HomeGaya hidupPerawatan PriaCatat! Ini Bau Sperma Normal dan Tidak Normal
Perawatan Pria

Catat! Ini Bau Sperma Normal dan Tidak Normal

dr. Sara Elise Wijono MRes., 13 Apr 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak hanya dari warnanya, bau sperma juga bisa menandakan adanya gejala suatu penyakit. Seperti apa baunya? Yuk, kita simak di sini.

Catat! Ini Bau Sperma Normal dan Tidak Normal

Air mani atau sperma merupakan cairan yang dikeluarkan pria saat ejakulasi. Sperma berisi jutaan sel sperma beserta cairan yang dikeluarkan kelenjar reproduksi pria. Cairan ini berfungsi mendukung kehidupan sel sperma dan membantunya membuahi sel telur.

Air mani manusia memiliki aroma yang khas. Hal ini disebabkan berbagai kandungan di dalamnya.

Namun, ada beberapa aroma yang harus diwaspadai karena bisa jadi pertanda kalau kamu sedang terjadi gangguan kesehatan. Apa dan bagaimana bau sperma yang menandakan penyakit? Simak penjelasannya di sini.

Seperti Apa Bau Sperma Normal? 

Sebelum mengetahui seperti apa aroma sperma yang tidak sehat, ada baiknya jika kamu pahami dulu bagaimana ciri-ciri bau sperma yang baik. Sperma yang sehat umumnya akan berbau seperti klorin, amonia, atau produk pemutih. 

Aroma ini terbentuk dari kandungan seperti enzim, protein, dan mineral yang ada pada air mani. Biasanya, sperma dengan aroma klorin memiliki pH yang seimbang, sekitar 7.2 hingga 7.8. Meski begitu, aroma ini bisa berubah jika kamu baru saja berhubungan seksual.

Perubahan aroma sperma ini disebabkan oleh kandungan asam vagina. Tingkat keasamannya akan bertambah setelah penis melakukan penetrasi vagina.

Bau Sperma yang Harus Diwaspadai

Berikut ini adalah aroma sperma yang patut kamu curigai tidak normal dan berhubungan dengan masalah kesehatan:

1. Bau Telur Busuk 

Bau telur busuk atau bau amis adalah salah satu bau sperma yang patut dicurigai. Sebenarnya, aroma amis pada sperma bisa karena seseorang baru memakan asparagus, bawang putih, daging, dan kafein dalam jumlah banyak. Akan tetapi, aroma ini akan hilang dengan sendirinya.

Jika sperma tetap mengeluarkan bau busuk, penyakit di bawah ini bisa jadi penyebab:

Penyakit Menular Seksual 

Penyakit menular seksual seperti trikomoniasis dan gonorea bisa menyebabkan bau sperma beraroma seperti telur busuk. Selain dari aroma, penderita mungkin merasakan nyeri saat buang air kecil dan muncul rasa panas di penis. 

Prostatitis 

Prostatitis merupakan peradangan pada kelenjar prostat. Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri. Selain sperma berbau, ada gejala lain seperti nyeri saat ejakulasi dan buang air kecil, serta buang air kecil berdarah atau keruh. 

2. Bau Manis

Bau manis pada sperma umum dimiliki beberapa pria. Akan tetapi, jika aroma manis terlalu kuat bisa jadi kamu mengalami diabetes melitus.

Memang normal kalau sperma manis karena ada kandungan fruktosa di dalamnya. Namuin, bila bau manisnya sangat kuat, kemungkinan besar menjadi tanda awal dari gejala diabetes melitus.

3. Bau Amis

Air mani yang berbau amis seperti ikan, bukanlah hal yang normal. Hal ini dapat menandakan adanya infeksi menular seksual, seperti trikomoniasis. Terlebih, apabila disertai keluarnya cairan hijau kekuningan dari penis, gatal dan nyeri pada kelamin, juga nyeri saat berkemih.

Adanya perubahan warna pada sperma (misalnya disertai darah), berbau busuk, amis, ada keluhan nyeri saat ejakulasi, segeralah periksa ke dokter. 

Ragam Hal yang Memengaruhi Bau Sperma 

Tidak semua perubahan aroma pada air mani merupakan hal yang tidak normal. Perbedaan aroma air mani antar pria bisa jadi sangat wajar. Hal ini disebabkan aroma khas air mani dipengaruhi berbagai faktor sebagai berikut:

1. Higienitas

Keringat dan urin yang tidak dibersihkan dengan baik dapat meninggalkan ‘jejak’ pada kelamin. Zat ini dapat bercampur dengan sperma saat kamu berhubungan intim. Campuran keringat, urin, dan sperma dapat mempengaruhi aroma yang dihasilkan.

2. Sunat

Sirkumsisi atau sunat juga jadi alasan lain yang memengaruhi bau sperma. Jika kamu belum pernah sunat, kelebihan minyak, sel kulit mati, dan bakteri akan bercampur dengan air mani. Hal tersebut juga bisa jadi penyebab sperma beraroma tidak sedap. 

3. Pola makan

Beberapa makanan tertentu dapat mempengaruhi aroma air mani. Oleh karena itu,, wajar jika bau sperma pun dapat sedikit berubah setiap kali ejakulasi. Mengingat makanan yang dikonsumsi setiap hari pun berbeda-beda.

Agar sperma tidak menimbulkan bau yang mengganggu, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

  • Pastikan kamu tetap olahraga secara rutin. Olahraga tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan tubuh, tapi juga membantu menjaga kualitas sperma dengan baik. 
  • Imbangi juga dengan konsumsi makanan bergizi, seperti sayur dan buah. Seperti yang dikatakan sebelumnya, beberapa jenis makanan bisa memengaruhi aroma sperma.
  • Hindari seks bebas dan lebih baik menggunakan kondom untuk mencegah penyakit menular seksual yang membuat sperma jadi berbau tidak sedap.
  • Kurangi konsumsi minuman berkafein tinggi, alkohol, dan merokok secara berlebihan. Selain memengaruhi kondisi kesehatan, kebiasaan ini juga berdampak buruk pada kesehatan sperma.

Bila kamu mendapati bau sperma tidak normal, bisa jadi salah satu kondisi yang telah dijelaskan di atas adalah penyebabnya. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup maupun pengobatan dokter.

Jika kamu memiliki banyak pertanyaan seputar sperma dan kesehatan reproduksi pria, unduh aplikasi Klikdokter dan nikmati layanan Tanya Dokter dan Temu Dokter langsung. Yuk #JagaSehatmu dan pasangan dari penyakit menular seksual dengan menjaga kebersihan dan menerapkan seks sehat!

(APR/NM)




Sperma

Konsultasi Dokter Terkait