Sukses

Ragam Buah untuk Kesuburan Kandungan Agar Cepat Hamil

Ingin segera memiliki momongan setelah menikah? Konsumsilah buah yang tepat. Ini dia ragam buah untuk kesuburan yang bisa Anda jadikan pilihan.

Sebagian pasangan yang baru menikah ingin segera memiliki anak. Banyak persiapan kehamilan yang telah direncanakan, termasuk mengonsumsi makanan sehat.

Buah menjadi salah satu makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang ingin segera hamil.

Karena pada dasarnya, terdapat beberapa buah yang dapat meningkatkan kesuburan wanita.

1 dari 3 halaman

Buah untuk Kesuburan Wanita

Buah kaya akan vitamin, dan mengandung antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas. Antioksidan yang ada dalam buah juga dapat mencegah kerusakan sel telur.

"Buah-buah yang mengandung antioksidan tinggi dipercaya dapat membantu kesuburan, karena antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel telur," ungkap dr. Arina Heidyana.

Lantas, apa saja yang termasuk sebagai buah untuk kesuburan? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Alpukat

Alpukat adalah buah berbiji tunggal yang kaya akan kandungan lemak baik. Senyawa tersebut dapat menjaga kesehatan organ reproduksi sehingga turut membantu dalam meningkatkan peluang kehamilan.

2. Apel

Apel dapat bantu menurunkan risiko terkena penyakit infeksi, dan bisa berperan dalam meningkatkan peluang kehamilan berkat kandungan vitamin C dan zat besi di dalamnya.

3. Pir

Pir memiliki sifat antiradang dan dianggap sebagai salah satu buah yang paling efektif untuk mengatasi gejolak suasana hati.

Kandungan zat besi yang tinggi dalam buah ini juga bisa mengurangi kerusakan kromosom pada sel telur.

4. Stroberi

Stroberi dapat memasok tubuh dengan vitamin C, beta-karoten, dan antosianin. Semua senyawa tersebut bersifat antioksidan kuat dan membantu produksi hormon yang bertanggung jawab untuk kesehatan sel telur yang optimal.

Artikel Lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

5. Delima

Buah delima dapat melindungi sel telur dari kerusakan dan penuaan berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

Selain itu, buah ini juga sering dihubungkan dengan peningkatan libido wanita secara alami.

6. Pisang

Pisang mengandung kalium yang bisa meningkatkan meningkatkan energi, sistem kekebalan, dan menyediakan mineral penting bagi tubuh.

Mengonsumsi pisang secara rutin dan teratur juga dihubungkan dengan produksi serotonin, yang merupakan hormon kebahagiaan.

Itu berarti, konsumsi pisang dapat bantu menjaga suasana hati sehingga peluang untuk hamil pun dapat meningkat.

7. Jeruk Bali

Pomelo atau jeruk bali adalah sumber vitamin C yang tinggi. Buah ini juga mengandung potasium, kalsium, dan vitamin B yang dapat membantu Anda hamil dengan mengatur ovulasi dan menciptakan lingkungan yang sehat untuk perkembangan sel telur.

8. Pepaya

Pepaya mengandung banyak gizi penting yang dibutuhkan tubuh dan organ reproduksi agar dapat berfungsi optimal.

Dengan kata lain, pepaya termasuk sebagai buah yang dapat meningkatkan kesuburan atau peluang kehamilan.

Artikel Lainnya: Ini Dia, Nutrisi Penting untuk Kesuburan

2 dari 3 halaman

Imbangi Konsumsi Buah untuk Kesuburan dengan Hal Ini

Buah-buahan tersebut memang bisa meningkatkan kesuburan. Namun, bukan berarti Anda hanya mengandalkan buah-buahan tersebut agar dapat sega memperoleh kehamilan.

Karena pada dasarnya, banyak faktor yang bisa memengaruhi kemungkinan seorang wanita untuk hamil.

"Selain makanan, penting juga untuk berolahraga, menjaga berat badan, dan menjaga kebersihan organ intim agar kesuburan terjaga," ungkap dr. Arina.

Jika kehamilan masih sulit terjadi meski telah melakukan upaya-upaya di atas, ini berarti Anda mesti berkonsultasi lebih lanjut pada dokter. Bisa jadi masalah kesuburan bukan ada pada wanita, melainkan pada pria.

Sebagai langkah deteksi dini masalah kesuburan, Anda bisa melakukan konsultasi pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam.

Jangan lupa juga mengunduh aplikasi Klikdokter agar tidak ketinggalan berita kesehatan menarik lainnya!

(NB/AYU)

2 Komentar