Sehat dan Bugar

Mengungkap Manfaat Masker Kedelai untuk Wajah

Nesia Qurrota Ayuni, 15 Okt 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin miliki tampilan wajah yang cantik dan sehat? Anda bisa memanfaatkan masker kedelai untuk kulit wajah. Ini manfaatnya menurut dokter.

Mengungkap Manfaat Masker Kedelai untuk Wajah

Kedelai dikenal sebagai salah satu sumber protein nabati terbaik. Oleh karena itu, berbagai macam olahannya jamak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sebut saja, tahu, tempe, susu kedelai, kecap, dan lain sebagainya.

Selain dikonsumsi sebagai pemasok protein, kedelai juga sering dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah. Lantas, bagaimana tanggapan medis soal manfaat masker kedelai untuk kulit wajah?

Mengenal Kandungan Gizi dalam Kedelai

Kedelai mengandung protein, karbohidrat, dan lemak baik. Selain itu, bahan nabati ini juga kaya berbagai vitamin, mineral, dan senyawa Isoflavon yang diduga bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Mengutip dari Healthline, berikut ini adalah kandungan gizi dalam 100 gram kedelai rebus:

  • 16,6 gram protein
  • 9,9 gram karbohidrat
  • 3 gram gula
  • 173 kalori
  • 63 persen air.
  • 6 gram serat
  • 9 gram lemak.

Kandungan lemak dalam kedelai memiliki rincian sebagai berikut:

  • 1,3 gram lemak jenuh
  • 1,98 gram lemak tak jenuh tunggal
  • 5,06 gram lemak tak jenuh ganda
  • 0,6 gram omega-3
  • 4,47 gram omega-6.

Artikel Lainnya: Manfaat Ajaib Kedelai untuk Kecantikan Kulit

Mengungkap Manfaat Kedelai untuk Kulit Wajah

“Memang kedelai bisa bermanfaat baik bagi kulit. Sekarang juga banyak dikembangkan ekstrak kedelai (glycine soja) sebagai bahan dalam produk perawatan wajah,” sebut dr. Arina Heidyana.

Lalu, apa saja manfaat kedelai untuk kulit wajah? Berikut beberapa di antaranya:

1. Dapat Mengurangi Peradangan

Paparan sinar matahari bisa menyebabkan peradangan atau kemerahan pada kulit. Tentu saja hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan dan menurunkan rasa percaya diri.

Masker ekstrak kedelai bisa menjadi solusi mengatasi rasa sakit akibat peradangan. Hal ini berkat salah satu kandungannya, yang diketahui bersifat antiradang.

2. Memperbaiki Tekstur Kulit

Kandungan kedelai dapat menghasilkan kolagen yang mampu membantu memperbaiki tekstur kulit wajah. 

Penggunaan masker kedelai juga bisa menjaga elastisitas kulit. Alhasil, kulit akan tampak lebih halus, berkurang kerutannya, dan mengecil pori-porinya.

3. Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah

Kedelai kaya akan senyawa antioksidan, seperti isoflavon. Senyawa tersebut mampu memberikan efek mencerahkan dan  melindungi kulit dari ancaman radikal bebas.

Selain itu, kedelai juga dapat menghambat produksi melanin berlebih. Dengan demikian, produk nabati ini bisa mencegah munculnya noda atau flek hitam yang mengganggu di wajah.

4. Menunda Penuaan Dini

Seiring pertambahan usia, tubuh manusia akan kehilangan hormon untuk mempertahankan elastisitas kulit, yaitu estrogen. Nah, kedelai bisa menjadi solusi atas masalah tersebut.

Kedelai mengandung fitoestrogen yang cara kerjanya mirip dengan zat estrogen dalam tubuh manusia. Karena itu, menggunakan masker kedelai dapat mencegah tanda-tanda penuaan, seperti keriput, perubahan warna kulit, munculnya garis-garis halus, dan lain sebagainya.

Artikel Lainnya: Manfaat Kedelai untuk Kesehatan Tubuh Anda

Tips Pakai Masker Kedelai untuk Wajah

Menurut dr. Arina, butuh teknik pengolahan tertentu untuk mendapatkan ekstrak kedelai yang kaya akan manfaat.

“Untuk DIY (do it yourself) masker sendiri mungkin bisa juga. Tapi lama untuk mendapatkan manfaatnya,” tutur dr. Arina.

Untuk penggunaan masker sendiri, Anda bisa menggunakan kedelai kering yang telah dihaluskan dan dicampur air. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Mulailah dengan takaran kedelai yang lebih sedikit, guna mencegah kemungkinan efek samping merugikan. Jika ingin lebih aman, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan masker kedelai.

Manfaat kedelai untuk kulit wajah ternyata sangat bervariasi. Anda tertarik dan ingin membuktikan sendiri manfaat-manfaat tersebut? Agar lebih aman, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam. Unduh juga aplikasi KlikDokter agar tidak ketinggalan berita kesehatan lainnya, ya!

(NB/JKT)

Kecantikan

Konsultasi Dokter Terkait