Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tips Jaga Tulang, Sendi, dan Otot Tetap Sehat Selama di Rumah

Tips Jaga Tulang, Sendi, dan Otot Tetap Sehat Selama di Rumah

Beraktivitas di rumah dapat menyebabkan Anda jadi lebih sedikit berolahraga. Bagaimana cara menjaga kesehatan tulang, sendi dan otot selama beraktivitas di rumah?

Pada masa PSBB seperti ini, masyarakat diminta untuk beraktivitas dan bekerja dari rumah.

Kendati demikian, bukan berarti kita boleh malas-malasan. Anda dapat beraktivitas fisik di rumah agar kesehatan tulang, sendi, dan juga otot tetap terjaga.

Kesehatan tulang, sendi, dan otot merupakan kunci jika Anda ingin hidup sehat dan aktif, terutama di masa tua nanti.

Jarangnya beraktivitas fisik juga dapat menyebabkan kegemukan, penurunan kekuatan tulang, serta membuat sendi dan otot tubuh jadi kaku.

Lantas, bagaimana cara untuk menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot selama di rumah saja?

1 dari 3 halaman

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang, Sendi, dan Otot

Tulang, sendi, dan otot merupakan organ penting agar tubuh bisa bergerak. Perlu diketahui, tulang manusia terus berubah. Di mana tulang baru akan terus dibuat dan tulang lama akan mengalami pemecahan.

Selain itu, massa tulang di usia muda akan terus meningkat. Pencapaian kepadatan tulang maksimal bervariasi, namun puncaknya umum terjadi ketika Anda berusia 30 tahun.

Jika tidak menjaga kekuatan tulang, sendi, dan otot, risiko osteoporosis bisa mengintai. Osteoporosis dapat menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh.

Risiko terkena osteoporosis tergantung dari kepadatan massa tulang yang Anda dapatkan sewaktu muda. 

Semakin tinggi kekuatan massa tulang seseorang, semakin kecil kemungkinan terkena osteoporosis

Oleh karena itu, menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot sejak dini sangat penting. Nantinya, risiko mengalami gangguan tulang, gampang terjatuh, serta ketidakmampuan bergerak aktif saat usia tua, bisa dihindari.

Artikel Lainnya: Apa Saja Nutrisi untuk Tetap Bergerak Aktif di Rumah?

2 dari 3 halaman

Cara Agar Tulang, Sendi, dan Otot Tetap Sehat

Anda dapat melakukan beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot. Berikut di antaranya:

1. Mengonsumsi Kalsium Dalam Jumlah Cukup

Untuk orang dewasa berusia 19 hingga 50 tahun, kebutuhan kalsium hariannya adalah sebanyak 1.000 miligram (mg) per hari. Kebutuhan kalsium meningkat menjadi 1.200 mg per hari untuk wanita berusia 50 tahun ke atas dan pria setelah usia 70 tahun.

Konsumsi produk susu, kacang almond, ikan, dan tahu setiap hari agar kebutuhan kalsium tubuh terpenuhi.

2. Perhatikan Asupan Vitamin D

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium. Untuk orang dewasa berusia 19 hingga 70 tahun, kebutuhan harian vitamin D adalah 600 unit internasional (IU) sehari.

Kebutuhan asupan vitamin D akan meningkat menjadi 800 IU sehari untuk orang dewasa berusia 71 tahun ke atas.

Anda bisa mengonsumsi vitamin D dari makanan, seperti ikan tuna, sarden, dan juga telur.

Berjemur atau terkena paparan sinar matahari juga merupakan cara penting agar tubuh dapat memproduksi vitamin D secara cukup.

3. Beraktivitas Fisik Rutin

Latihan aerobik yang digabungkan dengan olahraga angkat beban (weight bearing exercise) dapat membantu membangun kekuatan dan memperlambat pengeroposan tulang.

Padai masa pandemi corona seperti ini, Anda dapat melakukan kegiatan sehat dengan berbenah di rumah atau berolahraga secara online.

Lakukan olahraga intensitas ringan selama 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu untuk dapatkan manfaat sehat secara maksimal.

Artikel Lainnya: Tetap Aktif, Kunci Hidup Sehat Terhindar dari Penyakit

4. Minum Susu

Demi menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot secara keseluruhan Anda bisa mengonsumsi Susu Anlene yang tersedia dalam varian ANLENE Actifit dan ANLENE GOLDPlus.

Susu Anlene adalah minuman penambah nutrisi dengan kandungan Movemax yang tinggi kalsium, kolagen + Vitamin C, protein, dan vitamin B2, B6 B12, C, D, E, Zinc, serta Magnesium untuk mendukung gerak aktif, juga bantu memenuhi kebutuhan kalsium bagi tulang, sendi, dan otot.

Susu Anlene juga hadir dengan varian khusus Anlene GOLDPlus dengan Movemax (tinggi kalsium, kolagen + Vitamin C, protein, dan vitamin B2, B6 B12, D, E, Zinc, serta Magnesium) PLUS Nutrisi.

Sebab, formula Plus-nya mengandung serat untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal, zat kaliumnya bermanfaat mengendalikan tekanan darah, dan tidak menggunakan gula tambahan yang cocok dikonsumsi penderita diabetes.

Konsumsi Anlene GOLDPlus sebanyak dua kali sehari untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, karena Anlene mengandung kalsium sebanyak 550 mg per sajiannya.

Sehingga dengan mengonsumsi Anlene dua kali sehari dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan kalsium harian, juga mendukung Anda untuk terus hidup sehat dan tetap bergerak aktif! #LebihDariSusu

Apabila masih ada pertanyaan lebih lanjut tentang minuman Anlene GOLDPlus penambah nutrisi atau cara menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot, konsultasikan langsung dengan dokter. Agar lebih mudah, gunakan fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar