HomeInfo SehatKesehatan UmumBenarkah Rokok Kretek Bikin Lendir di Tenggorokan Cepat Keluar?
Kesehatan Umum

Benarkah Rokok Kretek Bikin Lendir di Tenggorokan Cepat Keluar?

Krisna Octavianus Dwiputra, 15 Okt 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

"Kalau lagi batuk atau tenggorokan tidak enak, coba isap rokok kretek". Benarkah cara itu bantu keluarkan lendir dari tenggorokan?

Benarkah Rokok Kretek Bikin Lendir di Tenggorokan Cepat Keluar?

Banyak orang yang merokok menyarankan perokok lainnya untuk mengisap rokok kretek saat batuk. Sama seperti yang dialami Jovan (bukan nama sebenarnya).

Ia mengaku rokok kretek akan membantunya mengatasi masalah tenggorokan. Hal ini sudah diketahuinya turun temurun saat masih kecil.

“Sudah sering dengar dan percaya tidak percaya, ini memang membantu saya mengatasi masalah tenggorokan. Makanya kalau tenggorokan sedang tidak enak, langsung beralih ke rokok kretek,” ujar Jovan.

“Saya awalnya sering disarankan teman saya juga yang merokok. Awalnya dulu tidak percaya, tapi saya coba, justru bisa membantu, sih,” katanya.

Dengan alasan tadi, akhirnya banyak yang meyakininya juga. Mereka pun akhirnya mengisap rokok kretek dengan harapan lendir akan cepat keluar.

Rokok Kretek Bantu Keluarkan Lendir Tenggorokan?

Namun, apakah hal itu merupakan tindakan yang benar? Ternyata, salah besar! Dengan tegas, dr. Devia Irine Putri mengatakan justru rokok bisa membuat produksi lendir jadi berlebihan.

"Secara umum, normalnya memang ada lendir di tenggorokan karena fungsinya untuk menjaga kelembapan tenggorokan sekaligus menangkap benda asing, partikel, bakteri, dan virus yang mungkin masuk," ungkap dr. Devia Irine.

Selain itu, menurut dr. Devia Irine, beberapa kondisi menyebabkan produksi lendir di tenggorokan bertambah selain karena rokok, misalnya karena alergi, sinusitis, dan flu.

Jadi, merokok jenis apa pun, termasuk kretek, bukan hal yang tepat saat Anda batuk. Jelas anggapan itu adalah mitos semata.

Bahaya merokok sebenarnya pun sudah sangat jelas. Kebiasaan ini akan lebih memengaruhi kesehatan saluran tenggorokan perokok dibanding bukan perokok.

Artikel Lainnya: Awas, Rokok Mentol Bikin Paru-Paru Kebas

Cara Tepat Singkirkan Lendir Tenggorokan!

Jadi, menyingkirkan lendir tenggorokan bukan dengan cara mengisap rokok kretek. Ada beberapa hal yang diketahui bisa membantu mengatasi lendir dalam tenggorokan.

Pastinya, caranya lebih sehat dibanding isap rokok kretek. Berikut cara-cara mengatasinya menurut dr. Devia Irine:

1. Minum Air Hangat

Banyak jenis minuman atau cairan hangat yang bisa membantu, misalnya teh, air kaldu, atau sup.

Fungsinya membantu mengencerkan lendir, sehingga lebih mudah hilang dan tidak mengental serta membuat lega tenggorokan.

2. Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam sudah lazim dilakukan untuk masalah tenggorokan. Hal ini dilakukan untuk mengencerkan lendir dan mengatasi sakit tenggorokan.

3. Minum Obat

Jika lendir sangat banyak dan kental, biasanya dapat dibantu obat-obatan untuk mengencerkan lendir, seperti Asetilsistein. Namun, pemberian obat sebaiknya di bawah pengawasan dokter.

Rokok kretek jangan dijadikan alasan untuk tetap bisa merokok meski sedang mengalami masalah tenggorokan. Sudah jelas salah dan jangan dilakukan.

Cobalah lakukan cara yang aman seperti yang disebutkan di atas. Bila ingin konsultasi dengan dokter lebih cepat, pakai fitur Tanya Dokter dari KlikDokter.

(FR/AYU)

Rokok

Konsultasi Dokter Terkait