Sukses

Dampak Olahraga Angkat Beban bagi Penderita Ambeien

Olahraga angkat beban baik untuk membentuk otot. Tapi, olahraga ini kurang disarankan untuk penderita ambeien. Apa alasan dan dampaknya?

Angkat beban termasuk ke dalam jenis olahraga strength training. Dengan kata lain, aktivitas fisik ini bertujuan meningkatkan kesehatan dengan melatih otot ataupun kelompok otot dengan beban eksternal, misalnya barbel dan berat badan sendiri.

Dengan angkat beban secara rutin, otot tubuh akan dilatih beradaptasi (menyesuaikan diri) terhadap tahanan eksternal sehingga lebih kuat. Olahraga ini tentu sehat dan bermanfaat bagi pembentukan otot.

Akan tetapi, bagi penderita ambeien angkat beban rupanya tak terlalu disarankan karena menyebabkan efek samping tertentu.

1 dari 4 halaman

Pengidap Ambeien Angkat Beban, Apa Dampaknya?

Ambeien atau yang juga bisa disebut dengan wasir merupakan kondisi terjadinya pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar anus.

Umumnya, penderita ambeien akan merasakan sakit yang cukup parah ketika sedang berdiri, bergerak, duduk, maupun sedang berjalan. Penyebabnya pun bisa berhubungan dengan peningkatan tekanan darah dalam pembuluh darah yang berada di anus dan sekitarnya.

Karena wasir tidak bisa sembuh secara total, penderitanya harus cermat dalam memilih olahraga. Salah satu jenis olahraga yang harus diwaspadai adalah angkat beban.

Dokter Devia Irine Putri pun setuju bahwa penderita ambeien tidak disarankan menjalani olah raga angkat beban. 

Dia mengatakan, “Penderita ambeien atau hemoroid diminta untuk tidak memberikan peningkatan tekanan pada tubuhnya. Jika tekanan pada tubuh bertambah, bisa menyebabkan benjolan muncul/kambuh.”

Terlebih lagi, dr. Devia menuturkan, ada efek samping saat olahraga angkat beban dilakukan dengan teknik yang salah.

Selain itu, tekanan yang terlalu besar pada rektum dan anus juga bisa membuat pembuluh darah dalam anus mengalami pembengkakkan.

Hal ini bisa menyebabkan anus mengalami syok, pembuluh darah jadi pecah, dan menyebabkan tinja bercampur dengan darah. Parahnya, muncul benjolan pada anus yang membuat penderitanya sangat kesakitan. 

Jika penderita ambeien masih ingin olahraga angkat beban, lakukan dengan cara yang benar. Anda bisa meminta bantuan personal trainer (PT) untuk mendampingi selama berlatih. Berat beban yang diangkat juga bisa disesuaikan dan jangan dilakukan secara rutin. 

Artikel lainnya: Atasi Wasir dengan Tips Sederhana ini

2 dari 4 halaman

Olahraga yang Cocok untuk Penderita Ambeien 

Punya ambeien bukan berarti Anda tidak boleh olahraga. Anda hanya harus lebih cermat dalam memilih jenis latihan.

Dijelaskan dr. Devia, berikut beberapa jenis olahraga yang masih aman dan boleh dilakukan penderita wasir:

  • Yoga

Yoga membantu melancarkan aliran darah dan merilekskan otot-otot tubuh, terutama pada sphincter ani (otot di sekitar anus). Melakukan yoga dengan rutin juga dipercaya bisa menurunkan risiko kekambuhan. Rasa sakit pun bisa diminimalkan.

  • Senam Aerobik

Selain yoga, Anda juga bisa melakukan senam aerobik. Jenis latihan ini bisa membantu melancarkan aliran darah, sehingga darah ke anus juga ikut lancar.

Selain itu senam aerobik juga memaksa Anda untuk bergerak dan berkeringat. Hal ini akan membuat Anda haus dan ingin minum. Dengan minum banyak air putih, tubuh akan terhindar dari konstipasi

  • Senam Kegel 

Senam kegel berguna untuk membantu menguatkan otot dasar panggul, dan membantu menguatkan otot di sekitar anus juga. 

Anda bisa melakukan ketiga olahraga ini secara rutin dengan durasi minimal 30 menit setiap sesinya. Anda sebaiknya menunda berolahraga jika ambeien sedang kambuh. Pergerakan yang cukup berat dan banyak bisa memperparah wasir yang dimiliki. 

Artikel lainnya: Inilah Pilihan Olahraga yang Baik untuk Penderita Ambeien

3 dari 4 halaman

Tips Olahraga Aman untuk Penderita Ambeien 

Agar tetap sehat dan nyaman, berikut beberapa tips melakukan olahraga saat ambeien dari dr. Devia:

  • Lakukan pemanasan apa pun jenis olahraganya. Hal ini berguna untuk merelaksasi otot dan menghindari terjadinya cedera.
  • Lakukan sesi olahraga secara bertahap. Jangan langsung berolahraga dalam waktu yang lama, tapi mulailah dengan durasi olahraga yang sebentar.
  • Jangan lakukan olahraga jika wasir sedang kambuh dan sakit. Hal ini akan memperburuk kondisi ambeien yang dimiliki.
  • Minta bantuan tenaga profesional agar sesi olahraga tetap berjalan dengan aman dan nyaman.
  • Konsultasikan keluhan ambeien Anda pada tenaga medis. Biasanya, jika wasir yang dialami terlalu parah, dokter akan meminta untuk tidak olahraga terlebih dahulu sampai benjolan mereda.

Itulah beberapa fakta seputar dampak penderita ambeien angkat beban. Untuk mengetahui informasi seputar kesehatan lainnya, baca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar