Sukses

Manfaat Jus Plum Kering untuk Atasi Sembelit

Meski bentuknya kecil, buah plum punya segudang manfaat yang menyehatkan tubuh, salah satunya dalam mengatasi sembelit.

Sembelit merupakan salah satu jenis gangguan pencernaan yang umum dialami. Tidak hanya orang dewasa, tapi anak bahkan bayi sekali pun juga bisa mengalami sembelit

Salah satu cara alami yang bisa atasi sembelit adalah makan buah secara rutin. Tapi, apakah jus buah plum kering termasuk opsi penanganannya? 

1 dari 4 halaman

Sembelit dan Pemicunya

Sembelit atau konstipasi adalah suatu kondisi kesulitan buang air besar karena feses yang mengeras. Biasanya, seseorang bisa dikatakan sembelit bila buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. 

Penyebab sembelit pun bermacam-macam. Namun, sering kali disebabkan oleh usus besar yang menyerap terlalu banyak air dari feses. 

Ini terjadi ketika pergerakan makanan di dalam usus melambat. Akhirnya, membuat usus besar sulit mencerna makanan. 

Selain itu, beberapa penyebab sembelit lainnya seperti: 

  • Pola hidup yang tidak baik. Misalnya sering mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak. Lalu, jarang olahraga, kurang minum air putih, dan jarang makan sayur atau buah. 
  • Kurang serat dalam tubuh. Akibatnya, sistem pencernaan terganggu dan tubuh jadi lebih sulit memproses makanan. 
  • Perubahan hormonal seperti menstruasi dan kehamilan. 
  • Perubahan kebiasaan seperti jam makan, jam tidur, dan jadwal BAB. 

Artikel lainnya: Amankah Ibu Hamil Makan Buah Plum?

2 dari 4 halaman

Jus Plum Kering, Minuman Alami Atasi Sembelit

Jika Anda mengalami sembelit, maka inilah saatnya mengubah pola makan jadi lebih baik. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi jus buah plum kering. 

Dokter Dyah Novita Anggraini (dr. Vita) mengatakan, buah plum yang dikeringkan memang bisa membantu atasi sembelit. Sebab, buah plum mengandung serat tinggi yang dapat melancarkan sistem pencernaan. 

Selain itu, buah plum juga mengandung sorbitol yang merupakan kandungan pencahar alami bagi tubuh. 

“Serat buah plum memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangannya. Tapi perlu diingat, mengonsumsi buah plum juga ada batasannya karena bisa menyebabkan diare,” ujar dr. Vita. 

Selain itu, buah plum juga mengandung banyak mineral dan vitamin, misalnya vitamin A, B, C, K, serat, magnesium, kalium, fosfor, mangan, dan zat besi. 

Bila berminat mengonsumsi jus buah plum kering untuk atasi sembelit, Anda sebaiknya memilih jus yang kadar kemurniannya 100 persen dan tanpa tambahan pemanis. 

Imbangi juga dengan mengonsumsi buah-buahan kaya serat lainnya seperti pisang dan pepaya agar sistem pencernaan tetap bekerjan dengan baik. 

Artikel lainnya: Khasiat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

3 dari 4 halaman

Tips Cegah Sembelit Datang Lagi

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah sembelit datang lagi? 

  1. Jangan Tunda Buang Air Besar 

Sengaja menunda buang air besar justru bisa membuat pengosongan pada usus jadi terganggu. Akhirnya, hal ini membuat feses jadi menumpuk, mengeras, dan sulit dikeluarkan. 

  1. Rutin Minum Air Putih

Selain menghindari tubuh dari dehidrasi, minum air putih yang cukup juga bisa membantu mengurangi risiko terjadinya sembelit. Air putih bisa melunakkan feses, sehingga lebih mudah dikeluarkan. 

Anda bisa minum air putih minimal delapan gelas sehari atau lebih bila aktivitas yang dilakukan lebih padat dan mengeluarkan banyak tenaga. 

  1. Olahraga Teratur

Olahraga juga mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Kegiatan ini berperan dalam melancarkan sistem metabolisme, sehingga makanan yang masuk dalam tubuh jadi lebih mudah dicerna. 

Anda disarankan berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu dengan durasi 30-40 menit per sesinya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah sembelit. Untuk mengetahui informasi kesehatan seputar pencernaan lainnya, baca artikel kesehatan di aplikasi KlikDokter

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar