Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ini yang Harus Dilakukan Setelah Ibu Mengalami Keguguran

Ini yang Harus Dilakukan Setelah Ibu Mengalami Keguguran

Mengalami keguguran dapat memberikan dampak yang berat bagi wanita. Ketahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk memulihkan diri pasca keguguran.

Keguguran merupakan peristiwa yang menyedihkan bagi ibu hamil. Tidak dimungkiri, banyak ibu jadi berlarut-larut dalam kesedihan sehingga melupakan kondisi kesehatan tubuhnya pasca keguguran

Agar cepat pulih, berikut ini adalah beberapa perawatan yang dapat dilakukan pasca keguguran:

1. Gunakan Pembalut

Setelah keguguran biasanya wanita akan mengalami perdarahan vagina. Ini adalah hal yang wajar. Perawatan pasca kuret salah satunya dengan menggunakan pembalut selama masa perdarahan.

Jangan lupa untuk mengganti pembalut secara rutin, agar area kewanitaan tidak lembap dan menjadi sarang bakteri.

2. Konsumsi Obat Secara Teratur

Perawatan pasca keguguran berikutnya terkait dengan konsumsi obat-obatan. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk membantu memulihkan Anda.

Jangan lupa untuk mengonsumsi obat yang diberikan dokter sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Artikel Lainnya: Kenali Gejala Abortus Habitualis atau Keguguran Berulang

1 dari 3 halaman

3. Hindari Berhubungan Seksual

Saat berkonsultasi dan periksa ke rumah sakit, dokter umumnya menyarankan untuk tidak berhubungan seksual dulu selama beberapa saat. Hal ini karena setelah keguguran, Anda mungkin mengalami perdarahan sebagai tanda tubuh membersihkan sisa-sisa jaringan di dalam rahim.

Pada masa ini, ukuran leher rahim Anda juga akan lebih lebar dari biasanya. Jika dipaksa berhubungan seksual, vagina akan rentan mengalami infeksi.

4. Hindari Langsung Merencanakan Kehamilan Lagi

Dokter biasanya tidak menganjurkan ibu untuk langsung merencanakan kehamilan kembali. Pasalnya, langsung hamil kembali dapat meningkatkan kemungkinan Anda mengalami keguguran lagi.

Beri waktu untuk tubuh Anda, terutama rahim dan siklus menstruasi, untuk dapat pulih kembali. Tunggu hingga sisa perdarahan selesai keluar dan hormon menstruasi kembali lancar.

Biasanya dokter kandungan akan menyarankan ibu untuk merencanakan kehamilan setelah 20 minggu atau 5 bulan pasca keguguran.

5. Istirahat Cukup dan Jaga Pola Makan

Mengonsumsi makanan yang menyediakan energi dan memulihkan kebugaran sangat disarankan.

Pasca alami keguguran, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein sehat.

Artikel Lainnya: Tips Cegah Keguguran yang Wajib Anda Tahu

2 dari 3 halaman

6. Cari Cara untuk Memulihkan Emosi

Keguguran bisa memengaruhi Anda dan pasangan secara emosional. Bila masih bingung mengenai apa yang harus dilakukan setelah keguguran, Anda bisa perlahan-lahan melepaskan perasaan sedih.

Salah satu caranya adalah dengan menceritakan kesedihan yang Anda rasakan kepada orang-orang terdekat. Dengan cara ini, diharapkan Anda akan merasa lebih lega.

Selain itu, saling berikan dukungan kepada pasangan Anda. Jika perlu, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kesehatan jiwa.

7. Melakukan Olahraga Ringan

Beberapa hari pasca keguguran, ibu boleh melakukan olahraga ringan. Saat berolahraga umumnya tubuh akan melepaskan hormon endorfin.

Berolahraga akan memperbaiki suasana hati, menurunkan stres, dan depresi. Contoh olahraga yang dapat dilakukan, di antaranya lari, berenang, jalan santai, treadmill, dan lainnya.

Itulah beberapa perawatan dasar pasca keguguran yang dapat dilakukan. Bila kurang yakin atau ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Gunakan layanan Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi dengan dokter kandungan lebih mudah.

[WA]

1 Komentar

  • Ell******marya liyana

    Pagi dok saya dan pasangan sudah lama tidak mengikuti program kb sejak 4 tahun yang lalu.ternyata saya cek kemarin pagi saya positif hamil.bulan 4 dan 5 kemarin saya ikut vaksinasi covid 19.apa yg musti saya lakukan.