Sukses

Bolehkah Minyak Goreng Jadi Pelumas Seks?

Karena tidak sempat membeli pelumas, Anda jadi gunakan minyak goreng sebagai pelumas seks. Apa dampak bahayanya?

Bagi beberapa pasangan, penggunaan pelumas memang dibutuhkan untuk mencapai kenikmatan berhubungan seks. Pelumas dapat mengurangi rasa sakit ketika berhubungan seks. 

Tapi, ada saja bahan-bahan alami yang dianggap bisa jadi “alternatif” pelumas seks, salah satunya minyak goreng. Apa cara ini aman? 

1 dari 3 halaman

Minyak Goreng untuk Pelumas Seks? Ini Kata Dokter

Menanggapi hal ini, dr. Arina Heidyana mengatakan minyak goreng sebenarnya tergolong aman bila dijadikan pelumas seks. Hanya saja, jenis minyak gorengnya yang harus diperhatikan. 

“Minyak goreng ada bermacam-macam jenisnya. Ada minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jagung, dan sebagainya. Dari semua jenis minyak tersebut, minyak zaitun dan minyak kelapa yang sebenarnya paling dianjurkan dan tergolong aman untuk dijadikan pelumas seks,” ujar dr. Arina. 

Menurut dr. Arina, minyak kelapa memiliki kandungan yang bersifat antijamur dan antibakteri yang bisa menghindarkan vagina maupun penis dari serangan bakteri. 

Menurut National Center for Biotechnology Information, Amerika Serikat, sebuah studi tahun 2014 menunjukkan lebih dari 60 persen wanita di Amerika Serikat membutuhkan pelumas untuk kelancaran seks. Pelumas berbahan alami seperti minyak dijadikan pilihan utama. 

“Minyak kelapa bisa mengatasi vagina kering ketika berhubungan seks. Tapi perlu diperhatikan, kandungan minyak kelapa tidak boleh dicampur dengan bahan-bahan kimia lainnya alias murni. Jika Anda memilih minyak kelapa yang sudah dicampur dengan bahan lain, maka risiko infeksi pada organ intim akan sangat tinggi,” kata dr. Arina. 

Artikel lainnya: Bahan Alami yang Aman untuk Dijadikan Pelumas Seks

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Pakai Minyak Goreng sebagai Pelumas!

Meski beberapa jenis minyak goreng masih aman untuk dijadikan pelumas seks, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum menggunakannya. Berikut penjelasannya menurut dr. Arina: 

  • Minyak goreng harus yang baru dan belum pernah dipakai untuk memasak atau menggoreng makanan. 

Misalnya, Anda baru saja selesai menggoreng kentang menggunakan minyak zaitun. Kalau begitu, jangan gunakan minyak bekas ini sebagai pelumas. 

Selain bisa menimbulkan risiko infeksi, penggunaan minyak bekas juga bisa merusak kulit organ intim Anda. 

  • Tidak perlu mengoleskan minyak goreng secara berulang saat berhubungan seks. Pelumas dari minyak berbeda dengan pelumas seks yang terbuat dari air, sehingga tidak mudah kering dan menyerap di kulit.

Artikel lainnya: Bolehkah Menggunakan Baby Oil sebagai Pelumas Seks?

  • Jangan langsung gunakan minyak sebagai pelumas. Hal ini berguna untuk menghindari risiko terjadinya alergi. Dokter Arina menyarankan untuk melakukan tes dulu di kulit. Karena, baik minyak kelapa maupun zaitun, keduanya masih bisa menimbulkan alergi. 
  • Jangan digunakan secara terus-menerus. Menurut dr. Arina, penggunaan minyak goreng sebagai pelumas secara berkelanjutan bisa menimbulkan infeksi pada vagina. 

Sebab, minyak kelapa (basa) memiliki pH yang berbeda dengan vagina (asam), sehingga bisa mengganggu pertumbuhan flora normal vagina. 

“Tekstur minyak goreng itu tebal, sehingga membuat minyak jadi tidak menyerap di kulit. Oleh karena itu, bila Anda menggunakan minyak sebagai pelumas, sebaiknya segera dicuci agar tidak menimbulkan masalah pada organ intim,” jelas dr. Arina. 

“Meski minyak goreng berjenis minyak kelapa dan zaitun masih diperbolehkan untuk dijadikan pelumas, ahli medis tetap menyarankan untuk menggunakan pelumas seks asli.” 

“Ini dikarenakan bahan pelumas seks asli sudah dibuat dengan sedemikian rupa agar penggunaannya tetap terasa nyaman, aman, dan tidak ada risiko yang timbul nantinya,” tutup dr. Arina.

Jadi, bila kepepet tidak ada pelumas seks yang biasa Anda beli, boleh saja pakai minyak goreng. Asalkan, perhatikan jenis dan tips-tips dari dokter di atas ya! 

Konsultasikan kepada dokter seputar cara berhubungan seks yang sehat dan memuaskan lewat fitur Live Chat dari KlikDokter!

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar