Sukses

Mual setelah Minum Protein Shake? Ini Penyebabnya!

Tak seperti teman-teman yang suka gym lainnya, perut Anda malah mual setelah mengonsumsi protein shake. Mengapa, ya?

Buat orang-orang yang sedang membentuk tubuh, mengonsumsi protein shake tentunya sudah tak asing lagi.

Sebab, minuman yang satu itu bisa bantu membentuk otot lebih cepat setelah Anda melakukan olahraga intensitas berat.

Tak perlu khawatir juga dengan rasanya, karena protein shake terbilang cukup lezat. Dilansir Livestrong, nutrisi minuman ini terbilang tinggi dan kadang diperkaya dengan probiotik.

Sayangnya, ada efek samping yang bikin Anda tak nyaman setelah konsumsi minuman tersebut, yaitu mual.

Entah apa penyebabnya, tetapi rasa mual ini benar-benar bikin tak nyaman. Mau berhenti meminumnya, tapi sayang karena sudah telanjur beli mahal.

Selain itu, ada kekhawatiran juga dengan pembentukan otot jadi tak maksimal jika berhenti minum protein shake. Bagaimana, ya, sebaiknya?

1 dari 3 halaman

Mual Jadi Efek Samping Protein Shake, Kok, Bisa?

Sebelum tahu solusinya, ketahui dulu penyebab mual setelah perut Anda berinteraksi dengan minuman yang mirip susu bubuk ini.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, ada beberapa faktor yang bisa membuat Anda mual setelah mengonsumsi protein shake.

“Misalnya saja, bisa karena efek dairy product yang ada di dalam protein shake-nya atau karena gula dan pemanis tambahan,” jelas dr. Sepri.

Untuk lebih jelasnya, berikut detail dari masing-masing penyebab:

  • Dairy Product (Intoleransi Laktosa)

Sistem pencernaan orang dengan intoleransi laktosa tidak siap untuk menerima kasein atau whey yang terdapat dalam produk tersebut.

Meskipun keduanya berbasis susu, tetapi kasein lebih lambat dicerna usus sehingga bertahan di perut lebih lama. Alhasil, gejala kembung akan dirasakan penderitanya.

Whey sendiri memiliki laktosa paling banyak. Zat inilah yang membuat perut penderita intoleransi laktosa mual.

Jika ditambah dengan pemanis buatan, risiko untuk mengalami mual akan semakin tinggi.

Artikel Lainnya: Minuman Protein Tidak Membantu Otot Setelah Olahraga?

  • Pemanis Buatan

Pemanis buatan ditambahkan ke dalam minuman bubuk itu untuk meningkatkan cita rasa.

Meskipun pemanis seperti stevia dan sukralosa biasanya dapat ditoleransi baik dalam jumlah terbatas oleh kebanyakan orang, gula alkohol seperti manitol dan sorbitol justru membuat Anda kembung serta mual.

  • Buru-Buru Mengonsumsinya dan Terlalu Banyak

Dikutip Eat This, seorang pakar diet dan nutrisi bernama Cassie Bjork, RD, LD dari Healthy Simple Life menyarankan Anda untuk tidak langsung mengonsumsi protein shake begitu selesai olahraga.

“Faktanya, jika Anda langsung mengonsumsinya setelah berolahraga, itu pasti membuat perut tidak nyaman. Hal ini dapat mempersulit tubuh untuk menyerap dan memanfaatkan nutrisi dari shake,” jelasnya.

Keinginan untuk cepat-cepat punya tubuh ideal bisa dipahami. Namun, bukan berarti hal tersebut menjadi alasan untuk mengonsumsi protein shake secara berlebihan.

"Protein merupakan makronutrien yang cukup sulit dicerna. Karena itu, mengonsumsinya terlalu banyak sekaligus dapat menyebabkan gangguan pencernaan, termasuk mual" kata Bjork.

Artikel Lainnya: Kombinasi Suplemen Protein dan Nge-gym untuk Mengencangkan Otot

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jangan khawatir, dr. Sepriani mengatakan efek samping protein shake tersebut dapat dinetralkan dengan banyak minum air putih.

Setelah itu, agar mual atau efek samping lainnya tidak timbul, cobalah ikuti tips di bawah ini:

  • Selain penderita intoleransi laktosa, penderita gangguan ginjal tak boleh mengonsumsi minuman ini karena protein tersebut bisa memperberat kerja organ ginjal.
  • “Berikan waktu jeda antara olahraga dan minum protein shake-nya,” saran dr. Sepri. Bjork pun merekomendasikan Anda untuk menunggu 30-60 menit setelah olahraga. Waktu tersebut bisa diisi dengan merelaksasikan tubuh, mandi, dan berganti pakaian.
  • Hindari konsumsi protein shake secara berlebihan. Patuhi apa yang dianjurkan di dalam kemasan produk tersebut.

Bila perlu, konsultasikan dulu kepada dokter atau ahli gizi Anda soal kebutuhan atau dosis harian sesuai kondisi tubuh masing-masing.

Jangan bingung lag, itu dia penyebab dan solusi mengatasi mual akibat efek samping protein shake.  

Bila masih ada pertanyaan seputar gangguan pencernaan lainnya, langsung saja konsultasikan hal tersebut kepada dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar