Sukses

Manfaat Clover Honey, Jenis Madu yang Lagi Viral

Clover honey sedang naik daun! Anda bisa dengan mudah menemukannya secara online ataupun langsung. Tapi, apa saja manfaat clover honey bagi tubuh?

Aneka jenis madu datang silih berganti digemari masyarakat. Usai madu manuka yang populer beberapa waktu lalu, kini giliran clover honey yang naik daun.

Madu yang dijual secara konvensional maupun online ini diklaim sebagai madu yang paling sehat dan enak. Nah, sebenarnya, apa sih clover honey itu?

1 dari 3 halaman

Mengenal Clover Honey Lebih Dekat

dr. Dyah Novita Anggraini menjelaskan, clover honey merupakan jenis madu yang berasal dari tanaman semanggi atau clover plants. Karena diambil dari sari bunga tanaman semanggi, warna clover honey berbeda dari jenis madu biasanya.

Jika kebanyakan madu memiliki warna cokelat, clover honey memiliki warna kuning terang. Madu semanggi juga memiliki sedikit aroma wangi khas tanaman dan rasa manis yang lezat.

Madu ini tinggi kandungan gula, tetapi juga memiliki banyak nutrisi. Dalam satu sendok makan (21 gram) clover honey mengandung kalori sekitar 60 kalori dan karbohidrat 17 gram.

Madu semanggi juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk zat besi, magnesium, kalium, dan seng. Ditambah kandungan senyawa antioksidan, tak heran clover honey jadi incaran di masa pandemi seperti sekarang.

Artikel lainnya: Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

2 dari 3 halaman

Manfaat Clover Honey untuk Kesehatan

Selain digunakan untuk pemanis minuman dan makanan, clover honey juga dikenal karena manfaatnya yang baik untuk tubuh. Apa saja manfaat clover honey untuk tubuh manusia?

1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Clover honey mengandung antibakteri dan antivirus yang bisa menjaga sistem imun tetap prima. Kandungan ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar Anda tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi juga bisa memberi efek baik pada imunitas tubuh.

2. Meredakan Gejala Flu dan Batuk

Kandungan antivirus dalam clover honey juga bisa meredakan gejala flu dan batuk yang Anda alami. Anda cukup mengonsumsi sekitar 1 - 2 sendok dalam sehari untuk meredakan gejala flu dan batuk.

3. Atasi Luka Bakar dan Permasalahan Kulit Lainnya

Di dalam clover honey terdapat antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi peradangan luka bakar atau masalah kulit lainnya.

“Kedua kandungan tersebut bekerja dengan mempercepat pertumbuhan jaringan kulit baru dan membersihkan luka pada kulit,” tutur dr. Dyah Vita.

Artikel lainnya: Inilah Cara Paling Sehat Konsumsi Madu

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Dilansir dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan, madu mungkin lebih baik bagi kesehatan jantung dibandingkan gula dapur.

Dalam studi yang terbit tahun 2018 itu, peneliti ingin tahu efek madu pada kadar kolesterol. Sebanyak 60 responden dibagi ke dalam dua kelompok.

Satu kelompok mengonsumsi 70 gr madu, sementara lainnya makan gula setiap hari selama 6 minggu.

Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi madu memiliki kadar LDL (lemak jahat) serta trigliserida yang lebih rendah, sedangkan kadar kadar HDL ( lemak baik) lebih tinggi.

Namun, meski lebih sehat dibandingkan gula, penggunaan madu tetap harus dibatasi karena termasuk gula tambahan.

Konsumsi banyak gula tambahan biasa dikaitkan dengan kelebihan berat badan, risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker jenis tertentu.

5. Melancarkan Saluran Cerna

Clover honey juga mengandung prebiotik yang mampu melancarkan saluran cerna. Makan clover honey dengan takaran yang pas bisa meredakan nyeri perut, membantu penyembuhan gangguan pencernaan, serta meredakan sembelit, diare, dan tukak lambung.

6. Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat lain yang bisa didapat jika rutin mengonsumsi clover honey adalah kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Madu semanggi memiliki kandungan antibakteri, antiradang, dan antioksidan yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari clover honey. Meski tergolong sehat dan aman, konsumsilah dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

Jangan lewatkan  informasi menarik lainnya seputar kesehatan hanya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar