Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kulit Panas karena Pakai Masker Kayu Manis, Ini Solusinya!

Kulit Panas karena Pakai Masker Kayu Manis, Ini Solusinya!

Berharap mulus setelah pakai kayu manis untuk kulit, yang terjadi malah sebaliknya. Kulit panas kemerahan! Apa penyebab dan solusinya?

Manfaat kayu manis untuk kulit, termasuk mengatasi jerawat, sudah dikenal sejak lama. Sebagian orang yang cocok pun menyarankan Anda untuk memakai masker wajah berbahan kayu manis. 

Namun sayang, setelah dicoba, bukan hasil positif yang diharapkan. Justru terasa efek kayu manis untuk kulit wajah, berupa sensasi panas dan kemerahan.

Sudah ditunggu beberapa menit karena menganggap itu adalah efek sekejap, eh tak hilang-hilang! Kalau sudah begini, apa solusinya?

1 dari 3 halaman

Penyebab Masker Kayu Manis Terasa Panas di Kulit

Terlepas dari kandungan antioksidannya yang tinggi, dr. Devia Irine Putri mengatakan bahwa kayu manis atau cinnamon bersifat dermocaustic alias berpotensi mengiritasi kulit. 

“Saat digunakan oleh orang yang kulitnya tidak sensitif, hanya akan terasa tingling sensation (seperti cekit-cekit digigit semut), lalu menghilang,” jelasnya. 

Dokter Devia menambahkan, “Namun, pada orang yang kulitnya sensitif, menggunakan sedikit dan sebentar saja, pasti langsung muncul sensasi panas terbakar disertai kemerahan.” 

Karena itulah, ada orang yang baik-baik saja menggunakan kayu manis untuk kulit, tetapi ada yang langsung merasa panas saat dan setelah mengaplikasikannya.

Di sisi lain, dr. Muhammad Iqbal Ramadhan mengatakan kayu manis sebenarnya memang punya sifat antimikroba. Ekstraknya pun sering digunakan untuk mengatasi jerawat dan penyembuhan luka.

“Tapi, tidak semua kulit cocok memakai cinnamon. Bagi yang memang alergi dengan beberapa jenis rempah, itu bisa menimbulkan kemerahan,” ucapnya. 

“Lalu, ada juga yang kulitnya hipersensitif terhadap rempah yang satu ini. Buat yang kulitnya tipis, mudah merah, gatal, dan perih, atau karena eksfoliasinya berlebihan, kulit jadi sangat sensitif dan bereaksi seperti itu terhadap kayu manis,“ dr. Iqbal. 

Artikel Lainnya: Wajah Cemerlang dengan Masker Alami dari Teh

2 dari 3 halaman

Bagaimana Mengatasi Kemerahan dan Rasa Panas akibat Masker Kayu Manis?

Jangan panik, semua ada solusinya. Adapun langkah yang dianjurkan oleh kedua dokter di atas untuk menghilangkan efek samping kayu manis tersebut, antara lain:

  • Langsung Cuci Muka 

Setop penggunaannya kalau terasa panas dan wajah jadi merah. Jangan dipaksakan. Segera bilas wajah dengan air mengalir lalu cuci dengan facial wash.

  • Kompres Air Dingin

Untuk meredakan rasa panas, nyeri, dan perih, Anda juga bisa memberikan kompres air dingin ke wajah.

  • Gunakan Pelembap yang Sifatnya Menenangkan

Cobalah untuk oleskan gel lidah buaya ke wajah, lalu tunggu sampai beberapa saat.

Biarkan gel tersebut memberikan efek dingin dan menenangkan kulit Anda. Dengan mengaplikasikan aloe vera, diharapkan kemerahan bisa mereda. 

Artikel Lainnya: Mau Pakai Masker Vagina? Ketahui Hal Ini untuk Cegah Infeksi

  • Hindari Pakai Skin Care yang Mengandung Alkohol

Jika Anda rutin pakai skin care, sebaiknya hindari dulu produk wajah yang mengandung alkohol atau bahan-bahan yang sifatnya exfoliating, misalnya AHA/BHA. Bahan tersebut dapat memperparah iritasi. 

Kalau kulit sudah “tenang”, nanti bisa pakai lagi dua bahan skin care tersebut seperti biasa. Biasanya, kondisi wajah akan membaik setelah 2-3 hari.

  • Gejala Parah, Langsung ke Dokter 

Kondisi kulit tidak membaik dan peradangan semakin hebat bahkan sampai disertai bengkak? Sebaiknya, Anda segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Tidak semua kulit cocok dengan produk perawatan tertentu. Karena itulah, lakukan langkah-langkah tadi bila Anda mendapat efek kayu manis untuk kulit. 

Bila masih ada pertanyaan seputar kayu manis untuk kulit atau skin problem lainnya, konsultasikan kepada dokter lewat fitur LiveChat.

(HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar