutup untuk sementara sehingga dapat mengurangi paparan kelembapan udara terhadap kulit.

Untuk beberapa orang yang memiliki masalah kulit kering, kulitnya bahkan bisa menjadi kasar dan pecah-pecah.

Artikel Lainnya: Manfaat Pelembap Kulit dalam Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

  • Jerawat

Masker bisa menjadi tempat kotoran menempel, apalagi jika digunakan selama seharian.

Jika Anda terlalu lama pakai masker atau tidak mencuci masker dengan baik, maka dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit.

  • Ruam Kulit

Ruam kulit juga dapat timbul akibat pemakaian masker, khususnya pada area hidung dan mulut.

Area hidung dan mulut tergolong sangat sensitif. Karena itu, gesekan atau bahan tertentu dapat menyebabkan masalah pada mereka yang memiliki kecenderungan alergi.

2 dari 3 halaman

Cara untuk Menjaga Kesehatan Wajah Anda

Walaupun pemakaian masker dapat menimbulkan berbagai masalah kulit, bukan berarti Anda stop menggunakannya. Anda tetap dapat menggunakan masker dengan memperhatikan berbagai tips kesehatan kulit berikut ini:

1. Gunakan Pelembap Kulit

Salah satu penyebab masalah kulit adalah kulit yang kering. Jadi, pastikan Anda menggunakan pelembap kulit yang disesuaikan dengan keadaan kulit Anda. Gunakan pelembap sebelum keluar rumah dan sebelum memakai masker.

Pond’s Anti-Bacterial Moisturizer dapat membantu melembapkan kulit Anda ketika menggunakan masker. Dengan kandungan Smart Defence Technology, pelembap ini meningkatkan pertahanan kulit hingga 3X lebih kuat dengan kandungan antioksidan yang lebih tinggi, mempercepat regenerasi kulit dan memperkuat lapisan kulit untuk melawan kuman-kuman* serta memberikan tampilan wajah yang bercahaya.

Selain itu, Anda bisa mengoleskan Pond’s Skin Protect Day Cream ke wajah setelah menggunakan serum. Selain melindungi dari kuman saat digunakan dengan Pond’s Facial Foam Antibacterial, kandungan SPF30 di dalamnya mampu melindungi kulit dari radiasi sinar UV sekaligus polusi udara.

Artikel Lainnya: Sudah Pakai Pelembap, Butuh Krim Mata atau Tidak, Ya?

2. Cuci Wajah Secara Rutin

Jangan lupa untuk membersihkan kulit secara berkala. Paparan debu dan kotoran juga bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat.

Karena itu, cucilah wajah Anda secara rutin dengan Pond’s Anti-Bacterial Facial Foam, apalagi jika habis beraktivitas di luar rumah.

3. Jaga Kebersihan Masker Anda

Minyak, lendir hidung, air liur, dan keringat bisa mengotori masker wajah Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda mengganti masker yang sudah kotor.

Jika Anda menggunakan masker kain, cucilah masker dengan sabun lembut yang tidak menimbulkan iritasi dan keringkan sampai benar-benar kering. Simpan masker baru Anda di dalam tas agar tetap bersih. Anda juga dapat membawa masker kain cadangan untuk mengganti masker yang sudah kotor.

4. Terapkan Protokol Kesehatan dengan Baik

Ingatlah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di manapun Anda berada.

Tidak hanya menggunakan masker ketika keluar rumah, tetapi juga menjaga jarak setidaknya satu meter dari orang lain serta mencuci tangan secara rutin dengan sabun dan air mengalir.

Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah jerawat, kulit kering, maupun ruam saat harus menggunakan masker. Dengan langkah yang tepat, Anda dapat terhindar dari gangguan kulit terkait penggunaan masker. Yuk, kita gunakan masker dan tetap menjaga kesehatan kulit kita!

Untuk membaca artikel lainnya seputar kesehatan dan kecantikan kulit, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar