Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Anak Anda Positif Virus Corona, Ini Cara Tepat Merawatnya!

Anak Anda Positif Virus Corona, Ini Cara Tepat Merawatnya!

Virus corona juga bisa menginfeksi anak-anak. Orang tua perlu tahu cara merawat anak yang terkena COVID-19 di rumah.

Tidak ada orang tua yang ingin anaknya sakit, apalagi sampai terinfeksi virus corona. Namun, jika anak didiagnosis positif COVID-19, orang tua jangan panik dulu.

Apabila gejalanya tidak terlalu berat, si kecil bisa dirawat di rumah sembari melakukan isolasi mandiri. Agar tak bingung, berikut panduan merawat anak yang terinfeksi COVID-19 di rumah.

1 dari 3 halaman

Tips Merawat Anak yang Positif Virus Corona

Dilansir dari World Health Organization (WHO), ada beberapa cara yang dapat dilakukan saat merawat pasien COVID-19 di rumah. Antara lain sebagai berikut:

1. Lakukan Isolasi Mandiri

Ketika melakukan isolasi mandiri, sediakan satu kamar atau ruangan khusus untuk anak yang sakit. Memisahkan anak ke kamar khusus bertujuan agar virus di dalam tubuhnya tidak menyebar dan menulari orang lain.

2. Gunakan Peralatan Pribadi

Tidak diperkenankan berbagi-pinjam peralatan makan, seperti piring, gelas minum, sendok. Selain itu, handuk, pakaian, dan alas tempat tidur juga harus dipisah atau tidak boleh digunakan berbarengan dengan anggota keluarga lain.

Pada saat proses mencuci, peralatan pribadi anak harus dicuci sendiri, tidak disarankan untuk dicampur dengan anggota keluarga lainnya.

Artikel Lainnya: Balita Bisa Lebih Banyak Bawa Virus Corona!

3. Terapkan Protokol Kesehatan Lebih Ketat

Saat di rumah, selalu ingatkan anak dan anggota keluarga lain untuk pakai masker. Lalu, ketika anak bersin atau batuk, anjurkan ia menutup mulutnya menggunakan siku.

Pastikan juga anak sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Untuk anggota keluarga yang lain, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut tanpa cuci tangan terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk membersihkan semua permukaan benda yang sering disentuh anak dengan desinfektan setiap hari. Misalnya saja, seperti meja, gagang pintu, area toilet, dan perabotan di dalam kamar tidur.

4. Konsumsi Obat-obatan

Menurut dr. Devia Irine Putri, saat terkena infeksi virus corona, anak harus mengonsumsi obat untuk meredakan gejala dan agar kondisinya membaik.

"Mengonsumsi obat-obatan untuk meringankan gejala, misalnya pemberian obat demam, obat batuk atau pilek, dan pemberian tambahan vitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh," jelas dr. Devia.

Artikel Lainnya: Virus Corona Bisa Aktif di Tubuh Anak Berminggu-Minggu!

5. Istirahat yang Cukup

Usahakan agar anak mendapatkan istirahat yang cukup. Istirahat ini penting! Sebab, istirahat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Sistem kekebalan atau imun tubuh yang kuat sangat dibutuhkan untuk melawan infeksi virus corona.

6. Pantau Gejalanya

Apabila gejala ringan anak berubah menjadi parah, misalnya mengalami demam selama tiga hari berturut-turut, segera hubungi puskesmas atau rumah sakit.

"Harus dibawa ke rumah sakit apabila selama di rumah mengalami demam tinggi, di atas 38 derajat Celsius disertai dengan sesak napas, tidak bisa makan atau minum atau mulai ada tanda dehidrasi," tegas dr. Devia Irine.

Artikel Lainnya: Cegah Virus Corona dengan Susu yang Tepat untuk Anak

2 dari 3 halaman

Jangan Lupa untuk Melindungi Keluarga yang Lain

Dokter Devia Irine menyarankan agar kita turut melindungi anggota keluarga yang lain. Jangan sampai karena fokus merawat anak yang terinfeksi virus corona, kita malah melupakan kesehatan keluarga yang lain.

Usahakan yang merawat anak hanya satu orang saja. Pembatasan kontak ini bertujuan agar risiko penularan virus corona bisa diminimalkan.

Apabila anak masih balita, pertimbangkan untuk pakai sarung tangan saat mengganti popoknya. Jika memungkinkan, anak balita juga harus tidur dan menggunakan kamar mandi terpisah.

"Menggunakan kamar mandi terpisah dengan anak yang sakit, tapi kalau tidak memungkinkan sebisa mungkin sering dibersihkan dan didesinfeksi," ujar dr. Devia Irine.

Tidak hanya itu, dr. Devia Irine menganjurkan agar ventilasi atau sirkulasi udara di rumah tetap terjaga baik. Caranya mudah, biarkan jendela di rumah terbuka untuk mendapat pertukaran udara paparan sinar matahari.

Itu dia beberapa panduan tepat untuk merawat anak yang terinfeksi virus corona. Untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan ke dokter. Agar lebih praktis, gunakan fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar