Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Macam-macam Aroma Sperma yang Bisa Jadi Pertanda Penyakit

Macam-macam Aroma Sperma yang Bisa Jadi Pertanda Penyakit

Tidak hanya dari warnanya, bau sperma juga bisa menandakan adanya gejala suatu penyakit. Seperti apa baunya? Yuk, kita simak di sini.

Sperma manusia memiliki aroma yang khas. Namun, ada beberapa aroma yang harus diwaspadai karena bisa jadi pertanda kalau sedang terjadi gangguan kesehatan. Apa dan bagaimana bau sperma yang menandakan penyakit? Simak di sini.

Ini Bau Sperma yang Sehat 

Sebelum mengetahui seperti apa aroma sperma yang tidak sehat, ada baiknya jika Anda paham dulu bagaimana ciri-ciri bau sperma yang baik.

Kepada KlikDokter, dr. Devia Irine Putri mengatakan sperma yang sehat umumnya akan berbau seperti klorin, amonia, atau produk pemutih. 

“Aroma ini terbentuk dari substansi seperti enzim, protein, dan mineral yang ada pada air mani. Biasanya, sperma dengan aroma klorin juga memiliki pH yang seimbang, yaitu 7.2-7.8. Meski begitu, aroma ini bisa berubah jika Anda baru saja berhubungan seksual,” kata dr. Devia.

Oleh karena vagina mengandung asam yang kuat, penis juga bisa ikut berbau asam saat melakukan penetrasi. Hal tersebut normal terjadi. 

1 dari 2 halaman

Bau Sperma dan Arti Kondisi Kesehatan

Lalu, bagaimana dengan bau sperma lainnya yang patut untuk dicurigai sebagai tanda adanya penyakit? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa aroma sperma beserta artinya: 

  • Bau Telur Busuk 

Bau telur busuk atau bau amis adalah salah satu bau sperma yang patut dicurigai. Sebenarnya, bau amis pada sperma bisa karena seseorang baru memakan asparagus, bawang putih, daging, dan kafein dalam jumlah banyak. Tapi, aroma ini akan hilang dengan sendirinya.

Jika bau ini menetap, bisa jadi ada penyakit penyebab sperma bau ini mengintai Anda, seperti: 

  1. Penyakit Menular Seksual 

Dijelaskan dr. Devia, penyakit menular seksual seperti trikomoniasis dan gonorea bisa menyebabkan bau sperma beraroma seperti telur busuk.

Selain dari aroma, penderita mungkin merasakan nyeri saat buang air kecil dan muncul rasa panas di penis. 

  1. Prostatitis 

Prostatitis merupakan peradangan pada kelenjar prostat. Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri.

“Selain sperma berbau, ada gejala lain seperti nyeri saat ejakulasi dan buang air kecil, serta buang air kecil berdarah atau keruh,” ujar dr. Devia.

Artikel lainnya: Arti di Balik Warna Sperma Anda

  • Bau Manis

Aroma manis pada sperma umum dimiliki beberapa pria. Akan tetapi, jika aroma manis terlalu kuat maka bisa jadi Anda mengalami diabetes melitus.

“Memang normal kalau sperma manis karena ada kandungan fruktosa di dalamnya. Tapi, kalau bau manisnya sangat kuat, mungkin bisa saja menjadi tanda awal dari gejala diabetes melitus,” ujar dr. Devia. 

Menurut dia, sama seperti vagina, bau sperma juga bisa berubah-ubah tergantung gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi. Selain pola makan dan gaya hidup, sunat juga jadi alasan lain yang memengaruhi aroma pada sperma. 

Jika Anda belum pernah sunat, kelebihan minyak, sel kulit mati, dan bakteri akan bercampur dengan air mani. Hal tersebut juga bisa jadi penyebab sperma bau tidak sedap. 

“Kalau ada perubahan warna pada sperma (misalnya disertai darah), berbau busuk, amis, ada keluhan nyeri saat ejakulasi, segeralah ke dokter. Pengobatan akan dilakukan sesuai dengan penyebabnya,” kata dr. Devia. 

Artikel lainnya: Mitos Sperma Encer Tanda Tak Subur, Benarkah?

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk menjaga sperma pria tetap sehat dan tidak beraroma busuk? 

  • Pastikan Anda tetap olahraga secara rutin. Olahraga tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan tubuh, tapi juga membantu menjaga kualitas sperma dengan baik. 
  • Imbangi juga dengan konsumsi makanan bergizi, seperti sayur dan buah. Seperti yang dikatakan sebelumnya, beberapa jenis makanan bisa memengaruhi aroma sperma.

Jadi, jangan langsung panik ketika sperma Anda berbau. Aroma tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah Anda berhenti mengonsumsi makanan pemicunya.

  • Hindari seks bebas, dan lebih baik menggunakan kondom. Penggunaan kondom bisa mencegah penyakit menular seksual yang buat sperma jadi berbau tidak sedap.
  • Hindari juga mengonsumsi minuman berkafein tinggi, alkohol, dan merokok secara berlebihan. Selain memengaruhi kondisi kesehatan, ketiga kegiatan ini juga berdampak buruk pada kesehatan sperma.

Itulah beberapa bau sperma yang bisa menandakan adanya gangguan kesehatan tertentu. Jika Anda masih ada pertanyaan seputar kesehatan reproduksi lainnya, tanyakan pada dokter melalui fitur Live Chat.

[HNS/JKT]

1 Komentar

  • GILANG X BRIANTI

    Doc, saya mau tanya kan di atas cuman bau telur busuk sama manis, sedangkan punya saya seperti bau baclin pemutih pakaian. Itu kenapa ya doc? Mohon info nya!